Meskipun sosok The Flash dikenal sebagai karakter tercepat karena kemampuan berlari yang sangat luar biasa, dia memiliki beberapa kekuatan yang jarang diketahui. Rasanya semua Geeks tahu jika The Flash bisa berlari sangat cepat. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa nama pahlawan dari karakter tersebut adalah The Flash. Namun, yang tidak banyak orang ketahui adalah berlari bukan hanya kemampuan yang dia miliki.

Berkat koneksinya dengan Speed Force, The Flash memiliki banyak kemampuan selain hanya sekedar berlari cepat. Inilah yang kemudian membuat The Flash jadi salah satu karakter menarik dan juga berbahaya di universe DC Comics. Lalu, apa saja kemampuan lain dari The Flash yang jarang diketahui? Beirikut adalah pembahasannya.

Kemampuan Manusia Super

Kemampuan The Flash yang berkaitan dengan Speed Force bukan hanya membuat dia bisa berlari sangat cepat, namun ada juga hal menarik yang berefek pada tubuhnya. Speed Force memberikan The Flash kemampuan luar biasa seperti daya tahan yang di atas rata-rata, metabolisme yang diolah dengan sangat cepat, dan bahkan rposes penuaan yang cenderung melambat.

Kecepatan reaksi dan kekuatan fisiknya pun nyatanya berpengaruh besar akibat dari Speed Force tersebut. Salah satu contoh dari hal tersebut adalah teknik yang disebut sebagai ‘Infinite Mass Punch.’ Ini adalah sebuah pukulan yang paling kuat yang pernah ada. Pada dasarnya, kekuatan pukulan ini sama ketika seseorang terkena sesuatu yang kekuatannya bahkan melebihi meteor.

Menembus Benda

Dikenal juga dengan sebutan quantum tunneling kemampuan ini membuat The Flash mampu bergetar dalam kecepatan tinggi dengan intensitas yang juga tinggi. Efeknya adalah the Flash akan mampu untuk menembus benda padat, misalnya tembok. Dalam cerita The Flash #3, dia bahkan menggunakan kemampuan ini untuk menembus sebuah pesawat melalui sebuah jembatan demi menghindari kecelakaan hebat.

Namun, ada sisi buruk dari kemampuan ini. Semakin besar benda atau objek yang dilewati, maka akan semakin besar tenaga yang dibutuhkan yang membuat The Flash mudah lelah. Kemampuan epik ini jarang bisa dilihat dengan mata telanjang, karena The Flash benar-benar bergetar dalam frekuensi dan intensitas tinggi. The Flash juga perlu berhati-hati ketika hendak menembus sebuah benda, karena jika salah perhitungan maka benda itu akan meledak.

Berbicara Cepat

Salah satu kemampuan The Flash yang jarang diketahui lainnya adalah berbicara cepat atau Speed Speak. Rasanya, di hampir semua adaptasi live-action The Flash jarang kemampuan ini diperlihatkan. Dengan kemampuan Speed Force sosok Flash mampu untuk berbicara dengan kecepatan yang sangat tinggi. Saking cepatnya dia berbicara, orang-orang akan menganggap jika dia berbicara hal yang tidak masuk akal atau aneh.

Hanya mereka yang memiliki kemampuan super lainnya yang mampu memahami atau mendengar apa yang diucapkan oleh The Flash. Dalam cerita komiknya, biasanya kemampuan ini akan muncul ketika Flash excited atau gembira akan sesuatu. Tentunya akan menarik jika kemampuan ini dimunculkan dalam adaptasi live-action.

Memberikan Kekuatan Kepada Orang Lain

Ketika berbicara membagikan atau meminjamkan kekuatan kepada orang lain, mungkin kita akan teringat pada sosok Shazam yang bisa membagikan kekuatan sihirnya kepada keluarganya. Namun, nyatanya, bukan hanya Shazam yang bisa melakukannya melainkan juga The  Flash. Diketahui jika Flash mampu untuk meminjamkan atau meminjam kekuatan atau kecepatan orang lain.

