Marvel Universe adalah dunia superhero yang di dalamnya ada banyak karakter dengan identitas ikonis dan kekuatan luar biasa. Nah dari ratusan bahkan mungkin ribuan karakter yang telah diperkenalkan Marvel, beberapa di antaranya telah mewariskan identitas dan kekuatan mereka kepada banyak individu lainnya. Hal inilah yang kemudian menciptakan sejarah panjang dan warisan yang megah di Marvel Universe. Berikut ini delapan jati diri superhero Marvel yang terus diwariskan kepada para penerusnya, baik pria maupun wanita, dengan identitas dan kekuatan super yang pada umumnya selalu sama!

Black Panther

Black Panther adalah identitas superhero Marvel yang sampai hari ini terus diwariskan kepada penerusnya. Meskipun sejarah Wakanda mencatat Bashenga yang hidup sekitar ribuan tahun lalu sebagai pionir Black Panther, faktanya Mosi adalah manusia yang pertama kali menggunakan identitas tersebut sekitar satu juta tahun sebelum Masehi. Sejak saat itulah identitas Black Panther dilanjutkan oleh para penerusnya yang biasanya pemimpin Wakanda atau orang-orang yang terbukti berhasil bertahan hidup setelah mengonsumsi Heart-Shape Herb. Raja T’Challa adalah yang paling lama memegang identitas ini di Marvel Universe, sedangkan adiknya Shuri baru saja menjadi Black Panther di MCU.

Moon Knight

Tidak jauh berbeda dari Black Panther yang sering digambarkan sebagai perwakilan Dewi Panther Bast, Moon Knight sejatinya adalah avatar dari Dewa Bulan Khonshu. Jadi Marc Spector dan semua alter egonya tidak secara eksklusif mendapatkan nama dan kekuatan Moon Knight. Di peristiwa komik Age of Khonshu, Marc pernah menggunakan kekuatan mistisnya untuk memanggil belasan avatar Khonshu terdahulu yang berasal dari berbagai zaman. Hal inilah yang membuktikan bahwa Moon Knight adalah identitas superhero yang diwariskan. Di MCU sendiri villain Arthur Harrow adalah mantan avatar Dewa Khonshu, sebelum akhirnya dia memutuskan untuk menyembah Dewi Kematian Ammit.

Iron Fist

Saat ini mungkin masih banyak penggemar Marvel yang mengira bahwa Iron Fist hanyalah nama superhero bagi Danny Rand. Faktanya Iron Fist adalah identitas superhero Marvel yang diwariskan secara turun-temurun kepada pelindung kota gaib K’un-Lun. Tinju api dan lambang naga milik Danny sendiri sebenarnya dimiliki juga oleh para Iron Fist lainnya, seperti Fongi Wu, Wu Ao-Shi, dan tentu saja Fan Fei yang menjadi anggota 1 Million BC Avengers bersama Black Panther Mosi. Di mana mereka semua umumnya baru diakui sebagai Iron Fist setelah berhasil mengalahkan naga Shou-Lao the Undying. Tahun lalu Danny yang pensiun bahkan telah mewariskan mantelnya kepada Iron Fist baru, Lin Lie.

Black Knight

Ketika Dane Whitman alias Black Knight debut di komik Avengers pada tahun 1960-an, tidak sedikit penggemar yang langsung sadar bahwa identitas superheronya berasal dari masa lalu. Selain dari penampilannya yang lebih mirip seperti kesatria abad pertengahan, Dane juga baru mejadi Black Knight setelah mendapatkan warisan berupa Ebony Blade dari pamannya. Black Knight pertama adalah Sir Percy yang eksis pada abad ke-6, kemudian pada masa modern keturunannya yang bernama Nathan Garrett melanjutkan warisannya sebagai supervillain Black Knight. Seperti yang kita tahu sekarang identitas superhero Marvel ini telah diwariskan kepada Dane yang tidak lain adalah keponakan Garrett.

Captain America

Dalam sejarah Marvel ada banyak sekali karakter yang menggunakan identitas Captain America. Bahkan sebelum Steve Rogers, leluhurnya yang bernama Steven Rogers sudah lebih dahulu menggunakan identitas Captain America pada era Perang Revolusi Amerika. Meskipun banyak dari Captain America yang merupakan super-soldier, seperti Steve, dan Isaiah Bradley, tetapi ada juga inkarnasi yang memiliki kekuatan berbeda seperti Carl Zante, William Naslund, dan mantan Falcon Sam Wilson. Siapa pun alter egonya dan apa pun kekuatannya, identitas superhero Marvel ini selalu diwariskan bersamaan dengan perisai dan kostum bergambar bintang dan garis seperti bendera Amerika.

Ghost Rider

Ghost Rider adalah identitas superhero Marvel selanjutnya yang terus diwariskan kepada orang-orang yang menarik perhatian iblis Zarathos. Meskipun Johnny Blaze adalah Ghost Rider pertama yang diperkenalkan di Marvel Universe, tetapi secara kronologis sekitar satu juga tahun sebelum Masehi sudah ada seorang Ghost Rider lain yang mengendarai seekor mammoth. Pada zaman Hyborian juga sudah ada Ghost Rider yang mengendarai monster laba-laba raksasa dan bergabung dengan Savage Avengers. Saat ini Johnny sendiri bahkan berbagi identitas Ghost Rider dengan Robbie Reyes. Di mana mereka semua mempunyai kepala tengkorak api dan jurus andalan Penance Stare yang sangat mematikan.

Thor

Thor memang merupakan nama asli Thor Odinson yang terkenal sebagai God of Thunder dari Asgard. Namun di mitologi Nordik sendiri Thor sebenarnya adalah sebuah kata yang artinya guntur. Itulah mengapa ketika ada karakter Marvel yang bisa mengangkat palu kosmik Mjolnir, mereka biasanya akan langsung menjadi Thor atas seizin All-Father Odin, seperti Beta Ray Bill dan Jane Foster. Tidak hanya identitas superhero mereka saja yang diwariskan, tetapi juga julukannya sebagai God of Thunder di Marvel Universe. Bahkan menurut Odinson sendiri kekasihnya Jane adalah Thor yang lebih hebat darinya. Sayangnya Jane meninggal karena kanker, sebelum dibangkitkan kembali sebagai seorang Valkyrie.

Captain Britain

Satu lagi identitas superhero yang diwariskan kepada banyak karakter di Marvel Universe bahkan multiverse adalah Captain Britain. Semuanya bermula dari keinginan misterius penyihir omniverse bernama Merlin yang sengaja menunjuk Brian Braddock untuk menjadi pelindung Inggris yang bernama Captain Britain. Seiring dengan berjalannya waktu ternyata pemilik kemampuan terbang dan kekuatan super ini tidak hanya Brian, tetapi semua pendahulu dan penerusnya yang akan datang, termasuk varian multiverse yang tergabung dalam Britain Corps. Baik wanita, pria, gorila, naga, siluman kucing sampai siluman kadal yang terpilih, semuanya tetap menggunakan identitas Captain Britain.

Itulah delapan identitas superhero Marvel yang diwariskan kepada banyak penerus dengan jati diri yang kurang lebih sama. Berbeda kasusnya dari Spider-Man yang diteruskan oleh hero lain seperti Scarlet Spider dan Spider-Woman atau Iron Man yang perjuangannya diteruskan oleh Ironheart, kedelapan identitas superhero ini umumnya tidak pernah berubah siapa pun yang alter egonya. Meskipun di antara mereka mungkin ada yang memiliki kekuatan unik sebagai pembeda, tetapi pada dasarnya sebutan mereka tidak pernah melenceng dari versi aslinya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.