Ternyata senjata terkuat yang dimiliki oleh Usopp bukanlah palu melainkan senjata yang selalu dia gunakan untuk menghadapi musuh. Dari semua kru bajak laut Topi Jerami dalam cerita One Piece sosok Usopp dikenal sebagai karakter yang penuh dengan kekonyolan. Dia juga merupakan salah satu dari tiga kru penakut selain Nami dan juga Chopper. Meskipun Usopp adalah kru yang paling penakut, namun ada keberanian dan juga kekuatan besar yang tersimpan dalam dirinya.

Usopp juga dikenal sebagai seorang penembak jitu yang handal. Keahlian tersebut merupakan warisan dari sang ayah, Yasopp. Usopp juga sering diperlihatkan menggunakan palu untuk mengalahkan musuhnya. Namun, apakah palu merupakan senjata terkuat Usopp? Apa kemudian senjata terbaiknya?

Seluruh Palu Usopp

Seperti yang disebutkan di atas jika Usopp adalah seorang penembak jitu yang handal. Dia lebih sering menggunakan senjata yang efektif dari jarak yang jauh. Namun, Usopp juga memiliki beragam senjata yang biasa dia gunakan untuk mengalahkan musuh-musuhya. Salah satunya adalah palu. Dalam beberapa kesempatan diperlihatkan Usopp menggunakan palu untuk mengalahkan musuh.

Contohnya, di arc Thriller Bark Usopp menggunakan palu untuk bisa mengalahkan Perona dan membuat dia pingsan.Sampai sejauh ini, total ada empat palu yang dimiliki oleh Usopp. Pertama adalah Usopp Hammer. Ini adalah senjata yang diciptakan oleh Usopp yang pada dasarnya adalah palu biasa. Palu ini pernah digunakan juga untuk memperbaiki Going Merry.

Usopp pernah menggunakan palu ini beberapa kali, misalnya saat menghadapi para agen Baroque Works. Palu yang kedua adalah Usopp Pound. Ini adalah senjata bikinan Usopp yang mana palu ini merupakan salah satu “strategi” dari Usopp. Dia membuat tulisan berat di palu tersebut yaitu “5 ton” yang mana jelas itu adalah kebohongan. Usopp menggunakan palu ini saat berhadapan dengan Mr.4 dan Miss Merry Christmas.

Sebenarnya, palu ini terbuat dati dua panci atau teflon yang digabung dengan sebuah tongkat panjang. Dan di ujungnya ditutupi oleh warna hitam dengan tulisan “5 Ton”yang mana sebenarnya berat dari senjata tersebut kemungkinan hanya dua kilogram. Palu yang dimiliki Usopp selanjutnya adalah Usopp Golden Pound. Lagi-lagi, sebenarnya ini bukanlah palu asli.

Usopp Golden PoundĀ  sebenarnya adalah balon yang berbentuk palu dengan tulisan “10 Ton” di atasnya. Selain menipu musuhnya, palu ini juga sengaja dibuat untuk menakuti musuhnya. Dan bukti dari kehebatan palu ini bisa dilihat bagaimana Perona kemudian tidak sadarkan diri karena menganggap Usopp benar-benar menghantam kepalanya dengan palu seberat 10 ton.

Palu Usopp yang terakhir adalah Uso 100-Ton Hammer. Palu ini pertama kali diperlihatkan di film One Piece Film: Z. Seperti halnya Usopp Golden Pound, Uso 100-Ton Hammer ini sebenarnya bukan benar-benar palu melainkan sebuah mainan atau balon. Tujuannya tidak lain untuk membuat musuh ketakutan. Dan Usopp sendiri menggunakan palu ini saat berhadapan dengan Trebol dan Sugar di arc Dressrosa. Bahkan, berkat Usopp inilah semua korban Sugar bisa kembali seperti semula.

Senjata Terkuat Usopp

Jika palu bukan senjata terkuat yang digunakanĀ  Usopp, lalu apa senjata terkuat tersebut? Jawabannya tidak lain adalah ketapel yang selalu Usopp gunakan di hampir setiap pertempuran dan situasi. Dalam ceritanya, Usopp awalnya memang hanya menggunakan ketapel biasa. Namun, dia kemudian mulai mengembangkan senjatanya tersebut yang mana menghasilkan berbagai variasi ketapel.

Sejauh ini, senjata terkuat Usopp dan ketapel terkuat yang dibuat oleh Usopp adalah Kabuto dan Kuro Kabuto. Kabuto sendiri adalah ketapel yang digunakan oleh Usopp ketika dia menyamar menjadi Sogerking di arc Enies Lobby. Dia pun kemudian terus menggunakan ketapel Kabuto tersebut sampai momen timeskip terjadi. Kabuto memiliki pegangan yang panjang yang mampu meningkatkan stabilitas tembakannya.

Bagian fork atau bagian atas ketapelnya memiliki bentuk lingkaran dengan lima tali yang terikat untuk melemparkan pelurunya. Pasca timeskip, Usopp kemudian melakukan modifikasi terhadap Kabuto miliknya yang mana dikenal sebagai Kuro Kabuto. Usopp mengembangkan kabuto miliknya itu selama dua tahun. Nama Kuro Kabuto sendiri baru Usopp perkenalkan saat kru Topi Jerami berhadapan dengan para penjaga di istana Ryugu.

Secara desain dan fungsional, Kuro Kabuto tidak terlalu berbeda dari Kabuto. Hanya saja ukuran dari Kuro Kabuto memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Dan warnanya sendiri kemudian berubah menjadi hitam. Dan biasanya, Usopp menggunakan Kuro Kabuto dengan menggunakan Pop Green yang dia kembangkan sendiri setelah mempelajarinya dari Heracles.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.