Dalam sejarah DC yang telah terbentang lebih dari delapan puluh tahun, Superman dikenal sebagai salah satu superhero veteran yang memiliki kemampuan untuk terbang melesat di angkasa dan bergerak dengan sangat cepat. Menariknya meskipun bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dalam waktu yang relatif singkat, ternyata karakter benama asli Clark Kent ini tetap membutuhkan kendaraan dalam beberapa kesempatan. Meskipun terdengar aneh, faktanya di DC Universe Superman memang mempunyai lima kendaraan khusus yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya. Penasaran? Mari kita bahas.

Kryptonian Rocket

Kita mulai pembahasan yang pertama dari kendaraan Superman yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua, yaitu Kryptonian Rocket yang membawanya pertama kali dari Planet Krypton ke Bumi. Meskipun dalam sebagian besar kisahnya Kryptonian Rocket ini diceritakan langsung hancur ketika menghantam sebuah lahan pertanian di Smallville, Kansas, ternyata dalam beberapa kisah alternatifnya kendaraan yang satu ini justru sempat disimpan dan diperbaiki oleh Jonathan dan Martha Kent. Misalnya saja di serial Superman: The Animated (1996) di mana Clark Kent sempat diperlihatkan kembali menggunakan kendaraan masa kecilnya ini layaknya sebuah pesawat ruang angkasa.

Flying Newsroom

Kendaraan kedua yang terbilang cukup penting bagi kehidupan awal Clark Kent alias Superman adalah Flying Newsroom. Sejatinya kendaraan ini adalah sebuah helikopter berita yang merupakan inventaris Daily Planet, perusahaan media tempat Clark dan kekasihnya Lois Lane bekerja sebagai jurnalis. Meskipun bukan kendaraan canggih seperti Batwing milik Batman, tetapi Flying Newsroom sangat berguna bagi Clark ketika dia ingin berbaur dengan kehidupan manusia. Di era pre-crisis sekitar tahun 1958, Clark pernah sengaja mengendarai Flying Newsroom untuk melakukan investigasi di sebuah pulau buatan manusia yang disebut Krypton Island. Penyamaran ini terbilang cukup efektif.

c

Sesuai dengan namanya, Super-Racing Car adalah kendaraan Superman yang berfungsi sebagai mobil balap. Semuanya bermula ketika Superman ingin mencari tahu siapa alien yang telah mengadakan acara balapan Nascar antar benua. Superman lantas menciptakan sendiri mobil balapnya yang cukup jelas kepemilikannya, karena diberi warna khasnya dan punya banyak lambang ‘S’ pada bagian bodynya. Kisah singkat yang terjadi di komik Superman Meets the Motorsports Champions (1999) ini akhirnya memperlihatkan Superman bisa bergabung dengan klub khusus bagi para pembalap Nascar populer dan mengungkap siapa alien di balik perlombaan yang dia ikuti.

Classic Supermobile

Pertama kali diceritakan di komik World’s Finest #77 (1955), Classic Supermobile adalah kendaraan yang sengaja dihadiahkan oleh Bruce Wayne alias Batman kepada sahabatnya Superman. Kendaraan berbentuk sedan klasik ini mempunya atap terbuka dan lambang ‘S’ besar di depannya mirip seperti Superman. Yang lucu adalah jika Superman membawa mobilnya ini dengan kecepatan yang kencang, jubahnya akan ikut terbawa angin sehingga dia masih bisa merasakan seperti sedang terbang di langit. Sama seperti Batmobile milik Batman, sebenarnya Classic Supermobile juga dilengkapi dengan berbagai gadget canggih. Namun karena Superman sudah sangat kuat, dia tidak membutuhkan itu semua.

Supermobile

Setelah nama Supermobile sempat menghilang di ingatan para penggemarnya, DC pernah kembali menghadirkan versi terbaru kendaraan khusus Superman ini di Action Comics #481 (1978). Bedanya Supermobile yang bentuk dan fungsinya lebih aneh ini bukan merupakan ciptaan Batman, melainkan hasil kreasi Superman yang lahir dari teknologi canggih Kryptonian dan logam terkuat di alam semesta yang disebut Supermanium. Superman sengaja menciptakan versi baru Supermobile ini ketika semua kekuatan supernya direbut oleh villain Amazo. Sebagai gantinya Supermobile dibekali dengan kekuatan dan kemampuan yang mirip seperti milik Superman sebelumnya.

Itulah lima kendaraan Superman yang pernah diceritakan di DC Universe. Salah satu alasan mengapa banyak penggemar yang tidak sadar dengan keberadaan lima kendaraan khusus ini mungkin karena Clark Kent jarang menggunakannya. Hal tersebut sudah cukup jelas karena sejak awal dia memang memiliki kekuatan super yang membuatnya tidak membutuhkan kendaraan apa pun. Jadi bisa kita simpulkan bahwa kelima kendaraan ini sebenarnya hanya dibutuhkan dalam keadaan tertentu, misalnya ketika dia ingin berbaur sekaligus menyamar sebagai manusia atau ketika kekuatan supernya menghilang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.