Sosok Sarada Uchiha kemungkinan akan memiliki kemampuan Mangekyou Sharingan yang jauh lebih dahsyat dari ayahnya, Uchiha Sasuke. Sarada Uchiha merupakan salah satu karakter utama yang muncul dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation selain juga sosok Boruto dan Mitsuki. Sarada dan Mitsuki merupakan rekan satu tim dari Boruto di Team 7 yang baru.

Dalam beberapa kesempatan memang Sarada banyak muncul dan terlibat pertempuran epik. Namun, dalam beberapa waktu kemarin Kishimoto justru lebih banyak berfokus pada sosok Boruto. Namun, sekarang, Sarada mulai kembali terlibat dalam cerita utama dan bahkan dia mendapatkan peningkatan kekuatan berupa aktifnya Mangekyou Sharingan. Dan diyakini Mangekyou Sharingan Sarada akan jauh lebih kuat dari Sasuke.

Aktifnya Mangekyo Sharingan Sarada

Bagaimana kemudian Sarada mamapu mengaktifkan Mangekyou Sharingan miliknya padahal usiianya sendiri masih terbilang sangat kecil. Ternyata, ha; ini ada kaitannya dengan apa yang terjadi kepada Boruto. Di chapter sebelumnya kita melihat bagaimana Kawaki bertindak di luar kendali. Dia berusaha menyerang Boruto demi mengcegah Momoshiki kembali bangkit.

Dalam pertarungannya, Kawaki kemudian bertemu dengan Sarada yang berusaha untuk menghentikan semuanya. Namun, Kawaki sendiri tidak mau mendengar dan justru menyerang Sarada. Boruto pun kemudian melindungi Sarada dari serangan Kawaki yang berujung pada luka parah di bagian matanya. Kawaki kemudian kabur yang kemudian dikejar oleh Boruto.

Kemudian, kita melihat sesuatu yang luar biasa di mana Eida mewujudkan keinginan Kawaki untuk menukar kehidupannya dengan Boruto. Dalam peristiwa tersebut semua orang kemudian berpikir jika Boruto adalah Kawaki dan sebaliknya. Para shinobi Konoha berusaha untuk memburu Boruto, termasuk Sasuke.

Namun, ketika Sasuke bertemu dengan Sarada dia pun berusaha menjelaskan semuanya. Sarada menjelaskan bahwa Boruto tidak salah. Ketika Sarada meminta Sasuke untuk menyelamatkan Boruto, nampak matanya berubah. Muncul Tomoe yang unik di matanya yang memberikan petunjuk jika Mangekyo Sharingan miliknya aktif.

Lebih Kuat Dari Sasuke

Aktifnya Mangekyou Sharingan milik Sarada ini sebenarnya sudah sejak lama dinantikan dan diprediksi oleh para fans. Mereka menunggu kapan Sarada akan kembali menambah Tomoe di matanya. Para fans juga sudah menduga jika Sarada akan mengaktifkan Mangekyo miliknya yang terbukti di chapter kemarin.

Seperti yang Geeks ketahui, Mangekyo merupakan peningkatan dari Sharingan biasa. Artinya level kekuatan Sarada juga sudah sangat meningkat meskipun masih belum diperlihatkan seperti apa peningkatan kekuatannya. Dan ada juga hal menarik yang dihadirkan dari Mangekyo milik Sarada ini.

Bentuk atau pola dari Mangekyo Sharingan milik Sarada mirip seperti bentuk matahari. Yang menarik adalah sebenarnya Kishimoto sendiri sudah sejak lama memberikan petunjuk mengenai pola Mangekyo Sharingan milik Sarada ini sebelum kemudian benar-benar muncul di manganya. Dengan Sarada memiliki Mangekyo Sharingan, artinya dia sudah jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Meskipun begitu, Sarada masih pelu belajar untuk bisa mengendalikan penuh kekuatannya. Untungnya, saat ini, Boruto sudah mulai memasuki momen timeskip selama empat tahun yang mana mungkin waktu tersebut cukup untuk belajar menguasai kemampuan barunya. Diyakini juga jika Mangekyo ini akan jauh lebih kuat dari Sasuke.

Ada beberapa alasan mengapa kemudian Sarada akan jadi jauh lebih kuat dari Sasuke. Pertama adalah alur cerita atau narasi. Sudah bukan hal aneh jika dalam cerita fiksi seperti manga sang anak selalu berhasil melampaui pecapaian atau kekuatan orang tuanya. Ini juga yang mungkin akan terjadi kepada Sarada pada masa depan.

Kedua, Sarada peduli pada Boruto. Seperti halnya Naruto yang peduli terhadap Sasuke yang membuatnya termotivasi untuk jadi lebih kuat agar bisa membawa rekannya tersebut kembali ke Konoha, Sarada juga akan menjadi jauh lebih kuat demi menolong Boruto. Sarada peduli terhadap Boruto dan motivasi ini akan membuatnya jauh lebih kuat, bahkan dari Sasuke.

Kekuatan Mangekyo Sarada

Untuk saat ini, memang kita masih belum tahu peningkatan kekuatan apa saja yang akan diberikan Kishimoto terhadap Sarada dengan Mangekyo Sharingan tersebut. Namun, kemungkinan besar dia akan mampu membaca pergerakan musuh dalam pertempuran dengan jauh lebih mudah. Pergerakannya juga akan jauh lebih luwes dan lincah.

Namun, peningkatan kekuatan terbesar yang mungkin akan Sarada dapatkan pasca membangkitkan matanya adalah berbagai kemampuan epik dan dahsyat dari Mangekyo Sharingan. Misalnya, Sarada akan mampu menggunakan teknik Amaterasu. Berbeda dengan versi Sasuke, Amaterasu versi Sarada bisa jadi akan jauh lebih kuat dan dahsyat.

Dengan pola matahari, mungkin panas api dari teknik tersebut akan sama dengan panas matahari atau berkaitan dengan panas matahari. Sarada juga akan mampu membangkitkan Susanoo. Meskipun Sharingan milik Sarada belum mencapai Eternal Mangekyo Sharingan, namun kedahsyatan Susanoo milik Sarada tidak akan kalah dari sang ayah.

Susanoo miliknya juga akan memiliki pedang dan bisa jadi berwarna ungu. Susanoo Sarada juga bisa jadi mirip seperti Itachi dan Sasuke di mana terdapat pedang besar yang bisa jadi senjata utamanya. Pada intinya, Sarada bisa memanfaatkan kekuatan Mangekyo Sharingan miliknya untuk mengaktifkan Susanoo saat berhadapan dengan musuh kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.