Kabar gembira buat Geeks penggemar franchise Metal Gear Solid, karena game Metal Gear Solid 3: Snake Eater remake akhirnya resmi diumumkan oleh Konami. Game Metal Gear Solid 3: Snake Eater sendiri pertama kali dirilis pada 2004 silam untuk konsol PlayStation 2. Banyak fans yang menganggap jika gamenya adalah mahakarya terbaik dari sosok Hideo Kojima selama menangani franchise tersebut. Setelah sekian lama, akhirnya game ini akan mendapatkan versi remakenya.

Rumor mengenai akan dibuatnya Metal Gear Solid 3: Snake Eater remake sebenarnya sudah sejak lama muncul di kalangan fans. Bahkan, berbagai bocoran terkait gamenya pun sempat juga beredar. Rumor tentang game tersebut akhirnya terkonfirmasi dalam acara PlayStation Showcase 2023 kemarin. Menurut informasinya, game ini tidak hanya eksklusif untuk PlayStation 5. Gamenya juga akan bisa dimainkan di berbagai platform lain seperti Xbox dan PC.

Yang menarik adalah menurut press release yang dihadirkan oleh Konami, Metal Gear Solid 3: Snake Eater merupakan salah satu game yang akan dibuat versi remakenya. Konami juga akan membuat versi remake dari dua game lain yaitu Metal Gear Solid dan Metal Gear Solid 2: Son of Liberty. Ketiga game itu akan masuk sebagai bagian dari sebuah koleksi yang bernama Metal Gear Solid Master Collection: Volume 1. Jika MGS3 bisa dimainkan multiplatform, maka untuk Master Collection tersebut hanya bisa dimainkan di PlayStation 5.

Dalam situs resmi gamenya, pihak Konami menyatakan jika timnya sudah bekerja keras untuk membuat game tersebut menjadi sebuah penceritaanulang dengan pengembangan gameplaynya melalui visual yang memanjakan mata serta user experience yang tidak terbatas. Mereka juga menyebutkan bahwa Metal Gear Solid Master Collection bukan hanya sebagai bentuk perayaan 35 tahun gamenya. Game tersebut akan memberikan pengalaman bermain yang sama ketika game tersebut dirilis.

Kabar tentang game Metal Gear Solid 3 remake sendiri sudah mulai santer sejak Februari kemarin. Rumor kemudian muncul jika Konami akan mengumumkan gamenya  dalam acara E3 2023. Namun, karena acaranya dibatalkan rumor lainnya menyebutkan jika Konami akan memperkenalkan gamenya dalam PlayStation Showcase yang mana kemudian hal tersebut benar terbukti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.