Di Marvel Comics, ada banyak superhero dan villain dengan kekuatan dahsyat. Masing-masing dari mereka berlomba memamerkan kekuatan demi menjadi yang terkuat. Namun selain dari segi kekuatan, ternyata ada juga hal lain yang menjadi daya tarik dari para superhero dan villain di Marvel Comics, yaitu kekayaan. Dengan kekayaan, seseorang akan memiliki sumber daya melimpah. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas para villain di Marvel yang dianggap paling kaya. Siapa saja mereka? Simak berikut ini!

Obadiah Stane

Geeks masih ingat dengan villain yang pertama kali Tony Stark hadapi di film Iron Man? Dia adalah Obadiah Stane yang memiliki nama lain Iron Monger. Meski dianggap parasit dalam Stark Industries, tetapi dia juga dikenal sebagai pengusaha yang juga memiliki perusahaannya sendiri di bernama Stane International. Perusahaannya tersebut mirip dengan Stark Industries yang sama-sama menjual senjata. Seperti yang kita ketahui bahwa Obadiah Stane hampir mengambil alih Stark Industries dari tangan Tony Stark setelah orang tuanya meninggal. Tetapi kemudian Tony berhasil menghentikan rencana jahat Stane. Diketahui bahwa Obadiah Stane memiliki total kekayaan bersih lebih dari 100 juta dolar. Tetapi tentu saja Tony Stark jauh lebih kaya darinya.

Magneto

Rasanya semua akan tahu bahwa Magneto adalah musuh bebuyutan X-Men. Sebenarnya, Magneto tidak bisa disebut villain sesungguhnya, karena dia juga pernah beberapa kali membantu X-Men. Tetapi Magneto lebih sering menjadi musuh mereka. Magneto yang bernama asli Erik Lehnsherr memang mengalami masa kecil yang suram, karena dia menghabiskan waktu di kamp konsentrasi Nazi. Dan setelah keluar, kekuatannya muncul. Dia percaya bahwa mutan adalah evolusi yang lebih sempurna dari manusia biasa, dan karena itulah dia berkonflik dengan X-Men. Selama menjadi villain, Magneto sudah mengumpulkan kekayaan sebesar 900 juta dolar.

Emma Frost

Meski jarang tampil, tetapi Emma Frost dikenal sebagai salah satu villain kuat di Marvel Universe. Memang dia berada di antara garis tipis antara villain dan superhero selama bertahun-tahun. Di satu sisi, Emma Frost bergabung dengan X-Men. Tetapi di sisi lainnya, dia juga bergabung dengan Hellfire Club. Sebenarnya Emma Frost sangat kaya raya, berkat kekayaan orang tuanya. Tetapi Frost sempat menolak uang pemberian ayahnya dan menjadi tunawisma. Frost kemudian mendapat banyak uang ketika dia menjadi White Queen di Hellfire Club. Karena itulah dia bisa memperoleh kekayaaan sebesar 1-3 miliar dolar. Itulah akhirnya yang mengubah kehidupan Emma Frost dari seorang tunawisma menjadi miliarder.

Harry Osborn

Sama seperti Emma Frost, Harry Osborn juga memiliki orang tua yang sangat kaya. Semua orang tahu bahwa ayahnya, Norman Osborn, menjadi pemilik dari Osborn Corps. Namun setelah ayah Harry tewas saat melawan Spider-Man, Harry berusaha membalaskan dendamnya terhadap Spider-Man dan berusaha mencari cara untuk mengalahkannya. Dialah yang menjadi penerus Green Goblin dan mewarisi kekayaan ayahnya. Sebagai pewaris, Harry Osborn mendapatkan kekayaan lebih dari 10 miliar dolar, dan menghabiskan kekayaannya tersebut untuk mencari cara untuk melawan Spider-Man.

Norman Osborn

Nah berikutnya dalam daftar ini tentu saja adalah Norman Osborn, ayah Harry. Harry menjadi sangat kaya seperti sekarang karena bantuan Norman. Terlepas dari kematiannya, Norman kembali naik ke tampuk kekuasaan sekali lagi setelah kematiannya dan sejak itu dia menjadi villain utama di Marvel. Bahkan dia juga pernah masuk ke dalam pemerintahan dan menjadi Iron Patriot, pemimpin dari Dark Avengers. Dia juga menggunakan kekayaannya untuk membuat onar, dengan meneror kota selama bertahun-tahun. Karena Norman mewariskan kekayaannya kepada Harry, maka kekayaan Norman tidak berbeda dengan Harry yaitu 10 miliar dolar.

