Sosok Buggy si badut bisa menjadi saingan beratbagi Monkey D Luffy untuk memperebutkan harta karun One Piece. Hal ini diketahui setelah Buggy juga ternyata memiliki hasrat atau keinginan besar untuk bisa mendapatkan One Piece. Buggy saat ini adalah salah satu Yonko di lautan dalam cerita One Piece selain juga Luffy, Shanks, dan Blackbeard.

Meskipun begitu, sebenarnya kekuatan dari Buggy sendiri tidaklah terlalu kuat. Level kekuatan Buggy bahkan sebenarnya di bawah para Yonko yang lain. Namun, Buggy memiliki banyak kekuatan dan juga sekutu yang tidak kalah kuat. Inilah yang kemudian menjadi salah satu kekuatan besar dari Buggy dan jadi alasan mengapa kemudian Buggy jadi pesaing kuat dari Luffy untuk mendapatkan One Piece.

Bukan Sekedar Karakter Konyol

Sejak pertama kali diperkenalkan di Orange Town Eiichiro Oda seringkali menghadirkan karakter Buggy sebagai karakter komedi dalam cerita One Piece. Dia selalu bertingkah konyol, sering berperilaku aneh, dan sering menghadirkan berbagai lelucon. Buggy pertama kali diperkenalkan sebagai villain atau musuh bagi Luffy.

Bahkan, dalam ceritanya Buggy sempat hampir menghabisi nyawa Luffy. Tetapi, pasca alur cerita di Loguetown sosok Buggy justru berubah menjadi karakter yang kocak dan diperlihatkan sebagai karakter anti-hero. Banyak orang yang salah sangka dengan kekuatan dan reputasi Buggy yang mana hal tersebut membuatnya berada di posisinya saat ini.

Yang menarik adalah dengan sifat konyolnya tersebut banyak orang yang meremehkan sosok Buggy. Tetapi, jika diperhatikan ada kemiripan antara Buggy dan Luffy. Keduanya sama-sama mampu untuk menarik simpati orang-orang untuk kemudian mau bertarung dan setia kepada mereka. Bedanya, jika Luffy berhasil menarik orang-orang baik maka Buggy berhasil menarik perhatian para penjahat.

Dalam chapter sebelumnya kita kemudian melihat bagaimana sebenarnya Buggy memiliki mimpi besar untuk menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece. Tetapi, saat itu Buggy menyadari bahwa kekuatannya tidak cukup untuk berburu harta karun One Piece apalagi jika harus bersaing melawan Shanks. Sekarang, Buggy yakin bahwa dia bisa bersaing dengan para Yonko lain.

Kekuatan Baru Buggy

Meskipun Buggy menganggap jika dirinya mampu untuk bersaing dengan para Yonko lain, namun faktanya Buggy adalah sosok yang lemah. Level kekuatan Buggy ada di bawah para Yonko. Jika kemudian dia bertarung menghadapi para Yonko lain bisa dipastikan Buggy akan kalah telak. Namun, sekarang Buggy memiliki kekuatan baru.

Dia memiliki kelompok Cross Guild di mana isinya adalah para karakter yang memang dikenal sangat kuat. Contohnya adalah ada sosok Crocodile yang merupakan mantan Shichibukai dan juga salah satu karakter terkuat. Kemudian ada juga sosok Dracule Mihawk yang saat ini memegang titel sebagai ahli pedang terkuat di dunia.

Dengan adanya kedua karakter kuat tersebut Buggy bisa meraih mimpi besarnya untuk mendapatkan One Piece dan jadi saingan kuat Luffy. Sebenarnya, mereka memang tidak mau melakukan hal yang diinginkan oleh Buggy tetapi seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya sejauh ini Buggy selalu bisa untuk “menggerakan” para karakter tersebut secara tidak disengaja.

Di sisi lain, bukan hanya kekuatan dari Crocodile dan juga Mihawk yang memperbesar kesempatan Buggy untuk bisa menemukan One Piece melainkan status dari kedua karakter tersebut. Dengan kombinasi dari ketiga karakter itu rasanya pihak World Government – dan juga pihak lain – akan semakin waspada dan membuka mata mereka terhadap kelompok tersebut.

Jadi, dengan status Buggy saat ini dan juga para sekutunya membuat dia bisa jadi saingan berat Luffy untuk menemukan One Piece. Buggy dan kelompoknya pun bisa jadi ancaman besar bagi para kelompok Yonko lain. Kita nantikan saja ya Geeks aksi luar biasa dari Buggy dan kelompok Cross Guild pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.