Selain klan Otsutsuki ada juga beberapa karakter lainnya yang mampu untuk menggunakan Shinjutsu di semesta Naruto. Dalam semesta Naruto Shinjutsu adalah sebuah tingkatan Jutsu yang berbeda di mana Jutsu ini baru saja diperkenalkan dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis Jutsu di semesta Naruto.

Tiga kelompok Jutsu utama yang biasanya sering dihadirkan dalam cerita dan dikuasai oleh para shinobi adalah Ninjutsu, Taijutsu, dan Genjutsu. Ada juga Jutsu lain yang mungkin tidak semua shinobi bisa mempelajarinya seperti Fuinjutsu atau Jurus Segel dan juga Senjutsu atau Jutsu yang berkaitan dengan energi alam. Di manga Shinjutsu yang menjadi sumber kekuatan klan Otsutsuki. Namun, ada beberapa karakter yang juga bisa menggunakan kekuatan ini. Siapa saja?

Code

Code merupakan bagian dari kelompok Kara di mana dia merupakan bagian dari Inner Kara. Code sangat memuja klan Otsutsuki dan menganggap mereka sebagai tuhan. Dia pun rela tubuhnya menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Namun, nyatanya tubuh Code tidak cocok untuk menjadi wadah Isshiki. Meskipun begitu, dia tetap memiliki kekuatan dan tekad Isshiki dalam Karma putih.

Karena mewarisi kekuatan Isshiki, Code mampu menggunakan Shinjutsu. Dia memiliki sebuah kekuatan unik bernama Claw Marks. Code akan mengeluarkan semacam sabuk di mana sabuk tersebut menjadi jalur Code untuk melakukan teleportasi. Teknik ini sering dikaitkan dengan teknik Flying Thunder God milik Minato. Dan kekuatan epik dari Claw Marks sendiri diperlihatkan di chapter sebelumnya di mana dia bisa membuat pasukan dari monster Jyuubi.

Kawaki

Berbicara mengenai Code dan Isshiki tidak lepas dari sosok Kawaki. Dia adalah anak yang kemudian jadi wadah sempurna bagi Isshiki. Inilah yang kemudian membuat Isshiki menaruh Karma miliknya di tubuh Kawaki dan Code dendam terhadap Kawaki. Pasca Jigen berhasil dikalahkan oleh Kashin Koji, Isshiki mengaktifkan Karma yang ada di tubuh Kawaki. Akibatnya, segel Karma tersebut menghilang dari tubuh Kawaki.

Namun, tanpa diduga Amado diam-diam mengaktifkan kembali segel Karma tersebut yang kemudian aktif secara tidak sengaja dalam pertarungan melawan Code. Hal itu membuat Kawaki kini mampu menggunakan Shinjutsu dan menggunakan berbagai kekuatan miliki Isshiki. Contohnya adalah dia bisa menggunakan teknik Sukunahikona atau Daikokuten. Dia juga bisa menggunakan teknik Black Rod.

Eida

Eida merupakan salah satu karakter baru yang diperkenalkan dalam cerita Boruto. Dia merupakan salah satu manusia modifikasi ciptaan Amado yang spesial. Pasalnya, menurut penjelasan Amado dia sengaja menciptakan Eida demi membangkitkan kembali putrinya yang sudah meninggal. Namun, justru yang terjadi Eida berubah menjadi sosok yang berbeda dan baru.

Eida sempat diminta untuk dihancurkan oleh Jigen. Namun, Boro kemudian menyimpan Eida di lab miliknya sampai kemudian Code mengaktifkannya kembali. Menurut penuturan Amado, eida memiliki kemampuan Shinjutsu berkat adanya DNA Shibai Otsutsuki dalam tubuhnya. Dan kekuatan Shinjutsu milik Eida yang diketahui sejauh ini adalah kemampuan untuk membuat semua orang jatuh cinta, mampu melihat masa depan dan masa lalu, dan yang paling epik Eida mampu menukar kehidupan seseorang dengan memanipulasi ingatan orang lain.

Daemon

Selain Eida, Daemon juga adalah karakter baru lainnya yang diperkenalkan dalam cerita Boruto. Dia merupakan adik dari Eida dan merupakan manusia buatan dari Amado lainnya. Seperti halnya Eida, Daemon juga memiliki DNA Shibai Otsutsuki dalam tubuhnya yang mana membuat dia mampu untuk menggunakan Shinjutsu. Dan bisa dibilang kekuatan Shinjutsu Daemon sangat unik sekaligus berbahaya.

Dia memiliki kemampuan yang bernama Reflection, di mana setiap orang yang berusaha untuk menyakiti atau berniat menghabisi Daemon akan merasakan serangan miliknya sendiri. Karena, semua serangan tersebut akan terpental dan kembali ke penyerangnya. Inilah yang membuat Daemon sulit untuk dilukai. Diaj uga bahkan memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, di mana Code sendiri mampu dia taklukan.

Uzumaki Boruto

Karakter pengguna Shinjutsu selain klan Otsutsuki terakhir adalah Uzumaki Boruto. Protagonis utama dalam manganya tersebut awalnya adalah manusia biasa. Sampai kemudian dia terlibat dalam pertarungan melawan Momoshiki Otsutsuki yang mana sebelum kematiannya, dia sempat menanamkan segel Karma di tubuh Boruto. Yang menarik adalah Boruto pun kemudian berubah menjadi Otsutsuki seutuhnya seperti halnya Kawaki.

Hal ini terjadi setelah proses Otsutsukifikasi Boruto sudah mencapai lebih dari 80% dan Momoshiki harus rela mengorbanlkan sisa proses tersebut untuk membangkitkan Boruto dari kematian saat pertarungan melawan Kawaki terjadi. Sejauh ini, memang masih belum banyak diperlihatkan kekuatan Momoshiki apa saja yang bisa digunakan oleh Boruto. Beberapa kemampuan Shinjutsu yang sudah dihadirkan Boruto adalah penyerapan chakra, terbang, dan melakukan teleportasi.

Shinjutsu adalah sebuah Jutsu di semesta Naruto yang tidak bisa digunakan atau dimiliki oleh semua orang. Jutsu ini diketahui hanya bisa digunakan oleh klan Otsutsuki saja. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa para manusia, khususnya para shinobi, berusaha untuk menirukan berbagai teknik atau kemampuan dahsyat dari Shinjutsu yang mereka hadirkan dalam berbagai jenis Jutsu yang ada

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.