Aldrich Killian

Di MCU, Aldrich Killian dibuat jauh lebih hebat daripada di komiknya. Dalam komik, Killian hanyalah ilmuwan biasa yang membantu Maya Hansen dalam membuat virus berbahaya Extremis. Namun dalam MCU, Killian menjadi villain utamanya yang menjual Extremis kepada banyak villain. Hasil jual beli virus itulah yang membuat Killian menjadi sangat kaya karena banyak penjahat yang rela menggelontorkan dana besar untuk membeli virus itu. Dari situlah Killian mendapat kekayaan yang sangat besar dan diperkirakan Killian memiliki total kekayaan lebih dari 12 miliar dolar. Angka yang fantastis sebagai villain Tony Stark.

Red Skull

Geeks tentu tahu bahwa Red Skull adalah seorang pemimpin dari kelompok jahat yang dikenal sebagai Hydra. Dialah musuh bebuyutan Captain America dan keduanya sudah sering dipertemukan. Sebagai pemimpin HYDRA, sebuah organisasi teroris terkenal, tentu dia akan mendapat banyak uang dari organisasi itu. Dia memiliki banyak hubungan dengan para pemimpin bisnis dan politik di seluruh dunia, terutama dengan perusahaan yang terafiliasi dengan HYDRA. Sayangnya, kekayaan Red Skull tidak diketahui secara pasti, tetapi kemungkinan Red Skull memiliki kekayaan yang lebih besar dari Killian.

Loki

Sebagai dewa, tentunya Loki sangat kaya raya. Tetapi tidak diketahui secara pasti berapa total kekayaannya. Dialah anak angkat dari Odin sekaligus saudara laki-laki Thor. Sebagai bagian dari keluarga Asgard, maka akan sulit untuk menghitung kekayaannya. Secara tidak langsung, Loki adalah sosok yang membuat Avengers terbentuk. Dengan kekuatan sihirnya, Loki terbukti mampu membuat Avengers kelimpungan. Selain itu, tipu daya loki yang menjadi senjata utamanya, di mana dia bisa memecah belah kepercayaan musuhnya. Dan karena putra raksasa Frost Laufey, maka dia diberkahi dengan kekuatan dahsyat.

Kingpin

Villain kedua terkaya dalam daftar ini adalah Wilson Fisk alias Kingpin. Dia adalah penguasa di dunia kriminal yang menjadi musuh bebuyutan Daredevil, Spider-Man, dan The Punisher. Karena mampu mengendalikan dunia kriminal, dia juga bisa menggunakan kekuasaannya untuk menjadi walikota New York. Sebenarnya Kingpin tidak memiliki kekuatan yang dahsyat, tetapi dengan kekayaannya, dia bisa menyewa para pasukan terbaik yang siap melindungi. Dia juga bisa membeli berbagai persenjataan yang kuat untuk menghabisi para pahlawan. Dengan kekayaan bersih lebih dari 40 miliar dolar, dia bisa mendanai dan mendapatkan uang melalui berbagai usaha kriminal.

Doctor Doom

Villain terkaya dalam daftar ini adalah Doctor Doom, yang merupakan musuh lama Fantastic Four. Dia jugalah penguasa dari bangsa Latveria, ahli sihir, dan ilmuwan jenius yang menjadi villain utama dalam Secret Wars. Selama ini, perjalananya sebagai villain tidak hanya memberinya kekuatan tetapi juga kekayaan dalam jumlah besar. Dia diperkirakan memiliki kekayaan bersih lebih dari 100 miliar dolar, lebih kaya dari siapapun dalam daftar ini, bahkan Tony Stark. Hal itu wajar mengingat dia adalah penguasa dari Latveria, sebuah negara yang konon menyimpan banyak harta karun.

Itulah dia Geeks beberapa villain paling kaya di Marvel Universe. Tentu saja kekayaan tersebut membuat mereka menjadi lebih berbahaya dan patut diwaspadai. Dengan kekayaan, mereka mampu mendapatkan sumber tabahan kekuatan yang tidak diperkirakan musuh.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/