Captain America adalah salah satu simbol kekuatan, keberanian, keadilan, dan harapan dalam dunia komik superhero Marvel. Di mana dalam sejarahnya semua nilai-nilai tersebut telah berhasil dibawakan oleh sejumlah superhero pria seperti Steve Rogers dan Sam Wilson. Namun tahukah kalian bahwa di Marvel Universe ternyata ada beberapa superhero wanita yang juga telah mengambil mentel Captain America. Itulah mengapa pada artikel kali ini kita akan membahas secara khusus lima superhero wanita Marvel yang pernah menjadi Captain America dan berhasil menunjukkan kelayakan mereka kepada dunia!

Peggy Carter

Superhero wanita pertama yang pernah menjadi Captain America tidak lain adalah kekasih Steve Rogers, yaitu Peggy Carter. Debut di komik Tales of Suspense #75 (1965), kisah Peggy yang menjadi Captain America bermula ketika Steve Rogers dan Dr. Erskine diceritakan tewas. Pada titik inilah Peggy mengajukan dirinya untuk menggantikan kekasihnya sebagai subjek dari eksperimen Super-Soldier pada era Perang Dunia II, sampai akhirnya menjadi superhero Captain America yang dikenal pantang menyerah. Kisah yang sama dihadirkan juga di serial MCU What If…? pada tahun 2021 lalu, bedanya nama supehero Peggy adalah Captain Carter dari dia berasal dari Inggris bukan America.

Shannon Carter

Shannon Carter adalah Captain America wanita yang penampilannya terbilang paling mirip dengan Steve. Di mana dia mewakili mayoritas penduduk Amerika yang berkulit putih dan berambut pirang. Faktanya Shannon yang pertama kali diceritakan di komik A-Next #1 (1998) ini adalah keponakan dari duo agen SHIELD terkenal Sharon dan Peggy Carter yang eksis di MC2 Universe. Meskipun tidak mempunyai kekuatan super, tetapi Shannon tumbuh sebagai penggemar Steve Rogers yang tidak pernah menyerah untuk berlatih agar lebih hebat. Ketika meneruskan mantel Captain America sebagai American Dream, Shannon akhirnya menjadi anggota Avengers paling berpengaruh pada masanya.

Samantha Wilson

Samantha Wilson adalah Captain America wanita yang eksis di Earth-65, semensta Spider-Gwen di multiverse Marvel. Debut pada tahun 2015 di komik Spider-Gwen Vol. 2 #1, Samantha diceritakan sebagai anak genius yang akhirnya menarik perhatian Peggy Carter pada era Perang Dunia II. Hal inilah yang akhirnya membuat dia terlibat dalam eksperimen Super-Soldier dan menjadi satu-satunya subjek yang selamat di semestanya. Karena kekuatan super miliknya, Samantha hidup sebagai wanita yang berumur panjang dan awet muda, sehingga dia masih tetap eksis sampai ke masa modern seperti Steve Rogers di semesta utama.

Roberta Mendez

Roberta Mendez adalah Captain America wanita yang eksis pada masa depan yang sangat jauh, tepatnya di Universe 2099 yang merupakan semesta asal Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099. Meskipun kisahnya terbilang singkat, tetapi penampilan debutnya di komik Secret Wars 2099 (2015) berhasil menggambarkan Roberta Mendez sebagai salah satu varian terkuat. Di mana dia mempunyai fisik yang atletis serta jiwa kepemimpinan yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang menarik dari Captain America versi Mendez ini adalah fakta bahwa dia mempunyai perisai energi serta sayap energi yang membuatnya memiliki kekuatan dan kemampuan layaknya Steve Rogers dan Sam Wilson.

Daniella cage

Captain America wanita terakhir yang namanya cukup terkenal di kalangan penggemar adalah Daniella Cage. Alasan mengapa Daniella Cage disukai banyak orang adalah karena dia anak dari pasangan Avengers, Luke Cage dan Jessica Jones. Tanpa memerlukan serum Super-Soldier, Daniella sudah terlahir sebagai seorang wanita tangguh yang memiliki kecerdasan dan kekuatan super. Itulah mengapa ketika dia debut di komik Avengers: Ultron Forever pada tahun 2015, Captain America versi Daniella ini tidak terlalu kesulitan ketika menghadapi musuh-musuhnya. Karena sejak awal dia memang ditakdirkan untuk menjadi seorang superhero sekaligus Avengers seperti kedua orang tuanya.

Itulah lima superhero wanita yang menjadi Captain America di kisah dan semestanya masing-masing. Keberadaan dari para Captain America versi wanita ini membuktikan bahwa identitas superhero yang selama ini menjadi simbol kebenaran dan keadilan tidak secara ekslusif hanya dimiliki oleh para superhero pria. Justru sepak terjang dari para Captain America wanita secara tidak langsung memberikan gambaran bahwa para wanita juga sama hebatnya dengan pria. Dari semua karakter cantik sekaligus tangguh ini mana yang kira-kira jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.