Siapa yang tidak mengenal Stan Lee? Pionir sekaligus pencipta banyak karakter Marvel ini bisa dibilang selalu menjadi panutan bagi kebanyakan komikus superhero dunia. Selain karya yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya, Stan Lee juga cukup sering tampil sebagai cameo di berbagai film Marvel. Namun tahukah kalian, tokoh dunia yang terkenal sebagai ‘wajah Marvel’ ini ternyata pernah satu kali bekerja dengan DC, komik superhero yang dianggap saingan Marvel. Di mana dia menciptakan sebuah semesta DC yang disebut Earth-6 alias Just Imagine Universe. Berikut ini asal-usul dan keunikan semestanya, Geeks!

Just Imagine, Kolaborasi Stan Lee dan DC

Sepanjang sejarah DC, multiverse di dalam semesta komiknya memang sering diceritakan mengalami banyak perubahan, khususnya melalui peristiwa besar yang biasanya diberi nama Crisis. Seperti Crisis on Infinite Earths (1986) yang menghancurkan multiverse DC dan hanya menyisakan satu dunia yang tidak stabil. Atau peristiwa terbaru yang disebut Dark Crisis (2022), di mana multiverse DC kembali mengalami goncangan dan mengalami sejumlah perubahan. Namun dari semua perubahan yang pernah terjadi, tidak ada yang seberani Stan Lee ketika dia terlibat dalam penciptaan multiverse DC pada era New 52.

Tepatnya pada tahun 2001, Stan Lee pernah berkolaborasi dengan DC untuk menciptakan sebuah semesta abnormal yang disebut Just Imagine. Sebelum peristiwa Crisis DC awalnya menamai semesta ini dengan sebutan Earth-901, kemudian menggantinya dengan Earth-27 setelah Infinite Crisis, dan sekarang menjadi Earth-6 setelah peristiwa ikonis Flashpoint. Terlepas dari penamaannya, pada dasarnya Just Imagine adalah sebuah semesta di mana seluruh karakter populer DC, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, Flash, dan sebagainya, diceritakan mempunyai persona baru yang sangat berbeda dari sebelumnya.

Eksistensi Superhero Yang Jauh Berbeda

Di DC Universe sendiri pada dasarnya Just Imagine adalah semesta yang secara garis besar sama seperi dunia pada umumnya, di mana bentuk Bumi masih sama-sama bulat dan dihuni oleh manusia sebagai makhluk yang paling superior di dalamnya. Namun, ada satu perbedaan fundamental yang akhirnya membuat Just Imagine terasa seperti berada di luar DC, yaitu eksistensi para superhero di dalamnya yang sangat jauh berbeda dengan versi utama. Untuk lebih memahami seperti apa dan di mana letak perbedaannya, simak daftar superhero DC ciptaan Stan Lee di bawah ini:

  • Superman: Polisi dari planet Krypton bernama Salden yang akhirnya menjadi Superman karena kondisi planet Bumi yang berbeda dengan planet asalnya. Adapun kekuatan yang dimilikinya di antara lain adalah kekuatan fisik super, kecepatan super, kekebalan, pengelihatan tembus pandang, dan lompatan super (bukan terbang).
  • Robin: Anak yatim piatu yang akhirnya mendapatkan kekuatan untuk berubah menjadi Hawkman yang terkenal kuat dan juga lincah. Dalam prosesnya dia akhirnya bertemu dengan Batman yang jadi sahabatnya bukan mentornya.
  • Batman: Mantan pegulat bernama asli Wayne Williams yang akhirnya menjadi anti hero untuk membalaskan kematian orang tuanya. Meskipun tidak mempunyai kekuatan super, tetapi dia terkenal sebagai Batman yang pikirannya sangat tajam serta sering terlihat kostum monster kelelawar yang mengerikan.
  • Flash: Setelah terkena suntikan DNA burung kolibri secara tidak sengaja, wanita bernama asli Mary Maxwell ini akhirnya menjadi seorang speedster bernama Flash.

  • Green Lantern: Setelah mendapatkan kekuatan dari Pohon Kehidupan, Ygdrasil, Professor Len Lewis akhirnya menjadi Green Lantern yang menguasai berbagai kekuatan alam, termasuk geokinesis untuk memanipulasi elemen Bumi dan aerokinesis yang memungkinkan dia untuk menciptakan badai. Selain itu dia juga mempunyai kekuatan telekinesis dan kemampuan unuk terbang.
  • Wonder Woman: Wanita tangguh bernama asli Maria Mendoza yang menjadi Wonder Woman setelah mendapatkan kekuatan Dewa Matahari dari tongkat sakti Tapac-Yuri.
  • Shazam: Setelah mendapatkan kekuatan sihir dari penyihir kuno Merlin, pria bernama asli Robert Rogers ini akhirnya menjadi iblis Shazam yang fisik dan kekuatannya mengerikan.
  • Aquaman: Alih-alih bisa bernapas di bawah air atau berkomunikasi dengan ikan, Aquaman yang mempunyai nama asli Ramon Raymond ini justru diceritakan mempunyai kekuatan super yang memungkinkannya untuk berubah menjadi air.

Meskipun asal-usul dan kekuatannya berbeda dengan versi utama, tetapi para superhero Just Imagine di DC Universe ini sama-sama diceritakan membentuk Justice League. Di mana lawan mereka adalah versi jahat Doom Patrol, yang di semesta Stan Lee ini eksis sebagai tim supervillain. Semua perbedaan ini pada akhirnya membuat nuansa dan juga eksistensi karakter lainnya ikut berbeda, mengikuti karakter utamanya.

Nasib Just Imagine Sekarang

Meskipun sekarang Stan Lee sudah tidak ada di antara kita semua, karena telah meninggal pada tahun 2018, tetapi kabar baiknya sampai sekarang semua karyanya masih tetap dikenang bahkan oleh DC Comics. Di mana pada akhir tahun lalu, DC merilis komik spesial untuk merayakan hari ulang tahun mendiang Stan Lee yang ke-100, berjudul Tales from Earth-6: A Celebration of Stan Lee. Pada dasarnya cerita komik barunya ini bercerita tentang kisah lama Just Imagine yang dimeriahkan oleh sejumlah karakter baru, di mana nama mereka cukup familier bagi para penggemar DC.

Salah satu kisah utama Tales from Earth-6 bercerita tentang Batman yang harus menguak misteri pembunuhan berantai. Dalam prosenya dia bahkan bersekutu dengan seorang komisaris polisi baru bernama Hal Jordan, nama yang sama seperti Green Lantern paling populer di semesta utama DC. Singkat cerita kerja sama mereka berdua pada akhirnya berhasil mempertemukan Batman dengan pembunuh berantai yang selama ini dia cari, yaitu The Choker. Komik Tales from Earth-6 ini secara tidak langsung telah mengonfirmasi bahwa sampai sekarang Earth-6 alias Just Imagine masih eksis di DC Universe.

Itulah pembahasan tentang Just Imagine Universe, semesta istimewa ciptaan pionir Marvel di DC Universe. Berdasarkan semua yang terjadi di Just Imagine, cukup jelas bahwa semestanya tidak sama dengan semesta lain yang ada di multiverse DC. Alih-alih menghadirkan para karakter varian superhero utama, semesta ciptaan Stan Lee ini justru jauh dari konsep multiverse komik superhero, di mana para karakternya justru mempunyai kisah yang sangat berbeda meskipun sampulnya terkesan sama.

Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.