Kemungkinan ada sebuah plot twist besar yang muncul dalam kematian Nefertari Cobra di mana sosok Shanks yang mungkin sudah habisi nyawanya. Pasca arc Wano selesai, alur cerita One Piece sekarang mulai memasuki babak baru. Menurut Oda, alur ceirta yang sedang berjalan sekarang merupakan momen awal dari cerita terakhir One Piece.

Banyak momen penting yang terjadi di babak terakhir saat ini, misalnya mulai terungkapnya rahasia besar tentang buah iblis. Kemudian, kita juga tahu tentang informasi yang terjadi pada masa lalu. Dan di chapter kemarin diperlihatkan bagaimana pemimpin Alabasta, Nefertari Cobra, diperlihatkan tewas secara tidak wajar. Tidak diketahui siapa yang menghabisi nyawa Cobra, namun ada spekulasi yang menyebutkan jika Shanks adalah pelakunya.

Kematian Janggal Nefertari Cobra

Cobra merupakan pemimpin dari kerajaan Alabasta, salah satu wilayah yang ternyata memiliki sejarah panjang. Mereka merupakan salah satu kerajaan yang ikut dalam pembentukan World Government. Sosok Cobra juga jadi salah satu delegasi yang diundang untuk acara Reverie, yaitu pertemuan para pemimpin kerajaan yang berada di bawah Afiliasi World Government.

Cobra datang bersama anaknya, Vivi. Awalnya, semua berjalan dengan baik sampai kemudian di tengah-tengah acara Cobra berusaha untuk bertemu dengan Gorosei. Di chapter 1084 kemarin kita melihat bagaimana percakapan yang terjadi antara Gorosei dan Cobra. Mereka membicarakan tentang apa yang terjadi pada masa lalu, terutama tentang sosok Ratu Lili.

Namun, nyatanya pertemuan tersebut jadi yang terakhir bagi Cobra. Pasalnya, di chapter 1054 diperlihatkan bagaimana Cobra diberitakan tewas. Dalam surat kabar Morgan disebutkan jika Sabo yang bertaggung jawab atas kematian tersebut. Namun, tentunya Geeks semua merasakan adanya kejanggalan di balik kematian Nefertari Cobra tersebut.

Sabo sendiri sudah mengakui bahwa bukan dia pelaku yang menghabisi nyawa Cobra. Dia datang tepat ketika Cobra sudah tergeletak dan momen tersebut dimanfaatkan untuk melakukan fitnah terhadap Sabo di mana dia yang dianggap menghabisi nyawanya. Pertanyaan besarnya kemudian, jika bukan Sabo lalu siapa yang sudah menghabisi Cobra?

Shanks Yang Habisi Cobra

Untuk saat ini, siapa yang jadi pelaku pembunuhan Nefertari Cobra memang masih jadi misteri. Meskipun begitu, banyak fans yang sudah menaruh curiga jika pihak World Government yang bertanggung jawab atas kematian Cobra tersebut. Bukan tanpa sebab memang para fans mencurigai World Government jadi dalang kematian Cobra.

Hal ini berdasarkan apa yang pernah disampaikan oleh para Gorosei. Menurut mereka, keluarga Nefertari dianggap sebagai pengkhianat. Karena itulah, keluarga Nefertari perlu untuk dihancurkan. Sejauh ini, memang World Government tidak melakukan penyerangan atau penyerbuan ke wilayah Alabasta. Namun, mereka seolah menunggu waktu yang tepat untuk hal tersebut.

Geeks mungkin heran dan bertanya-tanya, apa hubungan semua itu dengan Shanks dan mengapa Shanks yang bertanggung jawab atas kematian Cobra? Seperti yang disebutkan di atas, jika momen pertemuan Cobra dan Gorosei terjadi saat Reverie. Dan kebetulan, dalam momen Reverie tersebut juga Shanks diperlihatkan bertemu dengan Gorosei. Dia nampak berbincang tentang sosok bajak laut yang belum diketahui identitasnya sampai sekarang.

Dalam teorinya disebutkan jika Shanks mungkin adalah salah satu anggota Holy Knight yang disebutkan di chapter sebelumnya. Hal ini melihat adanya kemiripan siluet salah satu anggota Holy Knight dan juga sosok Shanks. Yang menarik juga adalah dalam teorinya disebutkan jika bayangan yang dilihat oleh Sabo saat itu bukan Im, melainkan Shanks yang menggantikan sosok Im.

Disebutkan di atas, jika World Government menunggu momen yang pas untuk menghabisi keluarga Nefertari. Dan momen tersebut muncul ketika Cobra ingin membicarakan tentang sosok Ratu Lili. Singkatnya, di akhir pertemuan tersebut Gorosei berusaha untuk menghabisi nyawa Cobra. Namun, mereka tidak melakukannya sendiri. Para Gorosei memerintahkan salah satu anggota Holy Knight yang ada saat itu, yang tidak lain adalah Shanks.

Shanks pun kemudian menjalankan perintah untuk menghabisi Cobra.  Namun, World Government perlu menjaga nama baik mereka untuk hal tersebut. Karena itulah, mereka kemudian melakukan fitnah terhadap Sabo sebagai orang yang sudah menghabisi nyawa Cobra. Padahal, dia hanya datang di waktu yang tidak tepat. Jika Shanks benar kemudian jadi sosok yang habisi nyawa Cobra, maka ini akan jadi salah satu plot twist terbesar dalam cerita One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.