Eiichiro Oda kemungkinan beri konfirmasi jika One Piece yang ada di pulau Laugh Tale adalah potongan atau sebuah Poneglyph berharga yang mengungkapkan tentang rahasia masa lalu. Teka-teki tentang apa bentuk One Piece dan juga seperti apa isi dari One Piece memang jadi salah satu pertanyaan besar para fans bahkan sejak seriesnya dimulai pada 1997 silam.

Sampai sekarang, Eiichiro Oda masih belum menjelaskan apa itu One Piece. Banyak yang kemudian berspekulasi tentang apa itu One Piece, seperti One Piece adalah persahabatan dan sebagainya. Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri memastikan jika ini adalah sesuatu yang sangat berharga dan Luffy serta kru Topi Jerami juga akan mendapatkan “bayaran” atas petualangan mereka.

Teka-Teki One Piece

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa ada banyak spekulasi yang beredar di kalangan fans tentang apa sebenarnya One Piece. Selain pertemanan, ada juga yang menebak jika One Piece adalah harta yang melimpah atau sebuah penghargaan besar, Namun, Oda sendiri sampai sekarang masih belum memberikan konfirmasi tentang hal tersebut. Yang pasti One Piece adalah sesuatu yang berharga.

Harta karun One Piece sendiri pertama kali dihadirkan dalam cerita ketika proses eksekusi mati Gol D Roger di Loguetown. Sebelum kematiannya, Roger sempat mengatakan jika One Piece memang nyata dan dia juga menyimpan seluruh harta karun yang dia miliki di pulau terakhir. Inilah yang kemudian menjadi pemicu era bajak laut baru kemudian muncul dan banyak kelompok bajak laut baru lahir.

Dalam 800 tahun terakhir, memang baru Gol D Roger yang berhasil menemukan pulau Laugh Tale dan menemukan One Piece. Apa yang kemudian membuat One Piece sulit untuk ditemukan memang masih jadi pertanyaan besar. Terlepas dari hal tersebut, banyak orang yang kemudian berlomba-lomba untuk menemukan One Piece. Dan chapter terbaru manganya mungkin akhirnya konfirmasi apa sebenarnya One Piece.

Oda konfirmasi One Piece

Lalu, sebenarnya apa itu One Piece? Besar kemungkinan jika One Piece adalah potongan sejarah yang sangat berharga yang mana isinya berkaitan tentang masa lalu dan rahasia lainnya. Petunjuk tentang hal ini muncul di chapter 1085. Dalam chapter tersebut, Im akhirnya muncul dan berbincang dengan Nefertari Cobra. Ada beberapa hal menarik yang kemudian muncul dalam percakapan itu.

Pertama, Im menyalahkan Lily atas apa yang terjadi saat ini di mana para bajak laut berusaha untuk mencari keberadaan Poneglyph dan menerjemahkannya serta para cendikiawan yang berusaha untuk mencari tahu tentang apa yang terjadi pada abad yang hilang. Kemudian, Im juga mengatakan bahwa Lily yang menyebarkan seluruh Poneglyph yang ada di seluruh dunia.

Dan yang terakhir petunjuknya adalah ketika Nefertari Cobra membacakan surat dari Lily yang sudah diwariskan sejak lama, salah satu poin dari isi surat tersebut adalah meminta generasi selanjutnya untuk melindungi seluruh Poneglyph yang ada. Hal ini pun kemudian memunculkan pertanyaan besar, mengapa kemudian Lily ingin generasi selanjutnya melindungi Poneglyph?

Tentunya jawaban yang paling logis adalah dia ingin para generasi baru tahu apa yang terjadi sebelumnya atau apa yang terjadi pada masa lalu. Dia ingin para generasi baru tahu rahasia besar apa yang selama ini disembunyikan oleh Im dan Gorosei. Berdasarkan hal itu, bisa kita tarik kesimpulan jika Poneglyph adalah artefak yang isinya adalah berbagai informasi tentang rahasia dunia dan informasi lain.

Dengan informasi jika Lily yang menyebarkan seluruh Poneglyph ke seluruh dunia, meskipun menurut Im hal itu terjadi akibat ketidaksengajaan, maka logikanya Lily tidak akan sembarangan menyimpan Poneglyph yang memang berisi informasi paling penting dari semuanya. Tempat yang palng aman untuk menyimpan artefak tersebut tidak lain adalah pulau Laugh Tale.

Isi Poneglyph Pulau Laugh Tale

Apa yang kemudian jadi isi Poneglyph di pulau Laugh Tale? Untuk saat ini, belum ada informasi konkret terkait hal tersebut. Besar kemungkinan di pulau Laugh Tale tersimpan Poneglyph yang paling penting dari semuanya. Ini adalah potongan terakhir dari Poneglyph yang tersebar di seluruh dunia yang berisi rahasia yang selama ini coba untuk disembunyikan oleh Im dan Gorosei.

Dan ini juga yang mungkin jadi alasan mengapa kemudian Roger dan krunya tertawa saat berada di pulau Laugh Tale. Mereka membaca isi dari Poneglyph terakhir yang ada di pulau Laugh Tale dan menyadari bahwa di era Joy Boy tersebut merupakan era yang luar biasa dan Roger berharap bisa hidup di era yang sama. Ini juga yang kemudian jadi bukti jika One Piece kemungkinan adalah sebuah Poneglyph yang berisi rahasia dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.