Salah satu anggota kru Topi Jerami, Sanji Vinsmoke, diduga adalah keturunan dari salah satu Gorosei dalam alur cerita One Piece. Gorosei masih jadi salah satu misteri besar dalam cerita One Piece. Sejak pertama kali diperkenalkan sampai saat ini tidak banyak informasi yang diketahui tentang petinggi dari World Government tersebut. Bahkan, Oda Sensei sendiri belum memberi tahu nama mereka.

Gorosei diketahui merupakan petinggi di World Government di mana mereka adalah bawahan dari Im. Untuk masalah nama, Oda baru membeberkan satu nama Gorosei yaitu Saint Jaygarcia Saturn. Dia adalah Gorosei dengan warna rambut putih dan gaya rambut keriting sambil membawa tongkat kayu. Saat ini, dia sedang menuju pulau Egghead berasama Kizaru. Yang menarik adalah muncul teori jika salah satu Gorosei adalah leluhur dari Sanji.

Sanji Keturunan Gorosei

Sosok Gorosei yang dimaksud sebagai keturunan dari Sanji adalah yang paling muda di mana rambutnya berwarna pirang. Akun Twitter dengan username bigdannyfr membagikan teori jika Gorosei tersebut merupakan leluhur dari Sanji berdasarkan beberapa petunjuk yang ada. Pertama, meskipun nama dari Gorosei tersebut masih misterius tetapi menurut teorinya nama dari Gorosei tersebut adalah Saint Germain Venus.

Nama ‘Saint Germain’ sendiri sebenarnya berasal dari penjelasan Oda Sensei mengenal desain awal dari Vinsmoke judge. Menurut penjelasannya, Judge pada awalnya memiliki sanata Saint Germain. Oda juga awalnya memiliki rencana untuk membuat Judge sebagai salah satu kaum naga langit, sebelum kemudian ide tersebut dibatalkan. Yang menarik desain awal dari Judge cukup mirip dengan sosok Gorosei Saint Germain dengan perubahan dari gaya rambut dan wajah.

Berdasarkan hal tersebut artinya Sanji direncanakan memiliki garis keturunan seorang naga langit. Petunjuk selanjutnya, Sanji dianggap sebagai keturunan dari kerajaan yang jahat yang merujuk kepada Germa 66 dan Vinsmoke Judge. Apakah artinya Judge jadi satu-satunya keluarga Vinsmoke yang jahat? Bagaimana jika kemudian ada leluhur Judge yang juga tidak kalah jahat?

Selanjutnya, Germa 66 memiliki wewenang atau kesempatan untuk bisa menghadiri Reverie. Padahal, World Government sangat selektif untuk bisa menentukan siapa saja wilayah atau kerajaan yang  bisa mengikuti rapat empat tahunan tersebut. Padahal, Germa 66 merupakan sebuah kerajaan yang bisa dibilang kerjaan kecil jika dibandingkan yang lain.

Juga, bagaimana poster buruan Sanji bisa berubah drastis dari sebelum timeskip dan juga pasca timeskip. Sebelum timeskip, poster buruan Sanji bertuliskan ‘Dead of Alive.’ Sedangkan, pasca timeksip poster Sanji sempat bertuliskan ‘Only Alive.’ Artinya, ada kemungkinan ada sosok yang berkuasa atau memiliki pegaruh yang melindungi Sanji. Gorosei Saint Germain tahu jika Sanji adalah keturunannya meskipun dia adalah bajak laut dan jadi bagian dari kelompok yang menjadi ancaman World Government.

Penguasa North Blue

Jadi, siapa sebenarnya Gorosei Saint Germain Venus atau Gorosei pirang tersebut? Menurut teorinya, ada kemungkinan jika dia merupakan karakter yang tercipta dari ide Oda Sensei yang dibatalkan. Seharusnya, nama dari Gorosei tersebut adalah Vinsmoke Judge sebelum kemudian dibatalkan dan dilakukan perubahan terhadap karakternya. Oda kemudian mengembangkan kembali karakternya sehingga tercipta sosok Gorosei pirang ini.

Ada kemungkinan juga jika Gorosei pirang ini terhubung secara darah dengan Vinsmoke Judge, mengingat dia adalah leluhur dari keluarga Vinsmoke. Gorosei adalah sekelompok karakter misterius di mana mereka memiliki wajah yang sudah tua. Banyak fans menduga jika mereka berusia sama dengan Im yaitu sekitar 800 tahun. Tetapi, berbeda dengan yang lain Gorosei pirang tersebut terlihat masih muda.

Hal ini dikarenakana dalam teorinya disebutkan jika Gorosei pirang tersebut tidak berusia 800 tahun seperti yang lain. Gorosei pirang itu kemungkinan berusia 300 tahun. Mengapa hanya 300 tahun? Karena, sekitar 300 tahun yang lalu keluarga Vinsmoke pertama berhasil menaklukan North Blue dan kemudian mendirikan kerajaan Germa. Yang menarik adalah sekitar 66 hari pasca didirikan, kerajaan Germa kemudian hancur atau kolaps.

Apa yang kemudian jadi alasan kerajaan tersebut kolaps? Menurut teori ini, sang Vinsmoke pertama, Saint Germain, diajak bergabung menjadi Gorosei sehingga dia kemudian menghancurkan kerajaan yang sudah dia bangun tersebut. Jika benar demikian, maka artinya ini bisa jadi penjelasan mengapa Gorosei tersebut terlihat jauh lebih muda dibandingkan Gorosei lainnya.

Ini juga mungkin bisa menjelaskan mengapa bekas lukanya tidak sebanyak atau sebesar Gorosei lain. Karena, Saint Germain tidak terlibat dalam pertempuran epik yang terjadi 800 tahun lalu. Dia hanya terlibat dalam pertempuran yang terjadi 300 tahun lalu saat menaklukan wilayah North Blue. Selain berefek kepada Sanji ini juga kemungkinan berefek kepada Judge.

Apa maksudnya? Dengan Saint Germain jadi Vinsmoke pertama dan bagian dari Gorosei menjelaskan mengapa dia tidak pernah dihukum atas apa yang dilakukan bersama kelompok MADS. Dia juga bisa merubah nilai buruan Sanji dan membuat kerajaan Germa 66 bisa berpartisipasi dalam momen Reverie.

Apa Artinya Bagi Sanji

Di akhir cerita One Piece nanti ada kemungkinan jika Sanji akan mengetahui secara penuh garis keturunannya dan juga keluarganya. Sanji juga dianggap akan berhadapan dengan Gorosei pirang tersebut, yang dianggap sebagai leluhurnya. Meskipun ada kemungkinan kekuatan Sanji, yaitu teknik Jambe, berasal dari rekayasa genetik Judge, namun ada kemungkinan juga jika kekuatan itu berasal dari leluhurnya.

Saint Germain dianggap berhasil menaklukan North Blue berdasarkan nafsu iblis dalam dirinya. Dia juga menggunakan kekuatan “Roi Jambe” yang dalam bahasa Perancis berarti “kaki raja.” Meskipun begitu, di pertempuran puncak nanti Sanji kemungkinan akan membuktikan bahwa dia berbeda dari keluarga Vinsmoke yang lain. Dia tidak mewarisi tekad iblis dari keluarga Vinsmoke melainkan kebaikan dari sang ibu, Sora. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.