DC Comics memiliki sederet karakter superhero tercepat berkat kekuatan super yang mereka miliki untuk membasmi kejahatan. Dalam alur cerita fiksi ilmiah seperti komik, ada banyak karakter yang memiliki kekuatan super yang sangat luar biasa. Misalnya, ada yang mampu melakukan telekinesis, memiliki kecerdasan luar biasa, kekuatan fisik manusia super, dan juga memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Memiliki kecepatan super adalah salah satu kekuatan super yang cukup banyak dihadirkan dalam cerita di DC Comics. Ada beberapa karakter superhero yang diberkahi kecepatan super yang membuat mereka mampu menghadapi musuh dengan jauh lebih efektif dan efisien, sekaligus juga mampu menyelamatkan orang-orang. Berikut adalah para karakter superhero di DC Comics yang dianggap tercepat.

Green Lantern

Dalam sejarah DC Comics, Green Lantern merupakan salah satu karakter tertua yang dihadirkan oleh publisher komik tersebut. Karakternya sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1940 dan sejak saat itu DC Comics sudah banyak memperkenalkan para karakter yang memegang titel Green Lantern. Seperti yang diketahui, para Green Lantern tersebut akan menggunakan Power Ring untuk membasmi kejahatan.

Dalam kebanyakan cerita, Power Ring biasanya bekerja dengan memanfaatkan tekad dan juga imajinasi dan konsentrasi dari si pengguna. Biasanya, Power Ring juga memperlihatkan kemampuan untuk membuat penggunanya terbang. Namun, sebenarnya, Power Ring juga bisa memberikan kemampuan untuk bergerak dengan sangat cepat jika digunakan dengan baik. Penggunanya bisa pergi dari satu planet ke planet lain dalam waktu yang singkat.

Shazam

Shazam merupakan karakter superhero DC yang unik. Karena, di balik sosoknya yang luar biasa ternyata ada sosok anak kecil bernama Billy Batson. Dengan mengucap mantra tertentu, Billy bisa berubah menjadi sosok superhero Shazam. Shazam sendiri memiliki kekuatan super yang dahsyat yang merupakan gabungan dari enam dewa yang ada.Salah satu kekuatan super yang ada adalah kecepatan super.

Superhero Shazam mendapatkan kekuatan berupa kecepatan super berkat kekuatan dari dewa kecepatan yaitu Mercury. Hal ini juga pernah diperlihatkan dalam beberapa cerita komiknya atau pun dalam film layar lebarnya. Namun, memang kecepatan dari Shazam tidak lebih cepat dari para karakter lainnya seperti Superman. Meskipun begitu, dia tetap bisa dianggap sebagai superhero tercepat di DC Comics.

Superman

Rasanya semua Geeks setuju jika Superman adalah salah satu superhero tercepat di DC Comics. Dalam beberapa cerita, Superman diperlihatkan mampu terbang dengan kecepatan yang sangat dahsyat di mana kecepatannya pun mampu untuk mengalahkan The Flash. Superman diketahui mampu memiliki kecepatan yang melampaui kecepatan cahaya.

Dengan kecepatan yang sangat dahsyat dari Superman, banyak fans yang kemudian berdebat tentang siapa yang jauh lebih cepat antara Superman dan The Flash. Masing-masing fans memang memiliki pendapat terkait hal ini dan DC Comics pun memiliki jawaban tersendiri terkait hal ini. Terlepas dari hal tersebut, Superman jelas adalah superhero tercepat di DC Comics.

Godspeed

Godspeed alias August Heart adalah salah satu karakter yang cukup underrated di DC Comics. Dia adalah anti-hero dan juga seorang villain di Universe DC Comics. Setelah sang adik dibunuh dan pelakunya dibebaskan oleh polisi, August berusaha untuk membalas dendam kematiannya. Namun, tanpa diduga dia justru mendapatkan kekuatan super berupa kecepatan yang luar biasa.

Selain memiliki kemampuan untuk bisa berlari dengan sangat cepat, Godspeed memiliki kemampuan lain di mana dia bisa mencuri kekuatan dari para Speedster lain. Caranya adalah dengan berlari dengan kecepatan yang sama dengan Speedster lainnya dan secara perlahan kekuatan tersebut akan dia serap. Dalam prosesnya, akan ada dua hal yang terjadi yaitu dia bisa tewas atau justru Speedster yang lain yang tewas. Karena itulah, wajar jika Godspeed memiliki kecepatan yang dahsyat.

The Flash

Karakter superhero tercepat di DC Comics tidak lain adalah The Flash. Seperti yang disebutkan di atas, memang ada perdebatan di kalangan fans tentang siapa yang jauh lebih cepat antara The Flash dan Superman. Dalam beberapa cerita, memang Superman yang jadi pemenangnya. Namun, dalam mayoritas cerita sendiri The Flash adalah jawara dari superhero berkecepatan tinggi.

Koneksi The Flash dengan Speed Force memang membuat The Flash jadi superhero tercepat di DC Comics. Banyak hal luar biasa yang bisa dilakukan oleh The Flash dengan kecepatan tersebut, di mana salah satu yang paling epik tentunya adalah merubah timeline yang ada. Tidak jarang The Flash merubah timeline karena sesuatu hal, seperti yang terjadi dalam cerita Flashpoint. Dalam salah satu cerita komik juga diperlihatkan bagaimana The Flash berhasil mengevakuasi penduduk ke tempat yang aman ketika bom nuklir meledak.

Memiliki kecepatan yang luar biasa akan selalu jadi salah satu kekuatan super yang muncul dalam cerita komik. Kecepatan super juga akan selalu jadi “paket lengkap” dari kekuatan super yang dimiliki oleh seorang superhero. Meskipun begitu, tidak semua superhero mampu memiliki kecepatan yang luar biasa yang membuat mereka mendapatkan titel tercepat seperti para karakter superhero di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.