Eiichiro Oda perkenalkan buah iblis baru dalam cerita terbaru One Piece yaitu Susu Susu no Mi. Ini merupakan buah iblis yang kemudian dimiliki oleh salah satu komandan Pasukan Revolusi yaitu Karasu. Karasu merupakan salah satu komandan Pasukan Revolusi yang berpusat di wilayah utara. Diketahui dia juga merupakan incaran angkatan laut.

Hal ini terbukti dari nilai buruannya yang mencapai 400 juta Belly. Ini merupakan angka buruan paling tinggi kedua diantara para Komandan Pasukan Revolusi lainnya. Kekuatan buah iblis Karasu sempat jadi sebuah misteri besar. Namun, akhirnya, misteri tersebut terungkap di chapter 1083 kemarin di mana diketahui jika nama buah iblis yang dia miliki adalah Susu Susu no Mi.

Penjelasan Susu Susu No Mi

Meskipun sudah diperkenalkan di chapter 1083 kemarin, Susu Susu no Mi atau Soot Soot Fruit tersebut masih belum diketahui jenisnya. Banyak yang beranggapan jika buah iblis ini masuk kategori Paramecia, namun banyak juga yang meyakini jika buah iblis ini adalah Logia. Yang menarik adalah Oda Sensei kemudian menjelaskan lebih lanjut tentang buah iblis ini.

Susu Susu no Mi nyatanya tidak membuat Karasu mampu untuk bisa menghadirkan burung gagak. Buah iblis ini justru membuat Karasu bisa berubah menjadi jelaga atau semacam residu hasil pembakaran. Ini alasannya mengapa kemudian saat dia berada di Mary Geoise peluru yang ditembakan agen Cipher Pol sama sekali tidak berpengaruh.

Tubuhnya justru tidak terluka karena pelurunya menembus tubuh Karasu. Dia juga mampu berubah wujud mirip seperti asap dan menyusup diantara para agen Cipher Pol. Jadi, pada dasarnya, buah iblis ini membuat Karasu bisa memanipulasi partikel karbon yang tidak terbakarr dan tetap menjadi partikel tersebut.

Tergantung dari bagaimana akan menghadirkan atau memainkan kekuatan ini dalam ceritanya, buah iblis ini jelas bisa jadi aset berharga bagi Pasukan Revolusi. Sejauh ini memang masih belum banyak hal yang diperlihatkan oleh Karasu dengan buah iblisnya, selain bagaimana dia mampu membentuk seekor atau sekelompok burung gagak dan berkomunikasi melalui burung tersebut.

Seberapa Kuat Buah Iblisnya

Seberapa kuat buah iblis Susu SUsu no Mi di tangan Karasu? Bisa dibilang buah iblis ini bisa jadi sangat mematikan. Hal ini bisa kita lihat dalam beberapa momen. Misalnya, dalam arc Dressrosa Karasu diperlihatkan mampu memanfaatkan kelompok burung gagak yang dia ciptakan untuk membawa Sabo pergi menuju Baltigo.

Kemudian, di Lulusia, Karasu sempat juga memperlihatkan sedikit kemampuannya ketika dia bertarung menghadapi kelompok bajak laut Pinkbeard. Dia lagi-lagi menggunakan burung gagak untuk menyerang kelompok bajak laut tersebut. Namun, baru di chapter 1083 kemarin kita akhirnya mengetahui kekuatan sesungguhnya dari buah iblis ini.

Dalam chapter 1083 diperlihatkan Karasu mampu menggunakan kemampuan buah iblisnya dengan unik, di mana dia mampu membentuk baju atau armor dari partikel atau jelaga tersebut. Dia kemudian memerintahkan pasukan gagak untuk menyerang yang lain. Karasu juga bisa menyebarkan partikel hitam tersebut dan menciptakan sebuah tombak besar. Sehingga, mampu untuk menghadapi banyak musuh sekaligus.

Yang luar biasanya juga adalah ketika kemudian Karasu memerintahkan banyak burung gagak degan misi masing-masing, dia bisa mengawasi semuanya dalam satu waktu. Artinya, kekuatan multitasking dari buah iblis tersebut sangat luar biasa. Intinya, penggunaan buah iblis ini sangat luar biasa yang mana membuat Karasu mampu menghadapi Admiral Fujitora.

Masuk Jenis Baru

Seperti yang disebutkan di atas bahwa jenis buah iblis Susu Susu ini masih belum dikonfirmasi oleh Oda. Masih belum diketahui apakah buah iblisnya masuk jenis Paramecia atau Logia – atau bahkan Zoan. Meskipun sudah diperkenalkan di chapter 1083 seperti diskusi mengenai buah iblis ini memang masih belum selesai.

Jika melihat bagaimana Karasu tidak mampu ditembak oleh peluru pasukan Cipher Pol, yang mana bahkan pelurunya menembus tubuhnya, maka rasanya bisa kita tarik kesimpulan jika buah iblisnya bukan masuk Paramecia. Atau mungkin buah iblisnya masuk dalam kategori Paramecia Special seperti Mochi Mochi no Mi.

Di sisi lain, jika kemudian buah iblis ini masuk dalam jenis Logia hal ini juga patut dipertanyakan. Pasalnya, selama ini, dalam cerita One Piece mereka pengguna Logia selalu erat kaitannya dengan elemen atau material alami. Misalnya, lahar, api, kegelapan, rawa, dan sebagainya. Penggunanya cenderung “berubah” menjadi unsur elemen tersebut.

Bila demikian maka, Susu Susu no Mi juga kemungkinan tidak masuk dalam jenis Logia. Selain mungkin masuk dalam jenis Paramecia Special, bisa jadi juga jika buah iblis ini menjadi salah satu atau yang pertama dalam jenis buah iblis baru. Yang jelas buah iblis milik Karasu ini memiliki banyak potensi luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.