Meskipun awalnya tidak ada yang menggunakan kekuatan Haki, namun pasca timeskip beberapa kru Topi Jerami di cerita One Piece diketahui berhasil membangkitkan kekuatan tersebut. Kru Topi Jerami awalnya merupakan kelompok bajak laut kecil biasa yang berusaha untuk membantu Luffy mewujudkan mimpinya sebagai raja bajak laut. Namun, seiring berjalannya waktu justru kru Topi Jerami berkembang menjadi besar.

Saat ini, mereka menjadi salah satu kru bajak laut yang disegani di lautan. Bahkan, berkat status Luffy sebagai Yonko membuat Topi Jerami sekarang menjadi salah satu kru Yonko di lautan. Diketahui jika kru Topi Jerami memiliki beberapa kru mereka yang memiliki kekuatan buah iblis. Namun, selain itu juga mereka memiliki kekuatan Haki. Berikut adalah kru Topi Jerami pengguna Haki.

Monkey D Luffy

Dalam cerita One Piece, sosok Luffy adalah kru Topi Jerami pertama yang diperlihatkan mampu gunakan kekuatan Haki. Dalam beberapa momen, diperlihatkan bagaimana Luffy tidak sengaja atau tanpa dia sadari menggunakan kekuatan Haki. Dan pada akhirnya, diketahui jika Luffy merupakan pengguna dari ketiga jenis Haki. Luffy berlatih tiga jenis Haki selama timeskip yang berjalan dua tahun di Rusukaina. Silvers Rayleigh adalah sosok yang mengajari langsung Luffy tentang kemampuan Haki.

Meskipun pada awalnya Luffy baru mempelajari kemampuan dasar dari Haki, tetapi seiring berjalannya waktu kemampuan Haki Luffy terus meningkat. Luffy pun semakin ahli dan mampu untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Beberapa peningkatan kekuatan Haki Luffy adalah dia sudah mulai bisa melihat ke masa depan meskipun hanya beberapa detik. Dan yang paling epik adalah ketika Luffy menggunakan lever tertinggi dari Conqueror Haki untuk mengalahkan Kaido.

Roronoa Zoro

Setelah Luffy, kru Topi Jerami yang diketahui memiliki kemampuan Haki adalah Zoro. Dia adalah kru paling kuat kedua setelah Luffy di kru bajak laut Topi Jerami. Menjadi tangan kanan dari Luffy, Zoro sudah berlatih kemampuannya berpedang dan juga kekuatannya sejak lama. Salah satu peningkatan kekuatan dahsyat dari Zoro adalah bagaimana dia berhasil mengaktifkan Haki miliknya.

Kekuatan Haki Zoro aktif pasca dia berlatih bersama Dracule Mihawk di pulay Kuraigana. Awalnya, para fans menduga jika Mihawk hanya melatih kemampuan berpedang dan juga kekuatan fisik dari Zoro. Namun, dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Zoro juga mampu menggunakan Haki. Selain Armament Haki, Zoro juga diakui oleh Kaido memiliki kekuatan Advanced Conqeuror Haki meskipun Zoro sendiri tidak mengetahui hal tersebut.

Sanji

Sanji jadi kru Topi Jerami lain yang bisa gunakan kemampuan Haki. Sanji si kaki hitam merupakan koki andalan dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan merupakan kru paling kuat ketiga, setelah Luffy dan Zoro. Seperti halnya Zoro, di paruh awal ceritanya Sanji diperlihatkan tidak pernah menggunakan kemampuan Haki. Sampai kemudian dia berlatih selama dua tahun di pulau Kamabakka.

Sanji diketahui dilatih langsung oleh Emporio Ivankov beserta para pengikutnya. Dia dilatih untuk terus berlari dan mampu untuk membuat masakan luar biasa, yang memiliki khasiat. Namun, ternyata, selama di pulau itu pun Sanji berhasil membangkitkan kemampuan Haki miliknya terutama Observation Haki. Bukti kedahsyatan dari kekuatan Haki milik Sanji bisa kita lihat dalam arc Whole Cake Island dan Wano.

Usopp

Sedari awal diperkenalkan dalam ceritanya, Oda Sensei sudah memperlihatkan karakter Usopp sebagai karakter yang lemah. Dia tidak bisa bertarung dan tidak memiliki kemampuan bertarung. Yang biasanya dia lakukan adalah kabur atau bersembunyi. Meskipun begitu, satu-satunya hal yang bisa diandalkan dari sosok Usopp adalah kemampuan untuk menembak tepat dan kemampuannya menciptakan berbagai hal.

Banyak fans penasaran apakah Usopp memiliki kemampuan Haki. Dan ternyata, dia mampu membangkitkan Observation Haki yang mana hal unik dari momen ini adalah Usopp tidak sengaja membangkitkannya. Usopp tiba-tiba bisa menggunakan kemampuan tersebut saat dia berada di arc Dressrosa. Ketika itu, Usopp berusaha menyelamatkan para korban dari Sugar. Dan tanpa diduga dia bisa melihat aura dari para karakter di sana.

Jinbe

Jinbe dahulu merupakan sekutu dari kelompok Whitebeard dan merupakan bagian dari kelompok bajak laut Matahari bersama Fisher Tiger. Namun, dia kemudian menjadi Shichibukai dan bergabung bersama Luffy. Jinbe memang tidak memiliki kemampuan buah iblis seperti kebanyakan karakter, namun dia memiliki kemampuan Karate Gyojin yang tidak kalah mengerikan dan ini juga yang membuatnya menjadi salah satu karakter kuat.

Jinbe juga ternyata memiliki kekuatan Armament Haki yang sangat dahsyat. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Who’s Who. Dalam pertarungan tersebut, nampak lengan dari Jinbe berubah menjadi hitam menandakan bahwa dia menggunakan Armament Haki. Dia juga mampu menahan serangan Haki dari Who’s Who. Tetapi, masih belum ada informasi apakah dia juga memiliki Haki lainnya.

Nico Robin

Sebenarnya, sampai sejauh ini masih belum ada konfirmasi dari Oda Sensei apakah Robin memiliki kemampuan Haki. Meskipun begitu, diketahui jika Robin mengenal dan paham tentang konsep Haki. Hal ini diketahui ketika dia tahu tentang Conqueror Haki saat Luffy berhasil menaklukan 50.000 pasukan Hody Jones. Juga, Robin sempat menjelaskan tentang Armament Haki kepada Franky saat Luffy bertarung melawan Caesar Clown.

Yang menarik adalah banyak fans menduga jika Nico Robin sebenarnya sudah berhasil menggunakan kekuatan Haki dalam pertarungannya melawan Black Maria di Onigashima. Saat itu, dia menggunakan sebuah teknik bernama Demonio Fleur di mana seluruh tubuhnya berubah menjadi hitam dan ukurannya berubah menjadi raksasa dan mirip seperti iblis. Warna hitam inilah yang kemudian membuat para fans menduga jika Robin menggunakan Haki. Namun, belum ada konfirmasi terkait hal ini.

Dengan kelompok bajak laut Topi Jerami memiliki kru dengan kemampuan Haki, wajar jika mereka jadi salah satu yang disegani di lautan. Kemampuan Haki ini bisa jadi modal mereka untuk menghadapi lawan kuat selanjutnya. Menarik tentunya untuk melihat apakah kru lainnya seperti Nami dan sebagainya juga akan memiliki kemampuan Haki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.