Perusahaan pengembang game Ubisoft pastikan bahwa mereka tidak lagi membuat game Prince of Persia remake untuk masa yang akan datang. Proses remake saat ini menjadi salah satu hal yang sedang booming di industri game. Ada banyak judul game populer dari puluhan tahun lalu yang kembali dibuat atau diremake agar biasa dimainkan di konsol current-gen seperti Playstation 5 atau Xbox Series. Proses remake sendiri dilakukan biasanya karena banyaknya permintaan dari para fans game tersebut agar game favorit mereka bisa dihadirkan dalam versi yang lebih modern.

Proses remake juga jadi salah satu cara bagi berbagai judul game yang sudah sulit dimainkan atau kurang menarik lagi karena teknologi yang sudah usang untuk bisa menarik minat para generasi baru. Para generasi lama yang juga pernah memainkan gamenya bisa juga merasakan pengalaman lain dari game tersebut. Meskipun kemudian melakukan remake terhadap game populer sedang tren dan jadi salah satu cara meraup keuntungan, publisher Ubisoft nampaknya tidak tertarik melakukan hal itu.

Beberapa tahun lalu, pihak Ubisoft sempat mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan remake dari Prince of Persia: Sands of Time. Banyak asumsi yang kemudian muncul jika gamenya akan dirilis tidak lama pasca diumumkan. Tetapi, faktanya, hingga sekarang hal itu tidak pernah terwujud dan justru proyek tersebut menghilang. Sebenarnya, pihak Ubisoft sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan remake game tersebut tetapi pada akhirnya upaya tersebut gagal total.

Meskipun kabar tersebut membuat para fans kecewa, ada hal lain yang kemudian membuat para fans lebih kecewa lagi. Menurut kabar terbaru, pihak Ubisoft mengumumkan bahwa mereka tidak memiliki rencana atau tidak akan lagi membuat remake dari franchise Prince of Persia untuk kedepannya. Mereka tidak memberikan alasan lengkap terkait hal tersebut, namun banyak fans yang berspekulasi jika pihak Ubisoft tidak mau lagi mengalami pengalaman yang sama seperti sebelumnya.

Yang perlu menjadi catatan adalah Ubisoft hanya tidak memiliki rencana untuk membuat remake dari franchise Prince of Persia dan bukan seluruh franchisenya. Diketahui saat ini mereka sedang mengerjakan proyek remake dari game Splinter Cel. Prosesnya sendiri memang masih di awal pengembangan, sehingga tidak diketahui kapan gamenya akan rilis. Masih harus kita nantikan apakah Ubisoft juga akan mengalami kesulitan untuk mengerjakan proyek remake Splinter Cell.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.