Dari sekian banyak kaiju yang eksis di berbagai cerita fiktif, bisa dibilang Godzilla merupakan kaiju yang paling terkenal di seluruh dunia. Saat ini setidaknya ada dua studio besar yang memegang hak properti Godzilla, yaitu Toho dari Jepang yang sejak awal memang menciptakan Godzilla, dan Legendary dengan jagat sinema MonsterVerse di Hollywood. Meskipun tidak saling terhubung, keduanya tengah mengembangkan sejumlah film dan serial Godzilla yang dijadwalkan untuk tayang pada masa mendatang. Apa saja tayangan yang dimaksud? Simak daftar lengkapnya di bawah ini, Geeks!

TOHO Godzilla (2023)

Tayangan Godzilla pertama yang dijadwalkan untuk segara tayang di seluruh dunia adalah film Godzilla dari Toho yang saat ini masih belum mempunyai judul resmi. Walaupun begitu perlu kita catat bahwa saat ini Toho sebenarnya sudah mengerjakan proyeknya dengan judul kerja ‘Godzilla Blockbuster Movie’ yang artinya film ini akan mempunyai skala yang besar seperti Shin Godzilla (2016).

Film yang digarap dan ditulis langsung oleh Takashi Yamazaki ini akan bercerita tentang kemunculan kaiju pasca perang Jepang antara tahun 1945 dan 1947. Terlepas dari informasinya yang masih minim, film Godzilla versi Jepang ini sudah dipastikan untuk tayang pada tanggal 3 November 2023 mendatang. Tidak sedikit penggemar yang berspekulasi bahwa film kaiju teranyar dari Toho ini akan kembali menggambarkan betapa mengerikannya efek radiasi dari bom atom Hiroshima dan Nagasaki.

Sekuel Godzilla vs Kong (2024)

Dari Toho sekarang kita beralih ke Legendary dengan jagat sinema MonsterVerse-nya. Di mana sejak tahun 2022 lalu telah terungkap bahwa diam-diam studio telah menggarap sekuel untuk film Godzilla vs. Kong (2021). Film yang kembali disutradarai oleh Adam Wingard ini sebenarnya telah memulai proses syutingnya sejak bulan Juli 2022 di Queensland, Australia dan selesai pada November 2022. Jadi bisa disimpulkan sekarang filmnya sudah memasuki tahap pra produksi dan siap untuk dipromosikan.

Berdasarkan sinopsis resminya film epik mendatang ini akan kembai berfokus pada Kong dan Godzilla yang kali ini harus menghadapi musuh misterius baru yang telah bersembunyi sejak lama di Bumi. Selain mengeksplorasi lebih jauh sejarah para Titan, asal-usul mereka dan misteri Skull Island juga akan diungkap melalui pertempurannya. Film yang sementara ini disebut Godzilla vs. Kong 2 ini dijadwalkan untuk tayang pada 15 Maret 2024.

Skull Island (TBA)

Pertama kali diumumkan pada tahun 2021, Skull Island adalah serial animasi yang akan bercerita tentang perjuangan para karakter manusia di pulau asal Kong. Di mana semuanya bermula setelah kapal laut yang mereka tumpangi karam di dekat Skull Island, sehingga mau tidak mau mereka harus bertahan dari ancaman makhluk purba yang ada di dalamnya.

Meskipun belum dijelaskan apakah serial ini akan mempunyai hubungan dengan kaiju seperti Kong, tetapi karena yang menggarapnya adalah Legendary Television bersama Netflix Animation, bukan tidak mungkin nantinya kita akan melihat banyak koneksi dengan jagat sinema MonsterVerse. Saat ini masih belum diketahui kapan serial animasinya akan dirilis di Netflix, yang jelas Brian Duffield dan Jacob Robinson sudah ditunjuk untuk menjadi showrunnernya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Godzilla and the Titans (TBA)

Tidak lama setelah film Godzilla vs. Kong sukses di seluruh dunia, Legendary mulai mencoba mengajukan proposal serial live action terkait MonsterVerse mendatang yang akhirnya disepakati oleh saluran streaming Apple TV+. Sejak saat itulah, tepatnya pertengahan tahun 2022, Legendary mulai mengumumkan bahwa serial yang berjudul Godzilla and the Titans resmi digarap dengan jajaran pemeran seperti Anna Sawai, Ren Watabe, Kurt Russell, dan anaknya Wyatt Russell.

Sutradara Matt Shakman telah ditunjuk untuk menggarap dua episode perdananya sekaligus bertindak sebagai produser ekesekutif dari serialnya. Ceritanya sendiri akan berlangsung tidak lama setelah kemunculan pertama Godzilla yang meluluh-lantahkan San Fransisco, di mana sebah keluarga mencoba melakukan petualangan hanya untuk mengetahui bahwa leluhurnya adalah bagian dari organisasi rahasia Monarch. Meskipun jadwal rilisnya belum terungkap, tetapi banyak penggemar yang berharap serialnya bisa tayang pada akhir tahun ini.

Itulah 4 film dan serial Godzilla mendatang yang cepat atau lambat akan segera bisa kita saksikan di layar lebar atau saluran streaming. Mengingat kesepakatan Toho dan Legendary yang menghadirkan waralabanya secara terpisah, hal ini justru bisa menjadi hal baik untuk kita semua sebagai penggemar Godzilla. Karena itu artinya kita bisa melihat dua sudut pandang yang berbeda, apalagi Toho sendiri terkenal sering memberikan tayangan yang menggambarkan betapa jahat dan mengerikannya Godzilla. Dari semua film dan serial Godzilla ini kira-kira mana yang paling kalian antisipasi, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.