Seperti yang kita tahu, Marvel adalah media superhero yang sampai hari ini terus mengembangkan pengaruhnya ke berbagai lini, mulai dari komik, serial televisi, video game, sampai film. Seakan tidak ingin kalah, hal yang sama juga dilakukan oleh World Wrestling Entertainment (WWE) yang sampai hari ini masih menguasai beberapa media hiburan. Tanpa terkecuali film, lewat keterlibatan para pegulat veterannya yang sekarang lebih aktif sebagai aktor. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas persimpangan di antara keduanya, di mana ada enam pemain WWE yang ternyata bintangi film Marvel!

Randy Savage – Spider-Man

Tayang perdana pada tahun 2002, Spider-Man adalah film garapan sutradara Sam Raimi yang bisa dibilang telah berhasil menaikkan standar tayangan superhero versi live action di industri perfilman Hollywood. Selain dibintangi oleh aktor Tobey Maguire sebagai Peter Parker alias Spider-Man, film Marvel populer ini juga dimeriahkan oleh cameo dari juara WWE Randy Savage alias Macho Man sebagai seorang pegulat bernama Bone Saw McGraw. Bone Saw diceritakan kalah dari Spidey dalam sebuah pertandingan gulat karena sang superhero menggunakan kekuatan supernya. Spider-Man sendiri menjadi salah satu film terbaik mendiang Randy Savage yang telah meninggal dunia pada tahun 2011 silam.

Tyler Mane – X-Men

Ketika Tyler Mane tampil di film Marvel sekelas X-Men, mungkin pada saat itu masih banyak penggemar luar Amerika yang tidak sadar bahwa dia adalah seorang bintang WWE yang telah pensiun pada tahun 1996. Faktanya di film superhero yang rilis pada tahun 2000 ini, Mane berperan sebagai villain mutant ikonis yang bernama Sabretooth. Di filmnya Mane terbilang cukup berhasil menghidupkan karakter Sabretooth yang terkenal sadis dan memiliki kekuatan super mirip Wolverine. Karakter Mane ini bahkan sempat bertarung dengan Wolverine dari Hugh Jackman di atas Patung Liberty, sebelum akhirnya Cyclops yang diperankan James Marsden menembakan lasernya untuk menjatuhkan Sabretooth.

Triple H – Blade: Trinity

Jika kalian anak tahun 1990-an yang menggemari tayangan SmackDown, pasti tahu siapa Paul Michael Levesque alias Triple H. Pegulat yang telah memenangkan banyak kejuaraan WWE ini ternyata pernah membintangi film vampir Marvel berjudul Blade: Trinity pada tahun 2004. Di film solo film ketiga Blade yang dibintangi oleh Wesley Snipe ini Triple H berperan sebagai seorang vampir bernama Jarko Grimwood. Karakternya sendiri digambarkan sebagai antek sempurna bagi villain Talos Bersaudara yang terkenal bodoh tetapi mempunyai kekuatan fisik luar biasa. Menjelang ending filmnya, karakter Marvel dari Triple H ini diperlihatkan tewas oleh Hannibal King yang diperankan oleh Ryan Reynolds.

Kevin Nash – The Punisher

Satu lagi bintang WWE yang pernah menjadi antagonis di film Marvel adalah Kevin ‘Vinnie Vegas’ Nash. Pada tahun 2004, veteran WWE ini berperan sebagai karakter yang dijuluki The Ivan di film The Punisher. Selain penampilannya dibuat sangat mirip seperti The Ivan versi komik, kekuatan fisik karakter dari Kevin Nash ini digambarkan sangat tahan terhadap berbagai serangan benda tumpul bahkan tusukan pisau yang dilancarkan Frank Castle alias Punisher. Karakter The Ivan baru tewas karena patah leher setelah Punisher mendorongnya dari ketinggian. Meskipun The Punisher tidak sukses, tetapi penampilan Kevin Nash ini bisa dibilang merupakan salah satu adegan yang menarik dari filmnya.

Dave Bautista – Guardians of the Galaxy

Penggemar setia Marvel Cinematic Universe pasti sudah tidak asing lagi dengan mantan pegulat WWE Dave Bautista yang berperan sebagai Drax the Destroyer di trilogi Guardians of the Galaxy dari sutradara James Gunn. Di filmnya Bautista digambarkan sebagai seorang alien sekaligus anggota Guardians yang mempunyai kekuatan fisik luar biasa. Karakter Drax yang jenaka berhasil membuat Bautista mendapatkan banyak perhatian dari para penggemar Marvel. Sayangnya aktor yang sekarang berusia 54 tahun ini telah menyatakan niatnya untuk pensiun dari MCU, di mana dia berharap ke depannya bisa mendapatkan peran yang lebih beragam sekaligus memorable di industri perfilman Hollywood.

Seth Rollins – Captain America: New World Order

Terakhir, bintang WWE yang baru-baru ini terkonfirmasi akan membintangi film Marvel Cinematic Universe menyusul Dave Bautista adalah Seth ‘Freakin’ Rollins. Hal ini pertama kali terungkap melalui sebuah bocoran foto dari lokasi syuting film Captain America: New World Order yang memperlihatkan Rollins tengah mengenakan kostum villain. Untuk saat ini masih belum diketahui siapa karakter yang akan dia perankan. Namun beberapa orang sudah menduga bahwa Rollins akan menjadi anggota dari tim supervillain bertema ular yang bernama Serpent Society. Film Captain America: New World Order¬†sendiri dijadwalkan untuk tayang perdana pada 3 Mei 2024 mendatang.

Itulah enam pegulat profesional WWE yang bintangi film superhero Marvel. Keterlibatan para bintang WWE yang sekarang menjadi aktor Hollywood ini telah membuktikan bahwa banyak dari mereka yang ternyata mempunyai kualitas untuk berakting, tanpa terkecuali di film-film Marvel baik sebagai hero maupun villain. Khusus untuk Seth Rollins, kita baru bisa melihat penampilan penuhnya saat film Captain America: New World Order tayang di bioskop nanti. Dan tidak menutup kemungkinan juga ke depannya kita akan melihat lebih banyak lagi bintang WWE yang bergabung dengan film-film Marvel selanjutnya.

Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.