Fakta sebenarnya mengenai keluarga Nefertari akhirnya terungkap dalam informasi spoiler manga One Piece chapter 1085. Chapter 1084 kemarin masih menjadi bahan perbincangan hangat para fans. Hal ini karena apa yang dibicarakan oleh Cobra dan juga para Gorosei. Dalam chapternya diperlihatkan bahwa Cobra akhirnya bertemu dengan Gorosei untuk membahas sesuatu saat Reverie.

Cobra awalnya bertanya mengenai keberadaan Ratu Lily. Pasalnya, selama 800 tahun informasi mengenai sosok Lily tidak pernah diketahui. Catatan sejarah tentang sosoknya juga tidak ada dan tidak pernah tercatat. Inilah yang membuat Cobra penasaran. Belum lagi Lily juga meninggalkan surat penting yang diwariskan dari generasi ke generasi. Dan di akhir chapternya kita melihat Im akhirnya bergerak.

Spoiler One Piece 1085

Lalu, apa yang terjadi pada manga One Piece chapter 1085? Pertama, chapter 1085 ini memiliki judul “Death of Nefertari Cobra” atau “Kematian Nefertari Cobra. Poin kedua adalah di chapter ini Oda Sensei mengungkapkan siapa nama asli dari Nefertari Lily. Ternyata, nama asli Lily adalah Nefertari D Lily. Pasca diketahui nama asli dari Lily sesuatu mengerikan terjadi.

Diperlihatkan bagaimana Im menyerang Nefertari Cobra dan juga Sabo dengan menggunakan sebuah panah bayangan. Di sisi lain, Im juga kemudian menemukan jika Wapol ternyata sudah memata-matai mereka. Ketika kemudian keberadaan Wapol diketahui oleh Im, dia kemudian kabur. Vivi sendiri diperlihatkan berhasil ditangkap oleh CP0 dan Wapol muncul di ruangan tempat CP0 dan Vivi berada.

Di akhir chapternya sendiri kemudian kita melihat bagaimana Nefertari Cobra sudah tergeletak tidak berdaya akibat serangan Im. Dia kemudian meminta Sabo untuk mengatakan kepada Luffy dan juga Vivi bahwa mereka berasal dari satu klan yang sama yaitu klan D. Kabar baiknya adalah untuk pekan depan tidak ada jeda, yang artinya chapter 1086 akan rilis sesuai jadwal yaitu pada tanggal 7 Juni 2023 dan spoilernya akan rilis beberapa hari sebelumnya.

Spekulasi

Informasi yang dihadirkan dalam chapter 1085 benar-benar menjadi kejutan besar lainnya yang disuguhkan oleh Eiichiro Oda. Sejak arc Egghead dimulai Oda mulai mengungkap berbagai rahasia yang selalu menjadi misteri di kalangan fans. Salah satunya adalah keluarga Nefertari ini. Sejak awal diperkenalkan, para fans sudah penasaran dengan kelluarga kerajaan penguasa Alabasta ini.

Mereka memang diketahui menjadi salah satu keluarga pendiri World Government. Namun, mereka memutuskan untuk berpisah dengan yang lain dan dianggap pengkhianat. Para Gorosei sendiri bahkan berencana untuk menghabisi mereka. Banyak fans menduga jika ada misteri besar dari keluarga sampai kemudian chapter 1084 kemarin dirilis. Dan fakta yang terungkap jika keluarga Nefertari adalah bagian dari klan D tentunya akan memberikan dampak besar kedepannya.

Pertama, ini berarti Luffy akan mendapatkan kekuatan tambahan dalam menghadapi World Government di akhir cerita One Piece. Salah satu teori yang berkembang di kalangan fans menyebutkan jika dalam pertempuran puncak di akhir ceritanya seluruh klan D akan berkumpul dan gabung jadi aliansi Luffy. Ini juga yang akan terjadi nanti apalagi ketika Cobra meminta Sabo mengatakan kepada Luffy dan Vivi tentang fakta keluarga Nefertari.

Kedua, apa yang dilakukan oleh Cobra untuk memberi tahu Vivi dan Luffy tentang keluarga Nefertari adalah bagian dari klan D bisa juga dilakukan oleh keluarga lainnya. Apa maksudnya? Doflamingo pernah mengatakan bahwa sebenarnya klan D sendiri masih hidup dan banyak. Mereka ada di sekitar kita, namun mayoritas sengaja menutupi atau menyembunyikan hal tersebut.

Mengapa? Ini karena stigma negatif yang mereka terima di kalangan masyarakat yang dibangun oleh para Gorosei sejak lama bahwa klan D adalah penjahat. Keluarga Nefertari bisa jadi keluarga pertama yang mengaku sebagai bagian dari klan D yang manai hal tersebut kemudian bisa diikuti oleh keluarga lainnya. Dan ini bisa jadi gerakan awal untuk menghancurkan Im dan Gorosei seperti disebutkan di atas.

Ketiga, terungkapnya fakta keluarga Nefertari bisa jadi blunder lain yang dilakukan oleh Im dan Gorosei. Mengapa kemudian keluarga Nefertari – dan keluarga lain yang jadi bagian dari klan D – menyembunyikan identitas mereka bisa saja diungkap. Dan fakta itu bisa jadi awal kehancuran Im dan Gorosei karena satu demi satu kebusukan dan kebohongan mereka mulai terbongkar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.