Siapa yang tidak mengenal Wolverine? Dia adalah salah satu anggota X-Men dengan masa lalu yang sangat tragis, mengingat banyaknya tragedi yang menimpanya selama bertahun-tahun. Dia pernah diubah menjadi “senjata” dalam program Weapon X, dan menjalani hari-harinya dalam masa pelarian. Dia pun ditinggalkan oleh orang-orang yang dia cintai, sehingga Wolverine akhirnya memutuskan untuk hidup menyendiri sebelum bergabung dengan X-Men.

Namun sepertinya Marvel masih belum cukup menghadirkan kisah tragis itu, karena dalam garis waktu alternatif, Wolverine harus menngalami hari terburuknya. Kisahnya terjadi dalam komik X-Force #40 yang digarap oleh Benjamin Percy, Paul Davidson, dan Robert Gill. Dalam komik tersebut, masa depan menjadi sangat kelam, di mana Beasts akhirnya menjadi dewa mutan yang mengerikan.

Sementara itu Wolverine alias Logan hidup dengan tubuh baru. Setelah melakukan banyak pertarungan melawan Beasts, tubuh Wolverine kemudian diubah menjadi cybernetic dn-dengan hanya tersisa kepala dan cakarnya saja. Ini menjadi masa depan yang suram bagi Wolverine, karena dia ditakdirkan untuk terus bertarung dan menjadi “senjata”.

Tetapi Wolverine tidak hanya berjuang seorang diri karena dia juga dibantu dengan beberapa karkater lainnya seperti Sage, Colossus, Domino, dan Omega Red, di mana mereka membentuk sekutu untuk melawan Beasts yang ganas dan bermutasi. Satu-satunya harapan mereka yang tersisa datang dari X-Force yang baru tiba. Berbicara tentang Wolverine, dia sekarang menjadi sangat memprihatinkan. Dengan tubuh robotnya, versi Wolverine ini mengalami masalah mental, karena satu-satunya kalimat yang dapat dia ucapkan adalah “Snikt!”

Tentu saja diri Wolverine ini berbeda karena dia mulai kehilangan nilai kemanusiannya. Jika dahulu dia selalu menentang sisi jahat dalam dirinya dan tidak ingin bertarung jika tidak dibutuhkan, tetapi dalam tubuh barunya, dia justru tidak ingin berhenti bertarung. Dia mulai kehilangan hati dan tujuan.

Yang tersisa dari pikirannya hanyalah pertarungan. Logan yang lama sudah pergi, dan yang tersisa hanyalah Wolverine. Meski begitu, Logan dapat mempertahankan ambisinya untuk menjadi pahlawan, bahkan setelah bertahun-tahun dijadikan senjata. Apa yang terjadi pada Wolverine alias Logan selanjutnya? Well, kita tunggu cerita selanjutnya Wolverine di Marvel Comics ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/