One Punch Man adalah salah satu judul manga dan anime yang terbilang sangat populer di seluruh dunia. Rilis perdana tahun 2009, kisah Saitama yang bisa menghancurkan apa pun dengan sekali pukul ini pertama kali diciptakan oleh ONE. Versi remake-nya kemudian mulai dikerjakan oleh mangaka Yusuke Murata terhitung sejak 2012 sampai sekarang. Nah baru-baru ini Yusuke Murata selaku creator remake One Punch Man dilaporkan telah jatuh sakit, hal ini berpotensi membuat manganya hiatus untuk waktu yang cukup lama.

Mirisnya berita tentang kesehatan mangaka yang sering menurun ini bisa dibilang cukup lumrah terjadi di industri manga dan anime Jepang. Menurut data terbaru, sebagian besar mangaka sering mengalami cedera yang disebut Repetitive Strain Injury alias peregangan tulang dan otot. Hal ini disebabkan karena banyak dari mereka yang harus terus menggambar karena deadline yang sangat padat. Itulah mengapa pada akhirnya banyak mangaka yang akhirnya hiatus demi memulihkan kesehatan mereka, terlebih lagi banyak juga di antara mereka yang tidak sempat menghabiskan waktu dengan keluarganya.

Dilansir dari Anime Senpai, Yusuke Murata menyampaikan sendiri berita tentang penurunan kesehatannya yang akhirnya memaksa dia untuk mengambil istirahat panjang. “Semakin sulit setiap bulannya untuk mengatur waktu antara keluarga, pekerjaan, dan diri saya sendiri. Ketika saya mulai mengerjakan serial anime baru, kesehatan saya mulai menurun, dan saya telah berpikir untuk mengambil istirahat untuk waktu yang lama, dan dalam waktu dekat ini mungkin saya akan pergi berlibur,” ungkap Murata di Twitter Space.

Pencipta One Punch Man sendiri, yaitu ONE, sebenarnya pernah melakukan hiatus untuk waktu yang cukup lama juga, terhitung sejak tahun 2021 sampai akhirnya aktif kembali baru-baru ini. Pada satu ini banyak penggemar yang mengira bahwa manga One Punch Man berakhir dengan cerita yang mengantung karena penulis aslinya menghilang selama kurang lebih dua tahun. Namun pada awal tahun 2023 ini dia kembali mengejutkan penggemar dengan cerita baru Saitama dan kawan-kawan.

Untuk sekarang masih belum diketahui akan berapa lama Yusuke Murata beristirahat. Hal ini membuat manga One Punch Man versinya terancam hiatus sampai waktu yang masih belum ditentukan. Sekarang manganya sendiri baru akan merilis Chapter 183. Semoga saja hiatus mangaka Yusuke Murata ini tidak berlangsung terlalu lama dan yang terpenting kesehatannya bisa segera kembali pulih seperti sediakala.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.