Ternyata ada alasan mengapa kemudian Batman selama ini tidak pernah mau pelajari tentang ilmu sihir. Sosok Batman dikenal sebagai salah satu superhero yang memiliki banyak kemampuan. Dia mampu menciptakan sesuatu, dia menguasai banyak jurus ilmu bela diri, dan dia juga bahkan memiliki kecerdasan yang luar biasa. Bisa dibilang hampir tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan oleh Batman.

Berbagai kemampuan luar biasa dari Batman tersebut jadi alasan mengapa dia sangat dihormati oleh seluruh anggota Justice League. Para pahlawan tersebut tidak pernah ragu dengan kemampuan dan kekuatan dari Batman. Meskipun begitu, ternyata ada satu kelemahan Batman yaitu dia tidak mampu menggunakan ilmu sihir. Dan ada alasan mengapa kemudian Batman tidak mau pelajari ilmu sihir.

Ilmu Sihir Di DC Comics

Ilmu sihir adalah sebuah kekuatan supranatural yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal-hal fantastis dan juga epik. Contohnya adalah mengangkat benda, merubah bentuk seseorang, dan yang paling epik adalah ketika ilmu sihir digunakan untuk pindah ke dimensi yang lain. Untuk bisa menguasai ilmu sihir tersebut, seseorang butuh kemampuan khusus atau tindakan khusus.

Contohnya adalah berlatih atau mewarisi kemampuan tersebut dari seseorang atau benda. Seperti halnya kekuatan atau kemampuan lain, ilmu sihir juga bisa digunakan untuk berbagai hal yang baik ataupun yang jahat. Tidak jarang para pahlawan yang memiliki kekuatan sihir dianggap sebagai sosok yang menakutkan.

Dalam cerita komik DC ilmu sihir biasanya dianggap sebagai kemampuan yang terpisah atau berbeda dari kemampuan ilmiah lainnya. Ilmu sihir juga biasanya tidak ada kaitanya dengan hal supranatural atau hal-hal spiritual lainnya. Di DC Comics ilmu sihir biasanya dikaitkan dengan berbagai berbagai kekuatan atau force, yang mana seringkali ilmu sihir ini disebut sebagai lifeforce atau bisa juga hanya disebut sebagai ilmu sihir.

Meskipun DC Comics sudah sering merubah kontinuitas mereka, namun mayoritas cerita memperlihatkan bahwa untuk bisa memiliki atau menguasai ilmu sihir biasanya memiliki koneksi atau kaitan dengan hal biologis dan genetik dibandingkan dengan kemampuan lainnya seperti berlatih. Inilah alasan beberapa karakter pahlawan DC yang memiliki kekuatan sihir sangat bergantung kepada artefak atau kekuatan sihir mereka.

Contohnya adalah Doctor Fate yang bergantung kepada Helmet of Fate. Beberapa karakter juga sudah memiliki kekuatan sihir sejak mereka lahir karena orang tua mereka memiliki kekuatan sihir yang dahsyat. Contohnya adalah Raven yang mendapatkan kekuatannya dari sang ayah yaitu Trigan. Ada juga Zatanna yang memiliki kemampuan sihir dari warisan ayahnya yaitu Zatara.

Alasan Batman Tidak Mau Pelajari Sihir

Batman adalah salah satu karakter pahlawan yang biasanya bersikap rasional. Sangat jarang diperlihatkan bagaimana Batman menggunakan kekuatan sihir untuk menghadapi musuh-musuhnya. Biasanya Batman lebih mengandalkan kekuatan fisik yang dimiliki dan juga berbagai peralatan canggih yang sudah dipersiapkan. Meskipun begitu ada alasan mengapa kemudian Batman tidak mau pelajari ilmu sihir.

Fakta ini terungkap dalam komik Batman: The Knight yang rilis pada 2022. Batman mengungkapkan tiga alasan utama mengapa dia tidak pernah mau pelajari ilmu sihir. Pertama, Batman tidak bisa menggunakan segel tangan atau hand sign. Dalam percakapannya dengan Zatanna Bruce Wayne mengaku jika dia masih belum mampu atau masih belum leluasa untuk menciptakan berbagai segel tangan tersebut.

Biasanya dalam ilmu sihir di cerita komik pengguna kekuatan tersebut harus menggunakan segel tangan untuk bisa menggunakan kekuatannya sihirnya. Karena itulah, Batman tidak mau pelajari ilmu sihir karena kemampuan untuk menggunakan segel tangannya tidak maksimal atau dia tidak bisa membentuk segel tangannya dengan baik. Alasan kedua adalah Batman tidak senang dengan peraturan yang ada.

Di komik tersebut juga dijelaskan bahwa dalam ilmu sihir memang sengaja ada aturan yang dihadirkan. Hal tersebut karena memang para penyihir menginginkan adanya aturan tersebut yang mengatur semua hal. Dalam narasinya sebutkan jika pengguna kekuatan sihir Tidak berpacu atau berpaku kepada aturan yang ada maka kekacauan besar akan terjadi. Karena itulah Batman tidak pernah mau pelajari ilmu sihir karena dia tidak mau mengikuti aturan yang ada.

Alasan ketiga dan terakhir adalah Batman tidak senang dengan kegilaan yang muncul dari dunia sihir tersebut. Lagi Batman ilmu sihir adalah sebuah kemampuan yang sulit untuk diprediksi dan juga dikendalikan. Dan ilmu sihir biasanya menghadirkan sesuatu atau hal-hal yang gila. Inilah yang kemudian tidak disukai oleh Batman. Seperti disebutkan di atas, Batman adalah sosok yang rasional. Sehingga, apa yang menurutnya tidak masuk di akal akan dia tolak.

Batman Menghadapi Villain Supranatural

Meskipun Batman tidak mau pelajari ilmu sihir, bukan berarti dia sama sekali tidak mau menghadapi berbagai ancaman seperti ancaman supranatural. Dalam beberapa cerita diperlihatkan bagaimana Batman ikut bertarung menghadapi ancaman tersebut. Dia bahkan bergabung dalam kelompok Justice league Dark sebuah kelompok pahlawan yang memiliki kekuatan sihir.

Mereka diperlihatkan bertarung menghadapi ancaman supranatural yang mengancam bumi. Dan Batman pun diperlihatkan mampu untuk menghadapi para monster mengerikan yang mengancam umat manusia tersebut. Yang menarik adalah bahkan Batman diperlihatkan tidak takut dengan para hantu atau film supranatural tersebut. Jadi, intinya, meskipun Batman tidak mau pelajari ilmu sihir dia tetap akan bertarung menghadapi ancaman yang ada terlepas dari itu ancaman nyata atau ancaman supranatural.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.