Menjadi satu-satunya Doujutsu yang dimiliki oleh Uzumaki Boruto bagaimana kemudian anak dari Naruto tersebut mendapatkan Jougan? Boruto merupakan seorang shinobi muda yang penuh potensial. Meskipun usianya masih sangat kecil, namun dia sudah menunjukan bahwa dia bisa menjadi sosok yang hebat dan kuat pada masa yang akan datang. Hal ini dibuktikan dari penguasaan berbagai Jutsu.

Selain mampu menguasai beragam Jutsu, Boruto juga diperlihatkan mampu mengembangkan Jutsu tersebut. Meskipun begitu, Boruto diketahui memiliki kekuatan dahsyat lainnya selain penguasaan Jutsu yaitu Jougan. Namun, sampai sekarang Masashi Kishimoto masih belum memberikan kejelasan mengenai kemampuan Boruto itu. Juga yang jadi pertanyaan bagaimana Boruto bisa mendapatkan Jougan?

Doujutsu Milik Boruto

Jougan merupakan Doujutsu yang menarik sekaligus misterius dan merupakan Doujutsu baru yang diperkenalkan di semesta Naruto. Jougan sendiri merupakan Doujutsu yang hanya dimiliki oleh Uzumaki Boruto, sang protagonis utama seriesnya. Tidak ada karakter lain yang memiliki Doujutsu tersebut yang membuat Jougan jadi Doujutsu eksklusif milik Boruto. Dalam ceritanya diperlihatkan jika Jougan ada di bagian mata kanan Boruto.

Mengapa kemudian Doujutsu Jougan menjadi Doujutsu yang misterius? Hal ini dikarenakan kita masih belum tahu mengenai asal-usulnya. Meskipun begitu, ada kemungkinan juga bahwa Jougan merupakan Doujutsu yang dimiliki oleh klan Otsutsuki atau setidaknya memiliki keterkaitan dengan klan tersebut. Selain asal-usul Jougan, kekuatan dari Jougan pun belum dijelaskan secara sempurna.

Sejauh ini, baru sedikit kemampuan Jougan yang sudah diperlihatkan. Beberapa diantaranya adalah mampu melakukan teleportasi serta melihat titik lemah dari musuh. Yang menarik adalah Momoshiki Otsutsuki sempat mengatakan kepada Boruto jika “mata biru” miliknya akan membawa bencana besar di kemudian hari. Istilah “mata biru” tersebut mereferensikan pada Jougan Boruto.

Mengapa kemudian Jougan Boruto akan membawa petaka di kemudian hari? Mengapa banyak orang tersayang Boruto menderita akibat Boruto? Semuanya masih menjadi misteri. Kishimoto Sensei sendiri jarang menghadirkan informasi atau menghadirkan Doujutsu tersebut dalam cerita Boruto. Namun, kemungkinan Kishimoto sengaja menunggu waktu yang tepat untuk memperkenalkan Doujutsu tersebut.

Bagaimana Boruto Mendapatkan Jougan

Sebenarnya, dalam sebuah wawancara Kishimoto pernah menjelaskan mengapa Boruto bisa memiliki Jougan. Menurutnya, saat dia menghadirkan karakter Boruto dia lupa untuk menghadirkan mata putih yang sama seperti Hinata. Karena itulah, Kishimoto Sensei kemudian menghadirkan sebuah Doujutsu baru di mata kanan Boruto dan mata putih tersebut diberikan kepada karakter Himawari yang merupakan adiknya.

Terlepas dari jawaban Kishimoto itu, sampai sekarang masih belum ada informasi mengenai asal-usul Jougan. Banyak dari para fans yang mencoba untuk menghadirkan teori tentang bagaimana Boruto mendapatkan Jougan. Dari sekian banyak teori yang beredar di kalangan fans, terdapat dua teori yang mungkin bisa menjawab pertanyaan besar mengenai asal-usul Jougan.

Pertama, terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa Jougan merupakan Doujutsu yang “diberikan” oleh Toneri Otsutsuki. Dalam film The Last: Naruto the Movie, para fans diperkenalkan dengan salah satu anggota klan Otsutsuki lainnya yaitu Toneri. Toneri sendiri diketahui berencana untuk menghancurkan bumi beserta seluruh isinya. Namun, rencana tersebut sempat terhenti setelah Toneri jatuh cinta terhadap Hinata Hyuga dan Hanabi sehingga mereka kemudian diculik oleh Toneri.

Namun, rencana tersebut kemudian berhasil digagalkan oleh Naruto. Dalam filmnya, Toneri memberikan semacam mantra agar Hinata mau menuruti perintahnya. Banyak fans yang berspekulasi jika Toneri sengaja menanamkan atau memasukan semacam “parasit” di tubuh Hinata. Meskipun kemudian Naruto berhasil mengeluarkan hal tersebut, sebagian fans meyakini bahwa hal tersebut masih tersisa di tubuh Hinata.

Teori kedua menyebutkan jika Boruto memang mendapatkan Doujutsu Jougan sejak lahir. Hal ini berkat adanya percampuran dari chakra klan Otsutsuki lain. Seperti yang diketahui jika klan Uzumaki merupakan leturunan dari Asura Otsutsuki. Sedangkan, Hinata merupakan bagian dari klan Hyuga yang merupakan keturunan dari Hamura Otsutsuki.

Jika kemudian Jougan memang merupakan Doujutsu milik klan Otsutsuki, mungkin memang cukup masuk akal jika kemudian Boruto memilikinya karena adanya percampuran chakra dari para leluhur Otsutsuki. Meskipun begitu, tentunya kita masih perlu penjelasan lebih lanjut dari Kishimoto terkait hal ini. Dan dengan manganya yang akan mulai memasuki timeskip mudah-mudahan saja Kishimoto akan segera menjelaskan lebih lengkap tentang Doujutsu tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.