Jika kalian sering mengikuti perkembangan kabar Hollywood, mungkin kalian pernah mendengar berita tentang kecelakaan di lokasi syuting. Misalnya tragedi tewasnya kru film Rust yang tidak sengaja tertembak oleh aktor Alec Baldwin. Di mana peristiwa tersebut langsung membuat proyek filmnya dibatalkan. Namun tahukah kalian bahwa dalam sejarah Hollywood sebenarnya ada beberapa film yang masuk dalam kategori berbahaya, karena walaupun telah tewaskan sejumlah aktor atau krunya, tetapi filmnya tetap dirilis kepada publik. Apa saja film berbahaya yang dimaksud? Simak di bawah ini, Geeks.

The Conqueror (1956)

Dalam sejarah Hollywood, The Conqueror adalah salah satu film pertama yang masuk dalam kategori berbahaya karena secara tidak langsung telah tewaskan sejumlah aktor dan krunya. Hal tersebut bisa terjadi karena syutingnya diadakan terlalu dekat dengan lokasi tes bom nuklir di Nevada, Amerika. Bertahun-tahun setelah filmnya dirilis, banyak dari aktor dan krunya yang meninggal karena sakit kanker. Dari 220 aktor dan kru yang terlibat dalam pengerjaan The Conqueror, 93 orang mengidap kanker dan 46 di antaranya meninggal dunia. Termasuk sutradara Dick Powell, aktor Pedro Armendariz, John Wayne, Susan Hayward, dan Agnes Moorehead.

Twilight Zone: The Movie (1983)

The Twilight Zone adalah tayangan sci-fi horor yang bisa dibilang cukup terkenal pada akhir 1950-an. Popularitasnya lantas mendorong para sineas tahun 1980-an untuk membuat adaptasi filmnya. Mirisnya setahun sebelum Twilight Zone: The Movie dirilis, aktor Vic Morrow bersama dua aktor cilik Myca Dinh Le dan Shin-Yi Chen tewas di lokasi syuting karena tertimpa helikopter. Enam orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka. Tragedi film Twilight Zone: The Movie yang tewaskan tiga aktor ini langsung mengubah banyak aturan di lokasi syuting sekaligus hukum yang mengawasi industri perfilman Hollywood.

The Crow (1994)

The Crow adalah film adaptasi superhero yang berfokus pada pembalasan dendam seorang vigilante kepada orang-orang yang telah menghabisi nyawanya. Di film ini anak dari bintang film aksi Bruce Lee, yaitu Brandon Lee, berperan sebagai karakter utama bernama Eric Draven alias Crow. Mirisnya sebelum sempat melihat perilisan film The Crow, Brandon lebih dahulu tewas tertembak di lokasi syuting. Perannya lantas dilanjutkan oleh aktor pengganti dan bantuan teknologi CGI. Terlepas dari kesuksesan finansialnya, The Crow tetap tercatat sebagai film berbahaya karena telah tewaskan aktor utamanya.

The Dark Knight (2008)

Satu lagi film superhero yang bisa dibilang telah tewaskan aktor dan krunya adalah The Dark Knight. Meskipun pada saat itu film bergenre superhero lebih sering mengandalkan teknologi green screen, film Batman yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini justru lebih banyak menghadirkan adegan yang realistis, seperti ledakan dan adegan berbahaya lainnya. Hal inilah yang kemudian menewaskan seorang kameramen bernama Conway Wickliffe setelah truk yang dia rekam menabraknya. Bahkan menurut rumor The Dark Knight adalah salah satu penyebab dari kematian aktor Heath Ledger yang meninggal dunia karena keracunan obat penenang setelah berperan sebagai Joker di filmnya.

The Expendables 2 (2012)

The Expendables 2 yang dibintangi oleh banyak bintang Hollywood adalah salah satu film aksi yang menghadirkan banyak sekali ledakan bombastis dalam ceritanya. Hal inilah yang kemudian memicu tragedi di lokasi syuting saat seorang pemeran pengganti tewas karena tidak sengaja terkena ledakan perahu karet yang ditumpanginya. Kecelakaan lainnya bahkan menyebabkan aktor Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger harus menjalani operasi bahu setelah syuting The Expendables 2 rampung. Hal ini lantas menjadi pelajaran bagi para sineasnya agar tidak ada lagi tragedi yang tewaskan kru atau aktor di lokasi syuting film The Expendables selanjutnya.

American Made (2017)

American Made adalah film aksi dari sutradara Doug Liman dan aktor Tom Cruise yang awalnya berjudul Mena. Namun karena produksi filmnya sempat mengancam nyawa para aktor dan bahkan tewaskan seorang kru di lokasi syuting, akhirnya judul Mena diganti demi menghindari kontroversi. Setidaknya ada dua kru film yang dilaporkan meninggal di lokasi syuting karena pesawat yang mereka tumpangi jatuh di Colombian Andes. Salah satunya adalah pilot veteran Alan Purwin yang sebelumnya pernah terlibat dalam pengerjaan berbagai film sukses, seperti Pearl Harbor, Pirates of the Caribbean, dan Transformers.

Deadpool 2 (2018)

Deadpool 2 adalah film superhero lainnya yang pernah dilaporkan telah tewaskan seorang aktor pengganti di lokasi syuting. Aktor tersebut adalah Joi Harris, pemeran pengganti aktris Zazie Beetz di Deadpool 2. Di mana dia meninggal karena motor yang dikendarainya menabrak jendela kaca di lokasi syuting. Hal ini membuat para produser harus membayar denda dan kompensasi sebesar 300 ribu dolar Amerika, karena dianggap telah gagal memastikan keselamatan pemeran pengganti dan menghitung resiko dari adegan aksi yang harus mereka lakukan.

Itulah tujuh film berbahaya yang tercatat telah tewaskan aktor dan kru secara tidak sengaja. Di sisi lain semua film ini akhirnya tetap ditayangkan setelah membereskan masalah masing-masing. Namun mirisnya walaupun denda dan kompensasi telah dikeluarkan nyawa dari para korban tidak mungkin bisa kembali. Hal ini seakan mengingatkan kita bahwa pekerjaan di industri Hollywood tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, karena ternyata di dalamnya terdapat potensi yang bisa merenggut nyawa aktor dan krunya kapan saja.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.