Di dunia superhero seperti DC Universe, identitas rahasia sering kali memainkan peran penting dalam kisah perseteruan antara superhero dan supervillain. Misalnya jika identitas Batman terbongkar, selanjutnya akan lebih mudah bagi villain Gotham untuk mengalahkan Bruce Wayne, begitu juga sebaliknya. Hal tersebut bisa terjadi karena identitas rahasia biasanya diikuti oleh informasi penting lainnya yang akan mengungkap masa lalu dan juga kelemahan seseorang, tanpa terkecuali supervillain. Nah khusus pada artikel kali ini kita akan membahas tujuh villain DC yang identitasnya tidak pernah terungkap. Check this out!

Black Racer

Pertama kali diceritakan di komik New Gods #3, Black Racer adalah dewa atau avatar kematian DC yang tugas utamanya hanya satu, yaitu mengejar para permilik kekuatan Speed Force seperti Barry Allen, Wally West, dan lain sebagainya. Sampai sekarang identitas dari villain DC yang konon mampu berlari lebih cepat dari kematian ini sama sekali tidak pernah terungkap. Padahal dalam salah satu kisah DC, Barry alias Flash juga pernah menyandang status sebagai avatar kematian untuk sementara waktu. Artinya Black Racer yang asli seharusnya adalah seorang makhluk hidup juga yang mempunyai nama dan asal-usulnya sendiri seperti Speedster lain yang eksis di DC Universe.

Empty Hand

Sebagai entitas kegelapan DC yang digambarkan mampu menciptakan dan menghancurkan dunia dengan mudah, cukup aneh mengapa identitas asli Empty Hand tidak pernah terungkap sampai sekarang. Padahal pada kemunculan pertamanya sekitar tahun 2017, Empty Hand diceritakan baru saja menghancurkan Multiverse-2 serta memusnahkan para superhero dari banyak semesta alternatif. Namun tidak lama setelah itu perannya hanya dimaksudkan untuk menggambarkan betapa kuatnya Darkseid karena mampu membunuhnya. Meskipun sempat kembali melakukan cameo di peristiwa Dark Crisis, tetapi sampai sekarang nama dan juga rencana utamanya tidak pernah dijelaskan.

Enchantress

Debut pada tahun 1960-an awalnya supervillain Enchantress diceritakan sebagai seorang Succubus dari Nightsade Dimension yang bernama June Moone. Namun seiring dengan perubahan DC Universe, kisahnya direvisi pada era Prime Earth di mana dia digambarkan sebagai penyihir antar dimensi yang merasuki seorang wanita baik bernama June Moone. Jika June Moone adalah seorang manusia, lantas siapa penyihir yang telah merasukinya. Hal inilah yang membuat identitas Enchantress sebagai salah satu villain terkuat DC tidak pernah terungkap dan membuat banyak penggemar bertanya-tanya tentang nasib Moone selanjutnya.

Holiday

Muncul sebagai seorang pembunuh berantai di kisah Batman: The Long Halloween, sampai hari ini terbilang masih banyak sekali misteri yang belum terungkap dari sosok villain DC bernama Holiday. Ketika Batman mencoba mengurai kasus pembunuhan yang selalu terjadi pada hari libur ini, dia menyimpulkan bahwa anak bos mafia Carmine Falcone yang bernama Alberto adalah dalang dari semuanya. Namun ketika Alberto sudah ditangkap, Two Face mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa sebenarnya ada dua orang yang telah menggunakan identitas Holiday untuk membunuh. Sampai hari ini identitas Holiday kedua tersebut masih menjadi salah satu misteri terbesar di DC Universe.

Joker

Berbicara tentang villain DC yang identitasnya tidak pernah terungkap, kurang afdol rasanya jika tidak memasukan sang Clown Prince of Clown, Joker. Musuh bebuyutan Batman ini telah melanglang buana sejak tahun 1940. Namun sampai hari ini, setidaknya di semesta utama DC, tidak pernah diceritakan seperti apa masa lalunya dan siapa nama aslinya. Berbeda dari versi live action yang diberi nama Arthur Fleck oleh sutradara Todd Phillips, nama Joker di komik sepertinya memang sengaja dibiarkan menjadi misteri. Bahkan ketika Batman menggunakan artefak kosmik Mobius Chair untuk melihat sejarah dunia, terungkap bahwa ada tiga orang Joker yang semuanya tidak memiliki nama asli.

Onomatopoeia

Meskipun tidak seterkenal Joker, villain yang satu ini terbilang telah berhasil meninggalkan dampak yang cukup besar di DC Universe. Onomatopoeia adalah seorang pembunuh berantai yang sebagian besar korbannya adalah superhero tanpa kekuatan super. Dalam sejarahnya dia dikenal sebagai villain yang pernah bertarung dengan superhero DC sekelas Green Arrow dan Batman, tetapi ajaibnya sampai hari ini identitas rahasianya tidak pernah terungkap. Bahkan saat menyamar sebagai vigilante bernama Baphomet, yang terbukti berhasil membunuh tunangan Batman yang bernama Silver St. Cloud, DC tidak pernah menjelaskan siapa dan apa motivasi Onomatopoeia melakukan pembunuhan.

Skeleton

Satu lagi musuh Batman yang sampai hari ini identitasnya masih menjadi misteri adalah Skeleton. Satu-satunya informasi yang sudah terkonfirmasi adalah pernyataan Skeleton yang mengaku berasal dari masa lalu Batman. Dengan kemampuan supernya yang mampu meniru kekuatan villain lain, tujuan Skeleton hanyalah membunuh Batman. Namun karena dia berhasil dikalahkan oleh Batman pada kemunculan pertamanya di DC Universe dan tidak pernah muncul lagi, identitasnya sebagai orang dari masa lalu Batman tidak pernah terungkap sampai hari ini.

Itulah tujuh villain ikonis DC yang sampai sekarang identitasnya tidak pernah terungkap. Misteri identitas seperti para villain ini memang sering kali memberikan daya tarik tersendiri kepada para penggemar DC. Karena dengan begitu mereka seperti menciptakan aura kegelapan dan teka-teki yang terus menghantui pikiran kita, contohnya Joker yang dari dahulu sampai sekarang posisinya sulit untuk digantikan. Di sisi lain kemisteriusan mereka secara tidak langsung telah memberikan ruang menarik bagi kita sebagai penggemar untuk berspekulasi tentang karakter dan masa lalunya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.