Sebagai penggemar setia Marvel kita semua mungkin sepakat bahwa Iron Man adalah salah satu superhero paling keren di muka Bumi. Ada banyak alasan yang membuatnya layak untuk mendapatkan julukan tersebut, seperti karena dia mengenakan armor canggih, punya banyak senjata mematikan yang tersembunyi di tubuhnya, serta tentu saja karena alter egonya adalah karakter genius yang merasa dirinya paling keren di dunia yaitu Tony Stark. Namun tahukah kalian bahwa di multiverse Marvel sendiri ada varian Iron Man paling aneh bernama Limo Man yang lahir karena Tony Stark menjadi pengusaha mobil!

Varian Paling Beda dan Nyeleneh

Pertama sekaligus terakhir kalinya Limo Man diperkenalkan adalah di komik What If? #34
(1982) karya legenda Marvel Stan Lee, Robert Bernstein, dan Jack Kirby. Meskipun hanya muncul di satu halaman komik saja, itu pun sekitar empat puluh tahun yang lalu, tetapi sampai hari ini Limo Man adalah varian Iron Man paling beda sekaligus aneh yang pernah Marvel buat. Alasannya karena alih-alih mendirkan perusahaan yang berfokus pada industri senjata, Tony Stark yang eksis di Earth-82348 ini justru menjadikan Stark Industries sebagai perusahaan otomotif yang menciptakan banyak mobil.

Nama Limo Man sendiri sepertinya terinspirasi dari mobil panjang limousine yang pada masanya terbilang paling mewah. Selain namanya yang nyeleneh, penampilan Limo Man juga terbilang lucu karena armornya sama sekali tidak sekeren Iron Man di semesta utama. Dia lebih mirip seperti Transformers dengan telinga kaca spion, lengan dan kaki dari ban, serta bagian dada dari grille mobil. Yang lebih lucunya lagi pada bagian atas kepalanya terdapat emblem mobil yang sangat mencolok. Namun terlepas dari penampilannya, ketika dia membasmi kejahatan, musuhnya akan memanggilnya ‘The Invisible Limo Man’.

Punya Kekuatan Unik Sekaligus Lucu

Meskipun informasi mengenai karakternya sangat minim, tetapi dari penampilannya sebagai Limo Man di atas cukup jelas bahwa dia ditakuti oleh musuh-musuhnya. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa varian Iron Man paling aneh ini cukup kuat untuk mengalahkan para supervillain, setidaknya di semestanya. Di mana dia pasti mempunyai kekuatan fisik dan daya tahan tubuh super karena dibantu oleh armor canggih ciptaannya. Bisa kita bayangkan bagaimana sakitnya jika dipukul oleh Limo Man yang armornya terbuat dari spare part mobil, seperti bumper besi serta lengan dari velg dan ban yang keras.

Selain itu, Limo Man juga dibekali dengan keunggulan yang paling menonjol sekaligus unik dari penampilannya yaitu sepatu roda. Kemungkinan besar fungsi dan kekuatan dari sepatu roda Limo Man ini mirip seperti Jet-Powered Roller Skates yang diciptakan Iron Man di semesta utama. Pertama kali diperkenalkan di komik Tales of Suspense #40 (1963), Jet-Powered Roller Skates memungkinkan Iron Man untuk bergerak melesat di darat. Hal ini jugalah yang sepertinya membuat Limo Man dijuluki ‘The Invincible’ alias tidak terlihat, karena sepatu rodanya memungkinkan dia untuk bergerak lebih cepat dari mata normal.

Eksistensi Limo Man Sekarang

Sampai hari ini Limo Man tidak pernah lagi menampakan dirinya di Marvel Universe. Walaupun begitu bukan berarti varian Iron Man paling aneh ini tidak eksis lagi, karena sejatinya setiap kehidupan di multiverse Marvel punya kemungkinan yang tidak terbatas. Sehingga jika Marvel mau Limo Man bisa saja mereka munculkan kembali di kisah terbaru dengan maksud untuk kembali membuat penggemar mengingat bahwa tidak semua varian Iron Man keren. Selain di komik, suatu hari nanti dia juga bisa saja dihadirkan di serial animasi MCU What If…? yang lebih berfokus pada kejadian tidak biasa di multiverse.

Sebagai pengingat, serial What If…?¬†sendiri sudah dikonfirmasi oleh Marvel Studios akan memiliki season 2 dan season 3 pada masa mendatang. Jika saja Limo Man tampil di salah satu episodenya, mungkin kita akan mengetahui lebih banyak tentang origin, kemampuan, dan keunggulan Limo Man jika dibandingkan varian lainnya. Meskipun aneh, tetapi sepertinya akan ada banyak penggemar yang menyukainya karena dia lain daripada yang lain.

Sekian pembahasan tentang Limo Man yang dikenal sebagai varian Iron Man paling aneh di multiverse Marvel. Yang menarik dari Limo Man sendiri, selain penampilannya yang berbeda, originnya sebagai pengusaha mobil juga bisa dibilang sangat berlawanan dengan Iron Man di semesta utama. Dan tentunya dengan eksistensi Stark Industries yang lebih fokus membuat mobil, hal tersebut sudah pasti akan memengaruhi dunianya juga, termasuk para villainnya dan bahkan Avengers yang dia dirikan di semestanya. Jangan-jangan semua superhero di semestanya memang bertema mobil juga.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.