Salah satu bukti kedahsyatan dari para Gorosei adalah bagaimana beberapa organisasi besar dan kuat bekerja di bawah kendali mereka. Para Gorosei alias Lima Tetua Bintang jadi salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece. Mereka menjadi penguasa dan juga kekuatan yang menyeimbangkan dunia. Keberadaan para Gorosei sendiri masih jadi misteri hingga sekarang.

Masih belum diketahui sudah berapa lama mereka ada atau sudah berapa lama mereka berkuasa. Berbicara mengenai kekuasaan, para Gorosei diketahui memiiliki beberapa organisasi atau kelompok yang bekerja di bawah perintah mereka. Para organisasi tersebut menjadi kepanjangan tangan dari para Gorosei. Berikut adalah organisasi yang bekerja untuk para Gorosei.

Polisi

Mungkin banyak dari Geeks tidak menyadari bahwa di dunia One Piece pun memiliki organisasi penegak hukum seperti polisi. Sayangnya, reputasi dan popularitas polisi sangat kurang. Wilayah cakupan mereka tidak sebesar dan seluas angkatan laut, karena mereka biasanya beroperasi di sebuah pulau atau di daratan dan bukan di laut. Selain itu, mereka juga hampir tidak pernah muncul dalam cerita.

Para polisi tersebut biasanya menangani berbagai peristiwa kejahatan atau kriminal lokal yang terjadi di sebuah wilayah. Peran mereka mirip seperti Mimawarigumi di negara Wano. Yang menarik adalah ada beberapa karakter yang pernah menjadi bagian dari kelompok ini. Mereka adalah Genzo, ayah angkat Nami dan Nojiko, dan juga Lafitte, yang kabarnya merupakan mantan polisi.

Angkatan Laut

Seperti yang Geeks ketahui jika angkatan laut merupakan salah satu kekuatan besar yang bekerja di bawah perintah atau kendali Gorosei. Selain Gorosei, angkatan laut juga diketahui merupakan salah satu kekuatan yang mampu menyeimbangkan dunia ini. Angkatan laut diketahui memiliki tugas menjaga kedamaian dari berbagai ancaman yang ada, terutama ancaman bajak laut.

Sebagai organisasi penegak keadilan terbesar di dunia, wilayah cakupan dari angkatan laut sendiri mencapai seluruh lautan. Ada banyak tingkatan di angkatan laut, seperti halnya militer di dunia nyata. Dan angkatan laut sendiri merupakan pihak yang banyak terlibat dalam cerita utama di serinya. Misalnya, kita melihat bagaimana angkatan laut terlibat dalam pembataian di Ohara atau juga saat perang Marineford. Saat ini, para angkatan laut juga terlibat dalam penyerbuan menuju pulau Egghead dan bahkan jadi incaran orang-orang pasca kemunculan Cross Guild.

Cipher Pol

Selain pasukan angkatan laut, yang menjadi pasukan terdepan ketika menghadapi berbagai ancaman masyarakat, khususnya dari para bajak laut, para Gorosei juga memiliki sebuah organisasi rahasia. Mereka akan melakukan berbagai tugas khusus dan berbahaya yang pemerintah dunia berikan. Organisasi ini kita kenal dengan sebutan Cipher Pol Aegis atau CP.

Cipher Pol sendiri adalah organisasi rahasia yang sudah mulai diperkenalkan sejak awal cerita. Hal ini bisakita lihat ketika pasukan dari CP9 berhasil menculik Nico Robin dalam arc Enies Lobby demi mendapatkan cetak biru Pluton. Cipher Pol memiliki delapan tingkatan atau pos yang terdiri dari CP1 sampai CP8. Pos inilah yang banyak masyarakat luas ketahui. Sedangkan, dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang sengaja dirahasiakan keberadaanya karena tugas dan tanggung jawab mereka.

Shichibukai

Shichibukai merupakan salah satu sistem yang unik dalam cerita One Piece di mana bajak laut bekerja sama dengan pihak angkatan laut untuk memerangi bajak laut lainnya. Para bajak laut yang dianggap kuat kemudian akan diajak untuk bergabung oleh Gorosei untuk kemudian menjadi bagian dari Shichibukai dengan imbalan mereka akan mendapatkan perlindungan hukum.

Meskipun begitu, para Shichibukai tersebut harus bersedia untuk membantu angkatan laut atau menuruti perintah Gorosei. Contohnya adalah ketika mereka semua dipanggil demi menghadapi seluruh armada dari Whitebeard. Sistem Shichibukai sendiri saat ini sudah dibubarkan dalam Reverie setelah dianggap terlalu banyak menyebarkan ancaman dan kemudian diganti dengan SSG atau Special Science Group yang dipimpin oleh Vegapunk.

Holy Knight

Holy Knight adalah organisasi kuat baru yang bekerja di bawah perintah Gorosei. Keberadaan dari Holy Knight sendiri baru benar-benar dimunculkan dalam cerita sejakchapter 1083 kemarin. Sejauh ini, memang belum banyak informasi yang diketahui tentang Holy Knight  Namun, dalam ceritanya dijelaskan bahwa mereka dianggap sebagai penegak hukum dari Mary Geoise.

Para Holy Knight tersebut memiliki posisi yang tinggi, di mana bahkan mereka mengamabil alih kasus upaya pembunuhan Saint Charlos dari Akainu. Mereka juga bahkan dikirim oleh Gorosei untuk menghancurkan delapan kerajaan atau wilayah yang dianggap tidak mau lagi bekerja sama dengan tidak membayar pajak atau upeti kepada Gorosei. Mereka juga diyakini sebagai kelompok yang kuat dan tahu informasi yang tidak diketahui orang-orang banyak.

Sebagai penguasa dunia dan juga pihak yang mengatur semuanya, rasanya wajar jika kemudian para Gorosei memiliki organisasi kuat di bawah mereka.Para organisasi tersebut siap untuk melakukan apa pun yang diperintahkan. Beberapa diantaranya memang kurang begitu populer karena, kurangnya eksposure yang dilakukan oleh Eiichiro Oda. Dan ada juga organisasi yang baru diperkenalkan dalam cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.