Selama lebih dari dua dekade alur cerita One Piece berjalan Eiichiro Oda sudah memperkenalkan beberapa karakter menarik dan misterius yang berasal dari abad yang hilang. Dalam cerita One Piece terdapat sebuah masa di mana orang-orang sama sekali tidak mengetahui apa yang terjadi pada masa itu. Ini dikarenakan seluruh catatan sejarah yang ada hilang atau disembunyikan oleh World Government.

Selain itu, mereka juga melarang siapa pun untuk mencari tahu apa yang terjadi pada kala itu. Masa tersebut lebih dikenal sebagai abad yang hilang. Momen ini terjadi pasca aliansi 20 Kerajaan yang membentuk World Government berhasil mengalahkan Kerajaan Kuno. Yang menariknya adalah ada beberapa karakter misterius yang berasal dari abad yang hilang yang muncul di era sekarang. Siapa saja?

Zunesha

Zunesha adalah salah satu karakter tertua dalam cerita One Piece. Zunesha sendiri merupakan seekor gajah raksasa kuno yang sudah berjalan mengelilingi Grand Line tanpa henti dan tanpa tujuan selama berabad-abad. Di atas punggungnya, Zunesha membawa sebuah wilayah dan peradaban dari suku Minks Pulau tersebut kemudian diberi nama Zou.

Menurut Nekomamushi, salah satu pemimpin suku Minks, pada zaman dahulu, Zunesha dihukum untuk berjalan melintasi Grand Line selamanya karena sebuah perbuatan kriminal yang dia lakukan. Namun, sampai saat ini tidak ada informasi mengenai kejahatan apa yang sudah dilakukan oleh Zunesha sehingga dia harus dihukum sedemikian berat. Di arc Wano sendiri diketahui jika dia adalah rekan dari Joy Boy.

Kozuki Toki

Kemunculan Toki dalam cerita bisa dibilang unik sekaligus membuat banyak orang penasaran. Pada 20 tahun lalu ketika Kozuki Oden mencoba untuk mendapatkan persetujuan Whitebeard agar dia bisa diterima menjadi krunya, Oden pun melihat sosok wanita yang sedang diganggu bajak laut lain. Oden kemudian menyelamatkan wanita tersebut yang ternyata bernama Toki.

Yang menarik adalah Toki mengatakan bahwa dia berasal dari 800 tahun lalu dan dia menggunakan buah iblis Toki Toki, yang bisa membuatnya pergi ke masa depan. Toki juga mengaku bahwa dia perlu untuk pergi ke Wano. Tidak diketahui apa yang kemudian jadi alasan dia pergi ke era yang sama dengan Oden. Serta, tidak diketahui mengapa dia harus pergi ke Wano. Nasib Toki sendiri saat ini masih misterius setelah pasukan Kaido menyerbu istananya.

Nefertari Lily

Nefertari Lily adalah karakter yang baru saja diperkenalkan di cerita One Piece dalam chapter 1084. Dia merupakan nenek moyang dari keluarga Nefertari dan juga salah satu pemimpin awal dari kerajaan Alabasta. Sejauh ini, memang tidak banyak informasi yang diketahui selain dia juga ikut dalam pertempuran menghadapi Kerajaan Kuno dan jadi salah satu orang penting yang ikut mendirikan World Government.

Sosok Nefertari Lily saat ini sedang menjadi bahan perbincangan hangat para fans karena dia dianggap memiliki koneksi dengan Im. Yang menarik adalah menurut penuturan Cobra dia menghilang tanpa jejak sejak 800 tahun lalu. Tidak diketahui ke mana dia pergi dan bahkan catatan sejarah tentang Lily juga tidak pernah ada. Inilah yang kemudian membuat para fans penasaran dengan sosoknya.

Im

Rasanya Geeks sudah kenal dengan Im. Im sendiri merupakan pemimpin dari World Government sekaligus merupakan sosok paling tinggi dalam hierarki tersebut. Bahkan, Gorosei pun berlutut di hadapan Im. Namun, di sisi lain, Im masih menjadi sosok yang paling misterius dalam cerita One Piece. Pasalnya, dia sama sekali tidak pernah berbicara satu kata pun.

Im pada akhirnya mengeluarkan satu kata di chapter 1084 di mana dia menyebut nama Nefertari Lily. Banyak spekulasi menyebutkan jika Lily dan Im memang memiliki keterkaitan. Im juga diduga mengkhianati kesepakatan 20 kerajaan yang membentuk World Goverment dengan menjadi pemimpin di dunia One Piece dan duduk di singgasana yang seharusnya tidak pernah terisi. Oda Sensei perlu segera mengungkapkan misteri tentang sosok Im.

Joy Boy

Joy Boy adalah nama yang sangat penting dan misterius di cerita One PieceMenurut ceritanya, Joy Boy merupakan seseorang yang paling berjasa di era abad yang hilang. Namanya pertama kali muncul ketika Nico Robin membaca Poneglyph yang ada di pulau manusia ikan. Poneglyph tersebut berisi permintaan maaf kepada para manusia ikan karena telah gagal untuk memenuhi janjinya.

Namun, sampai sekarang tidak diketahui apa sebenarnya janji yang dibuat oleh Joy Boy terhadap para manusia ikan. Selain itu, mengapa kemudian Joy Boy jadi sosok penting dan sangat dinantikan oleh orang-orang. Seperti yang diketahui, semua orang menantikan reinkarnasi Joy Boy yang baru. Banyak spekulasi yang menduga jika Joy Boy akan membawa perubahan besar terhadap dunia.

Abad yang hilang jadi salah satu misteri besar dalam cerita One Piece yang belum terpecahkan hingga sekarang. Apa yang sebenarnya terjadi di era tersebut dan mengapa kemudian World Government menyembunyikan semua fakta dan sejarah juga masih jadi sebuah teka-teki. Para karakter di atas berasal dari abad yang hilang tersebut. Namun, perlahan Oda Sensei mulai mengungkapkan faktanya dalam cerita apalagi saat ini One Piece sudah memasuki babak akhir.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.