Dalam dunia DC, Justice League berperan layaknya lem yang merekatkan semua kisah tentang para superhero, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, dan seterusnya. Hal yang sama juga sempat terjadi di jagat sinema DCEU alias SnyderVerse, yang sayangnya tahun ini dipastikan akan berakhir dengan The Flash dan beberapa film lainnya. Walaupun begitu, antusiasme penggemar tampaknya masih cukup tinggi, apalagi baru-baru ini sebuah poster trilogi Justice League DCEU yang dibatalkan telah terungkap kepada publik.

Pada bulan April lalu sutradara Zack Snyder telah mengantongi izin dari Warner Bros untuk mengadakan acara SnyderCon yang banyak membahas karya-karyanya di DCEU. Beberapa misteri SnyderVerse yang terungkap dalam acara SnyderCon adalah bagaimana Joker versi Jared Leto menghabisi nyawa Robin serta apa saja hal menarik dari film Batman Ben Afflecck yang dibatalkan. Tidak berhenti sampai di situ saja, acara SnyderCon juga telah memperlihatkan sejumlah poster menarik, salah satunya yang sekarang baru saja terungkap yaitu poster untuk trilogi Justice League yang tidak jadi dilanjutkan di DCEU.

Poster bergaya noir ini dibagikan kepada publik oleh ilustrator Shujiahui Zhang melalui akun Twitter pribadinya berberapa waktu lalu. Dari sekian banyak sketsa yang dia ungkap, poster trilogi Justice League inilah yang menurutnya terbaik. Dalam poster ini terlihat Superman berada paling atas, seperti memisahkan diri dari anggota Justice League lainnya. Di sebelahnya terdapat sosok Darkseid yang sebelumnya sempat terlihat di film Zack Snyder’s Justice League yang tayang di HBO pada tahun 2021.

Komposisi poster ini seakan-akan ingin menegaskan peristiwa credit scene di film Zack Snyder’s Justice League yang disebut sebagai Knightmare. Credit scene yang dimaksudkan untuk menjadi jembatan antara film pertama dan dua sekuel Justice League tersebut, memperlihatkan Superman yang menjadi antek Darkseid. Hal ini lantas memaksa Batman Flash, serta sejumlah superhero dan supervillain lain untuk bekerja sama agar bisa mengalahkan duet mengerikan antara Superman dan Darkseid.

Poster trilogi Justice League yang filmnya dibatalkan ini kembali mengingatkan kita betapa ambisiusnya rencana SnyderVerse pada saat itu. Sampai-sampai menjadikan Superman sebagai salah satu antagonis yang harus dihadapi oleh para superhero dan supervillain sekaligus. Apakah poster baru ini akan kembali memicu hastag ‘RestoreSnyderVerse’ 2.0? Sepertinya kecil kemungkinan hal tersebut bisa terwujud, karena saat ini DC Studios sudah punya rencana yang lebih besar dengan reboot DC Universe pada masa mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.