Episode 7 dari anime Demon Slayer Season 3 memperkenalkan sosok iblis kuat lain yaitu Zohakuten dan juga kekuatan yang dia miliki. Arc Swordsmith dalam cerita Demon Slayer memang jadi salah satu arc yang dianggap terbaik karena menghadirkan banyak elemen menarik dan juga aksi yang luar biasa dari Tanjiro dan juga para Hashira yang lain. Di arc ini juga kita diperkenalkan dengan desa pembuat pedang Nichirin.

Meskipun begitu, arc Swordsmith juga diketahui memiliki momen epik seperti yang diperlihatkan dalam episode 7 kemarin. Dalam episode tersebut para fans diperkenalkan dengan salah satu iblis kuat lainnya yaitu Zohakuten. Mungkin, banyak Geeks yang penasaran dari mana sebenarnya sumber kekuatan Zohakuten dan mengapa dia bisa begitu kuat.

Siapa Zohakuten

Zohakuten merupakan salah satu kloning dari Hantengu yang merupakan Upper Moon keempat. Meskipun begitu, Zohakuten bukanlah kloning sembarangan. Seperti yang dihadirkan dalam ceritanya, Hantengu mampu membuat kloning dari dirinya. Hantengu bisa membuat empat kloning yang luar biasa. Mereka adalah Sekido, Araku, Aizetsu, dan Urogi.

Sedangkan, Zohakute merupakan kloning dari Hantengu yang merupakan hasil gabungan dari keempat kloning Hantengu tersebut. Yang menarik adalah ketika keempat kloning Hantengu lain muncul dengan cara membelah diri setelah kepalanya ditebas, maka Zohakuten terlahir dengan cara menyerap keempat kloning tersebut. Sebenarnya, kemampuan penyerapan ini merupakan milik salah satu kloning yaitu Sekido.

Sebenarnya, Hantengu memiliki jumlah enam kloning di mana kloning yang keenam sepertinya masih belum diperlihatkan. Kloning keenam tersebut bernama Urami. Zohakuten sendiri merupakan kloning dari Hantengu yang mewakili kebencian. Sekilas, Geeks mungkin melihat ada kesamaan emosi dengan Sekido yang merupakan perwakilan dari sifat kemarahan milik Hantengu.

Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan Sekido maka level emosional dan juga kekuatannya jauh lebih dahsyat. Lalu, apa yang kemudian membuat Zohakuten menjadi sangat kuat? Dari mana sumber kekuatannya?

Sumber Kekuatan Zohakuten

Sumber kekuatan Zohakuten yang pertama dan yang paling jelas adalah gabungan dari keempat kloning Hantengu. Dengan menyatukan seluruh tubuh dan juga kekuatan kloning tersebut membuat Zohakuten menjadi lawan sekaligus iblis yang mengerikan dan sulit untuk ditaklukan. Dia juga diketahui memiliki aura yang sangat dahsyat di mana aura tersebut mampu untuk menghabisi nyawa manusia normal.

Zohakuten juga mampu menguasai tanaman atau tumbuhan yang ada di sekitarnya. Hal ini berkat kemampuat Blood Demon art yang dia kuasa. Dengan menggunakan kekuatan tersebut Zohakuten mampu menjebak atau mengurung siapa pun di dalam sebuah hutan yang dia ciptakan berkat manipulasi yang dia lakukan. Menjadi yang terkuat dari seluruh kloning Hantengu membuat Zohakuten juga mampu menggunakan seluruh kemampuan atau kekuatan dari keempat kloning.

Bukti kedahsyatan dari Zohakuten adalah dia mampu membuat Tanjiro kesakitan dan tidak berdaya hanya dengan menatapnya saja. Bahkan, gelombang kejut yang dia ciptakan akibat serangan yang terjadi mampu untuk melumpuhkan Mitsuri, sang Hashira Cinta. Padahal, Mitsuri dikenal memiliki ketebalan otot yang luar biasa. Yang lebih epik lagi adalah kombinasi dari Tanjiro, Mitsuri, Genya, dan Nezuko masih belum mampu untuk mengalahkan Zohakuten.

Dalam ceritanya sendiri satu-satunya alasan mengapa kemudian Zohakuten bisa tewas atau dikalahkan adalah bukan karena para Hashira, melainkan sinar matahari. Jika bukan karena itu, kemungkinan para Hashira sendiri akan kesulitan bahkan tewas dalam pertarungannya. Pertarungan melawan Hantengu dan para kloningnya sendiri masih belum selesai. Masih ada kloning lain yang akan diperkenalkan dalam ceritanya. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada episode selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.