Avengers adalah tim superhero yang pertama kali diperkenalkan di dunia komik superhero Marvel Universe sekitar tahun 1960-an. Sampai hari ini salah satu tim superhero andalan Marvel ini dikenal sebagai Earth’s Mightiest Heroes yang telah berhasil melindungi Bumi dari berbagai ancamannya. Namun tahukah kalian walaupun mempunyai julukan ‘pahlawan terkuat dari Bumi’, dan di Marvel Universe sendiri sudah ada Guardians of the Galaxy yang mengumpulkan superhero alien, ternyata ada beberapa karakter ikonis dari luar Bumi yang pernah gabung juga dengan Avengers. Siapakah mereka? Simak di bawah ini, Geeks!

Mar-Vell

Jauh sebelum Carol Danvers menjadi Captain Marvel seperti saat ini, komik Marvel Super-Heroes #12 (1967) sudah lebih dahulu memperkenalkan pejuang Kree bernama Mar-Vell sebagai alter ego pertamanya. Meskipun lahir dan tumbuh di Planet Hala, tetapi ketika tiba di Bumi untuk membawa kemenangan Kree atas manusia, Mar-vell justru malah menjadi superhero yang melindungi Bumi dari segala ancamannya termasuk dari bangsanya sendiri. Hal inilah yang kemudian mengantarkannya menjadi salah satu alien pertama yang bergabung dengan Avengers. Cara pandang heroiknya ini bahkan diwariskan secara tidak langsung kepada para penerusnya di Marvel Universe.

Marvel Boy

Debut di komik Marvel Boy Vol. 2 #1 (2000), karakter bernama asli Noh-Varr ini sejatinya adalah alien Kree yang berasal dari semesta alternatif Earth-200080. Menskipun tumbuh sebagai seorang tentara super Kree, tetapi pada akhirnya Marvel Boy memberontak melawan bangsanya sendiri demi melindungi Bumi. Hal inilah yang lantas menarik perhatian tim superhero Bumi seperti Avengers untuk melibatkan alien yang satu ini dalam pertempuran Avengers Vs. X-Men. Dengan kekuatan fisik super dan kemampuan terbangnya, Marvel Boy bahkan pernah diceritakan bergabung juga dengan cabang Avengers lainnya, seperti Dark Avengers, Young Avengers, dan West Coast Avengers.

Thor

Meksipun Thor lebih dikenal sebagai seorang dewa, tetapi karena dia berasal dari luar Bumi tepatnya dari Asgard, secara teknis dia juga merupakan seorang alien. Hebatnya, selain terkenal sebagai God of Thunder, alien yang satu ini juga adalah seorang pendiri Avengers dalam sejarah Marvel. Semuanya bermula dari rencana adiknya Loki yang berusaha menguasai Bumi dengan sihir dan tipu muslihatnya. Sebagai perwakilan dewa sekaligus alien pertama yang bergabung di Avengers, statusnya yang diakui sebagai ‘Pahlawan Terkuat dari Bumi’ secara tidak langsung telah membuka jalan bagi alien lain untuk bergabung dengan Avengers.

Hercules

Sama seperti Thor, Hercules adalah alien dari luar Bumi yang dianggap sebagai salah satu dewa dari Olympus oleh para manusia. Sejatinya dia adalah demigod yang lahir dari ibu manusia dan ayah yang tidak lain adalah Raja Olympian Zeus. Setelah masa mudanya di Bumi berakhir, dia langsung dibawa kembali oleh Zeus ke Olympus. Namun pada era modern versi Marvel Comics, Hercules diceritakan kembali ke Bumi sebagai superhero yang akhirnya bergabung dengan Avengers sebagai salah satu anggota terkuat bersama Thor. Meskipun Hercules sering berselisih paham dan berkonflik dengan sang God of Thunder, tetapi kedua punya tujuan yang sama yaitu melindungi Bumi sebagai Avengers.

Starfox

Penggemar setia Marvel pasti tahu siapa Starfox. Karakter yang mempunyai nama asli Eros ini melakukan debutnya di komik Iron Man #55 (1972), sebagai saudara kandung Thanos yang sifatnya cukup berlawan dengan sang Mad Titan. Dengan kemampuannya yang bisa membuat orang di dekatnya jatuh cinta, Starfox dikenal sebagai alien Titan yang sering melanglang buana di galaksi sebagai seorang pujangga cinta. Meskipun kisah pertamanya di Bumi harus dimulai dengan tinjuan She-Hulk yang berusaha dia goda, pada akhirnya Starfox bergabung juga dengan Avengers untuk menghadapi alien lain sekelas Terminus dan tentu saja kakaknya Thanos.

Abyss

Dalam sejarah Avengers di Marvel Universe, Abyss termasuk anggota baru yang gabung diceritakan bergabung dengan Earth’s Mightiest Heroes tidak lama setelah debutnya di komik Avengers Vol. 5 #17 (2013). Sebagai seorang alien dari luar Bumi, Abyss bersama saudaranya Ex Nihilo mempunyai tugas untuk menghancurkan planet-planet lemah seperti Bumi. Hal inilah yang membuatnya hampir bertarung dengan avengers di Mars, sebelum perwujudan kosmik Captain Universe datang dan memberi tugas baru kepada Abyss untuk melindungi alam semesta. Pada titik inilah Abyss mulai menggunakan kemampuannya yang mampu mengendalikan pikiran alien lain untuk tujuan lebih mulia bersama Avengers.

Ex Nihilo

Sama seperti saudarinya, Ex Nihilo adalah alien ciptaan Builder yang mempunyai tugas untuk mengatur alam semesta agar lebih indah. Dalam prosesnya dia bersama adiknya harus menghancurkan planet yang dirasa mempunyai masa depan buruk. Cara pandangnya ini berubah drastis setelah dia mendengarkan penjelasan Captain Universe yang menyatakan bahwa Bumi justru punya arti sebaliknya. Dari sinilah dia memutuskan untuk menjadi bagian dari Avengers, yang memanfaatkan kekuatan alien miliknya untuk mengendalikan tumbuhan, mengendalikan api, dan mengubah genetik mahkluk demi Bumi yang lebih baik sesuai dengan janji Captain Universe.

Itulah para alien yang tercatat pernah bergabung dengan Avengers sebagai Pahlawan Terkuat dari Bumi. Keterlibatan para alien ini mungkin tanpa kita sadari telah membuka peluang untuk eksplorasi budaya, bangsa, dan juga peradaban Marvel Universe yang jauh lebih luas dan beragam. Sehingga bisa dibilang Avengerse sendiri bukanlah tim superhero eksklusif yang hanya melakukan misi-misinya di muka Bumi, tetapi juga di luar angkasa agar bisa lebih memahami perspektif luar Bumi yang sebenarnya, termasuk ancamannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.