Industri hiburan Hollywood sering kali menghadirkan berbagai film atau serial sukses yang beberapa di antaranya melibatkan aktor cilik. Popularitas film dan kualitas akting para aktor cilik inilah yang kemudian membuat mereka mendapatkan ketenaran pada usia yang realtif muda. Namun, ternyata tidak semua aktor cilik dapat mempertahankan momentum kesuksesannya saat lebih dewasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas enam aktor cilik Hollywood yang memutuskan untuk pensiun dini karena karier mereka meredup setelah dewasa. Di mana beberapa di antaranya bahkan ada yang sampai mendapatkan hujatan karena dianggap tidak layak untuk kembali tampil di layar lebar ataupun layar kaca.

Shirley Temple

Bagi yang belum tahu, Shirley Temple adalah seorang aktor veteran dari era tayangan hitam putih yang sampai sekarang pengalaman pahitnya sering dijadikan contoh oleh para aktor Hollywood. Memulai karier aktingnya sejak masih berusia 3 tahun (1932), Temple berhasil memenangkan Juvenile Academy Award (1935) dan menjadi bintang papan atas Hollywood pada tahun 1930-an. Sayangnya karier aktor cilik yang membintangi film Heidi ini meredup ketika usianya lebih dewasa. Alasannya karena tidak banyak film yang membutuhkan Temple versi dewasa. Hal inilah yang membuatnya pensiun pada usia yang relatif muda, yaitu 22 tahun. Temple meninggal tahun 2014 silam pada usia 85 tahun.

Mara Wilson

Dari masa lampau sekarang kita melompat ke masa sekarang, di mana mantan aktor cilik Mara Wilson juga merasakan kariernya meredup ketika menginjak usia dewasa. Terkenal sebagai bintang film Matilda dan Independence Day, Wilson akhirnya memutuskan untuk pensiun dini seiring bertambahnya usia karena standar kecantikan industri Hollywood yang menurutnya sangat ketat. Dilansir dari People, pada saat itu Wilson sempat mengatakan bahwa dia hanya punya tiga pilihan: satu melakukan operasi plastik, dua memainkan peran pendukung, atau tiga menyerah dengan karier aktingnya di Hollywood. Wilson tampaknya lebih memilih yang ketiga, karena kedua pilihan lainnya tidak lebih baik untuknya.

Jeff Cohen

Bagi sebagian aktor cilik Hollywood sepertinya pubertas adalah salah alasan mengapa karier mereka meredup. Hal ini dialami juga oleh Jeff Cohen yang langsung menghilang tidak lama setelah membintangi film populer The Goonies sebagai Chunk. Dia pernah mengatakan kepada The Daily Mail, bahwa pubertas telah membuatnya kehilangan banyak berat badan. Hal inilah yang membuat industri hiburan Hollywood tidak pernah meliriknya lagi dan lebih memilih aktor cilik lain yang tubuhnya masih gemuk demi kebutuhan cerita. Mirisnya Cohen sebenarnya mengaku bahwa akting adalah cinta pertamanya, tetapi keadaan membuatnya mau tidak mau harus pensiun dini.

Mary-Kate dan Ashley Olsen

Mary-Kate dan Ashley adalah mantan aktor cilik yang memulai karier aktingnya sejak berusia 9 tahun dan terbilang cukup populer pada masanya. Setelah berhasil membintangi film Full House, pada saat itu banyak film dan iklan yang menggaet Olsen bersaudari sampai sempat menjadikan mereka salah satu aktor cilik yang bergelimang harta dan popularitas. Sayangnya ketika lebih dewasa sedikit sekali film yang kembali melibatkan mereka, sampai akhirnya Mary-Kate dan Ashley pensiun dini untuk memulai karier di dunia fashion. Sekarang adik mereka yang bernama Elizabeth Olsen justru lebih berhasil di dunia akting dan terkenal sebagai pemeran Wanda Maximoff alias Scarlet Witch di waralaba MCU.

Macaulay Culkin

Siapa yang tidak mengenal Macaulay Culkin? Hampir setiap liburan natal filmnya yang berjudul Home Alone selalu ditayangkan di saluran televisi tanah air. Dia bahkan kembali membintangi sekuelnya yang berjudul Home Alone 2: Lost in New York dan juga film populer lainnya Richie Rich. Sayangnya karier aktor cilik ini perlahan-lahan meredup ketika menjelang dewasa. Yang lebih parahnya lagi, orang tua Culkin sempat dilaporkan telah menghambur-hamburkan uangnya sampai tidak tersisa lagi. Sekarang, Culkin sendiri telah move on dari masalah yang disebabkan oleh kehidupan lamanya, dan lebih memilih untuk fokus pada minat dan proyek pribadinya dalam dunia musik.

Jake Lloyd

Terakhir, aktor cilik yang terpaksa pensiun dini karena kariernya meredup bahkan sebelum dewasa adalah Jake Lloyd. Lebih tepatnya alasan mengapa Lloyd berhenti adalah karena hujatan dari para oknum penggemar Star Wars yang toksik. Semuanya bermula ketika Lloyd membintangi film Star Wars: Episode I – The Phantom Menace pada tahun 1999 sebagai Anakin Skywalker muda. Meskipun aktingnya cukup bagus ternyata menurut Lloyd pada saat itu banyak penggemar Star Wars yang menghujatnya bahkan teman-teman di sekolahnya sampai merundungnya. Hal inilah yang menjadi pemicu utama mengapa dia berhenti akting setelah sempat membintagi dua film lain yang tidak terlalu populer.

Itulah lima aktor cilik yang akhirnya pensiun dini karena kariernya meredup ketika lebih dewasa. Kasus seperti mereka ini sebenarnya merupakan fenomena yang cukup sering terjadi di industri hiburan. Sampai hari ini beberapa mantan aktor cilik ada yang memilih untuk mengambil jalan lain dalam hidup mereka, sementara yang lainnya masih terus berjuang untuk menemukan kesuksesan di dunia hiburan. Meskipun perjalanan mereka berbeda, kelima keenam aktor ini tetap menjadi bagian penting dalam sejarah perfilman dunia khususnya Hollywood.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.