Rilis perdana pada tahun 2009, sejak awal Avatar dari sutradara James Cameron sudah berhasil menarik perhatian banyak penggemar dan juga kritikus dari seluruh dunia. Hal serupa juga tampaknya terjadi pada sekuel barunya yang berjudul Avatar: The Way of Water. Di mana premisnya sendiri kurang lebih masih sama, yaitu tentang pertempuran bangsa Na’vi dari planet Pandora melawan manusia penjajah yang lebih superior. Menariknya, sebenarnya ada sejumlah film menarik yang premis dan karakternya hampir mirip dengan apa yang disajikan di Avatar. Apa saja film yang dimaksud? Mari kita bahas.

Planet of the Apes

Planet of the Apes, khususnya trilogi reboot yang rilis pada tahun 2011, 2014, dan 2017, pada dasarnya bercerita tentang sekelompok primata yang akhirnya mendapatkan kecerdasan dan bisa bangkit untuk melawan tirani sejumlah manusia yang sering menindas mereka. Premis tersebut bahkan makin mirip seperti Avatar, ketika film ketiganya yang berjudul War of the Planet of the Apes bercerita tentang pertempuran besar antara bangsa kera dan militer manusia untuk menentukan siapa yang paling layak tinggal di Bumi. Kera di filmnya mirip seperti bangsa Na’vi di Avatar yang hanya ingin melindungi diri mereka.

Atlantis The Lost Empire

Mungkin anak zaman sekarang tidak banyak yang tahu bahwa pada tahun 2001 Disney pernah merilis film animasi 2D ciamik berjudul Atlantis The Lost Empire. Filmnya sendiri bercerita tentang sekelompok manusia yang berusaha mencari Kerajaan Atlantis. Setelah menemukan kerajaan yang hilang tersebut, seorang manusia biasa bernama Milo diceritakan jatuh cinta pada putri Atlantis bernama Kidagakash, yang akhirnya membuat dia berbalik melawan para manusia yang ingin menguasai Atlantis. Terdengar familier? Ya, Milo memang mirip seperti Jake yang akhirnya jatuh cinta pada Neytiri di film Avatar.

Transformers

Penggemar film live action Transformers pasti sudah paham bahwa pada dasarnya cerita Transformers berfokus pada sekelompok robot baik bernama Autobot yang akhirnya bekerja sama dengan manusia untuk melindungi Bumi dari sesama Cybertronian jahat yang disebut Decepticon. Menariknya jika kita pahami lebih jauh, sebenarnya Autobot sama seperti para manusia baik di film Avatar yang akhirnya jatuh hati pada Pandora dan kultur Na’vi, sehingga mereka rela melawan sesamanya yang sejak awal memang jahat. Teknologi Cybertronian juga sama superiornya dengan milik manusia yang menjajah planet Pandora.

Princess Mononoke

Princess Mononoke adalah film animasi dari Studio Ghibli yang dirilis pada tahun 1997 silam. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang protagonis muda yang mau tidak mau harus terlibat dalam pertempuran antara dewa-dewa hutan dan koloni pertambangan manusia. Menariknya, selain ceritanya terdengar mirip seperti film Avatar, ternyata Insider juga pernah melaporkan bahwa James Cameron sendiri memang mendapatkan inspirasi dari film karya Hayao Miyazaki ini. Keduanya sama-sama menceritakan bahwa keserakahan dari koloni pertambangan manusia pada akhirnya hanya akan berdampak buruk bagi alam.

Dune

Rilis perdana pada tahun 2021 lalu, film reboot Dune bercerita tentang kisah Paul Atreides yang pergi bersama klannya ke planet Arrakis untuk mengawasi tambang Spice Melange milik kekaisaran galaksi. Namun dalam prosesnya, Paul terpaksa harus kabur dari Klan Harkonnen yang membantai keluarganya, di mana pada akhirnya dia memutuskan untuk bekerja sama dengan suku asli Arrakis yang disebut Fremen dan bahkan jatuh cinta dengan salah satu anggota sukunya yaitu Chani. Meskipun mungkin pertempuran besar baru akan terjadi di sekuelnya nanti, tetapi cukup jelas bahwa Paul mirip seperti Jake dan Chani mirip dengan Nyetiri di film Avatar.

Pocahontas

Terakhir, film yang punya banyak kemiripan dengan Avatar atau sebaliknya, adalah film animasi Disney yang berjudul Pocahontas (1995). Saat film Avatar pertama kali rilis, tidak sedikit penggemar yang membandingkannya dengan Pocahontas. Alasannya karena keduanya sama-sama mempunyai tema penjajahan dan cinta terlarang. Di film Disney ini seorang pria kulit putih bernama John Smith dianggap sebagai pengkhianat oleh kelompok penjajah benua Amerika hanya karena dia jatuh cinta kepada seorang wanita Indian bernama Pocahontas. Sebagian penggemar bahkan ada menyebut bahwa “Avatar adalah Pocahontas dengan manusia biru dan tema galaksi.”

Itulah berbagai film yang ternyata mirip dengan Avatar, baik dari segi premis dan tema. Semua kemiripan ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa tema tentang penjajahan, perang, dan cinta terlarang, sangatlah populer di kalangan penggemar. Apalagi jika premis utamanya bercerita tentang ‘si lemah’ yang harus berjuang menghadapi ‘si kuat’. Apakah kalian sudah menonton semua film ini, Geeks? kira-kira menurut kalian sampai sejauh mana kemiripannya?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.