Tujuannya adalah untuk semakin meningkatkan kekuatannya. Cara dia melakukan hal tersebut adalah dengan menyerang energi kinetik yang tersimpan dan kemudian memindahkannya kepada tubuhnya. Kekuatan ini biasanya kan dilakukan ketika the Flash harus berhadapan dengan musuhnya yang juga memiliki kecepatan. Ketika kemudian kekuatannya dipinjamkan kepada yang lain maka, sosok tersebut juga akan berubah menjadi The Flash untuk sementara.

Membuat Kloning

The Flash bisa menciptakan duplikat dari dirinya sendiri dengan cara masuk dan keluar dari aliran waktu. Dengan begitu, The Flash akan menciptakan versinya yang berasal dari satu detik lebih mudah atau lebih tua. Namun, yang menarik adalah kloning tersebut tidak atau bukan benar-benar kloning. Itu adalah momen dari the Flash yang dipotong dari waktu. Namun, tidak semua The Flash mampu melakukannya.

Speed Force Aura

Dalam keadaan normal, bergerak dalam kecepatan cahaya tanpa adanya bantuan dari perlindungan tentunya akan sangat berbahaya.Namun, salah satu kekuatan dahsyat dari The Flash yang jarang orang ketahui adalah dia memiliki Speed Force Aura. Ini adalah semacam kekuatan pelindung yang tercipta ketika The Flash dalam kecepatan penuh. Aura tersebut melindunginya dari gesekan udara atau berbagai benda apa pun ketika dia bergerak dalam kecepatan tinggi.

Selain bisa melindungi The Flash, Speed Force Aura juga nyatanya bisa berpengaruh terhadap benda atau orang yang dia bawa. Dengan demikian, mereka pun akan juga terlindungi dari kekuatan tersebut. Speed Force Aura juga mampu menahan benturan sehingga ketika The Flash membentur atau menabrak sesuatu, impak dari hal tersebut tidak akan merenggut nyawanya.

Tahan Terhadap Telepati

Dengan kekuatan Speed Force yang dia miliki rasanya tidak mengherankan jika aktivitas otaknya pun bergerak dengan sangat cepat. Dengan kecepatan yang sangat tinggi, otaknya mampu memproses tentang apa yang terjadi dengan tubuh tersebut. Dengan proses yang sangat cepat tersebut membuat The Flash terhindar atau tahan terhadap serangan telepati atau yang menguasai pikirannya.

Meskipun beberapa karakter villain memang tidak mampu untuk mengendalikan The Flash, namun hsl ini tidak berlaku jika sosok karakter yang dihadapinya jauh lebih kuat. Misalnya, Martian Manhunter yang bukan hanya bisa mengendalikan pikiran seseorang namun masuk dan mengambil pikiran atau ingatan tersebut. Kekuatan ini juga tidak melindungi Flash dari serangan Psychic blast.

Terbang

Dari semua kekuatan The Flash yang jarang diketahui orang, mungkin ini adalah kekuatan yang sama sekali tidak terduga. Ternyata, selain berlari The Flash juga bisa membuat dirinya terbang. Tetapi, yang menjadi catatan adalah The Flash tidak terbang dalam cara yang sama seperti Superman atau karakter lainnya yang bisa terbang. Dia tetap memanfaatkan kecepatan untuk melakukan hal tersebut.

Ada beberapa cara yang membuat The Flash bisa terbang atau nampak seperti terbang. Misalnya dengan melompat tinggi atau berlari dengan sangat cepat. Contoh dari hal ini adalah bagaimana Kid Flash berlari dengan luar biasa kencang yang mana membuat dia nampak melayang di udara. Tidak ada gesekan udara dan daratan dengan Kid Flash yang membuat dia akhirnya bisa melayang.

The Flash adalah salah satu karakter menarik berkat kekuatan yang dia miliki yang berkaitan dengan kecepatan tinggi. Namun, tanpa banyak orang ketahui sebenarnya The Flash juga memiliki beberapa kekuatan lainnya. Dan di atas adalah contoh dari berbagai kekuatan The Flash yang jarang orang ketahui. Tentunya, akan sangat menarik jika kekuatan tersebut diadaptasi dalam versi live-action.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.