Pertama kali diperkenalkan melalui cerita DC Comics pada tahun 1940, Joker adalah musuh bebuyutan Batman sekaligus villain paling ikonis dalam sejarah komik. Dikenal karena kegilaannya yang sulit ditebak, setiap inkarnasi Joker selalu menyimpan misteri di balik identitasnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, beberapa cerita komik alternatif dan adaptasi lainnya telah mengungkap nama asli karakter yang dijuluki sang Clown Prince of Crime ini. Nah terlepas dari versi utama yang sampai hari ini masih diselimuti misteri, kali ini kita akan mengulas lima nama asli varian Joker yang telah terungkap!

Jack Napier – Batman (1989)

5 Nama Asli Joker yang Sudah Terungkap!

Varian pertama sang Clown Prince of Crime yang identitas karakternya sudah terungkap adalah Joker dari aktor brilian Jack Nicholson yang debut di film live action Batman garapan sutradara Tim Burton. Di film Batman versi Michael Keaton ini nama asli Joker adalah Jack Napier. Joker dalam film ini digambarkan sebagai pemimpin kelompok mafia besar sekaligus psikopat kejam yang berusaha menghancurkan Kota Gotham. Nama Jack Napier sendiri sempat dipakai kembali oleh DC Comics untuk menggambarkan Joker di komik Batman: Curse of the White Knight (2019), di mana dia diceritakan sempat bertobat dan menjadi pahlawan yang berhasil membongkar korupsi di Kota Gotham.

Martha Wayne – Flashpoint (2011)

5 Nama Asli Joker yang Sudah Terungkap!

Dalam cerita alternatif Flashpoint yang ditulis oleh Geoff Johns, Joker termasuk salah satu karakter yang diceritakan mengalami perubahan besar-besaran akibat Flash yang ingin mengubah masa lalu. Di dunianya nama asli Joker tidak lain adalah Martha Wayne, ibu Bruce Wayne yang kehilangan kewarasannya dan mengubah dirinya menjadi Joker setelah kematian Bruce. Pada saat yang bersamaan kematian Bruce ini juga mengubah ayahnya Thomas Wayne menjadi Batman versi kejam di dunianya. Yang lebih mengerikannya lagi, Martha juga dengan sengaja merobek kedua sisi pipinya dan menjadi salah satu versi Joker paling tidak waras dalam sejarah DC.

Jerome & Jeremiah Valeska – Gotham (2014-2019)

5 Nama Asli Joker yang Sudah Terungkap!

Debut di serial Gotham, karakter Joker disajikan melalui beberapa inkarnasi, di mana mereka adalah saudara kembar yang memiliki nama asli Jerome dan Jeremiah Valeska. Meskipun tidak secara eksplisit menyebut diri mereka sebagai Joker, tetapi Jerome dan Jeremiah yang keduanya diperankan oleh aktor Cameron Monaghan, memiliki banyak kemiripan dengan Joker di berbagai cerita DC. Perubahan mereka menjadi kriminal yang tidak waras dimulai dari Jerome yang sejak awal sangat berambisi untuk membuat kekacauan. Menjelang kematiannya, Jerome lantas meracuni Jeremiah dengan toxin tertawanya dan mengubahnya jadi Joker versi baru yang lebih cerdas dan mematikan.

Arthur Fleck – Joker (2019)

5 Nama Asli Joker yang Sudah Terungkap!

Sebagai salah satu tayangan DC paling sukses walaupun memiliki rating dewasa, film Joker yang disutradarai oleh Todd Phillips bisa dibilang telah berhasil menggambarkan origin karakter sang Clown Prince of Crime di Elseworlds (multiverse) dengan cukup unik sekaligus tragis. Nama asli Joker yang diperankan oleh aktor Joaquin Phoenix ini adalah Arthur Fleck, di mana dia awalnya hanyalah seorang pria kesepian dan terpinggirkan yang akhirnya menjadi psikopat terkenal dengan senyumannya yang menyeramkan. Di tanah air sendiri, kemunculan Joker versi Arthur Fleck ini membuat istilah “orang jahat lahir dari orang baik yang tersakiti” makin populer di kalangan millenial.

Jack White – Flashpoint Beyond (2022)

5 Nama Asli Joker yang Sudah Terungkap!

Sukses dengan kisah pertamanya yang memperkenalkan Martha sebagai salah satu versi Joker yang mengerikan, sekuelnya yang berjudul Flashpoint Beyond kembali menghadirkan twist baru yang tidak kalah mengejutkan. Di komik ini Joker Martha diceritakan bertemu dengan Psycho-Pirate yang memiliki pengetahuan melampaui realitas. Martha lantas memaksa Psycho-Pirate untuk memberitahu nama asli Joker di semesta Bruce yang masih hidup sebagai Batman. Pada titik inilah terungkap bahwa Joker di semesta lain bernama Jack Oswald White. Mengetahui hal ini Martha langsung menghabisi Jack White di semestanya yang ternyata hidup bahagia sebagai komedian miskin bukan sebagai villain.

Itulah lima nama asli Joker yang telah terungkap. Meskipun identitas Joker selalu dijaga dengan ketat dan tetap menjadi misteri di sebagian besar cerita, beberapa adaptasi komik, film, dan serial telah mengungkap nama asli sang Clown Prince of Crime. Mulai dari Jack Napier, Arthur Fleck, sampai Jack White, setiap nama tersebut bisa dibilang mempunyai nuansa yang unik untuk menggambarkan Joker. Namun, satu hal yang tetap konsisten adalah ketidakwarasan karakternya, yang menjadikan Joker sebagai villain paling ikonis di Kota Gotham dan DC Universe secara keseluruhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.