Robert Downey Jr, atau yang lebih dikenal penggemarnya sebagai RDJ, adalah salah satu aktor Hollywood yang namanya makin populer setelah menjadi bintang MCU. Di mana dia berperan sebagai Tony Stark alias Iron Man terhitung sejak tahun 2008 sampai akhirnya pensiun pada tahun 2020 pasca membintangi film Avengers: Endgame. Terlepas dari popularitasnya sebagai Iron Man, ternyata baru-baru ini Marvel mengonfirmasi bahwa RDJ juga sempat ditunjuk untuk memerankan supervillain Doctor Doom.

Meskipun saat ini belum muncul di MCU, di Marvel Comics sendiri Doctor Doom sangat dikenal sebagai salah satu villain paling berbahaya. Sebagai seorang ilmuwan yang cerdas dan memahami berbagai ilmu robotika, Doctor Doom adalah salah satu villain yang mampu menciptakan senjata dan pasukannya sendiri. Hal inilah yang membuat kecerdasannya mampu bersaing dengan Tony Stark dan Reed Richards alias Mister Fantastic. Di sisi lain dia juga mempelajari ilmu sihir dan pernah bersaing dengan Doctor Strange untuk memperebutkan jabatan Sorcerer Supreme.

Dengan semua keunggulannya Doctor Doom tersebut, ternyata Marvel pernah mempunyai pandangan bahwa RDJ mampu memerankan versi live action-nya. Hal ini baru saja diakui langsung oleh Presiden Marvel Studios Kevin Feige dan sutradara Iron Man Jon Favreau, melalui sebuah video Marvel Entertainment yang dimaksudkan untuk merayakan hari jadi ke-15 Iron Man versi MCU. Dalam percakapan mereka, Favreau mengungkapkan bahwa dia masih ingat ketika Marvel memanggil RDJ untuk memerankan Doctor Doom.

“Saya ingat Kevin telah melakukan pertemuan lebih dahulu dengan Robert untuk peran Doctor Doom atau proyek semacamnya. Saya ingat duduk dengannya (RDJ) dan saya berpikir ‘ya ampun dia punya percikan di dalam dirinya, dan dia tampak sangat siap’. Saat itu kami berada diruangan [Kevin Feige] dan kami menunjuknya sambil mengatakan bahwa kami harus mencoba mencari tahu [apa yang bisa dilakukannya],” ungkap Favreau mengenang kejadian masa lampaunya bersama RDJ dan Kevin Feige.

Mendengar pernyataan ini sepertinya akan sangat menarik jika suatu hari nanti RDJ bisa kembali ke MCU, bukan sebagai Iron Man melainkan sebagai varian Doctor Doom yang berasal dari semesta alternatif. Bagaimana menudur kalian, Geeks? Film crossover mendatang seperti Avengers: The Kang Dynasty atau Secret Wars bisa menjadi jalan baginya untuk comeback sebagai karakter lain yang tidak kalah hebat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.