Setelah berjalan lebih dari dua tahun sejak 2021, saat ini setidaknya sudah ada sembilan film, delapan serial, dan dua tayangan spesial Marvel Cinematic Universe yang menjadi bagian dari Multiverse Saga. Selama itu juga kita telah diperkenalkan pada sejumlah superhero dan supervillain baru yang menambah daftar panjang karakter menarik MCU. Namun tahukah kalian terlepas dari para karakter yang sudah diperkenalkan, sampai hari ini ternyata ada delapan villain ikonis Marvel yang batal tampil di Multiverse Saga karena alasan beragam. Siapa saja mereka? Mari langsung saja simak di bawah ini, Geeks!

Rhino

Seperti yang kita tahu film Spider-Man: No Way Home (2021) adalah film MCU pertama yang mengangkat tema multiverse. Di mana kegagalan mantra Doctor Strange yang disebabkan oleh Peter Parker akhirnya malah membuka portal multiverse dan memboyong dua Spider-Man lainnya bersama villain Green Goblin, Doc Ock, Sandman, Lizard, dan Electro ke MCU. Nah menurut penulis naskah filmnya, Chris McKenna dan Erik Sommers, tadinya mereka juga ingin menghadirkan Aleksei Sytsevich alias Rhino dari The Amazing Spider-Man 2. Namun pada akhinya Rhino batal menjadi salah satu villain di Multiverse Saga, karena mereka mengganti idenya dengan Venom yang hanya muncul di credit scene.

Bushman

Villain selanjutnya yang batal unjuk kekuatan di Multiverse Saga adalah Raul Armand Bushman, salah satu musuh bebuyutan Moon Knight di Marvel Comics. Villain yang terkenal mahir menggunakan senjata dan pertarungan tangan kosong ini sempat masuk ke dalam daftar kandidat untuk antagonis utama di serial Moon Knight (2022) bersama Arthur Harrow. Hal ini disampaikan langsung oleh produser sekaligus kepala penulis serialnya Jeremy Slater. Namun pada akhirnya Slater dan tim kreatif Marvel Studios sepakat untuk mengeluarkannya dari naskah karena sosoknya yang dirasa terlalu brutal dan berpotensi membuat para penggemar MCU merasa kurang nyaman jika melihat versi live action-nya.

Nightmare

Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah film MCU yang bisa dibilang telah berhasil menggambarkan keberagaman sekaligus ancaman multiverse. Dan dari semua kejutan di filmnya yang paling berdampak adalah perubahan Scarlet Witch yang menjadi antagonis utama karena ingin kembali bersama anak-anaknya. Namun tahukah kalian, naskah awal Doctor Strange 2 tadinya akan menghadirkan Nightmare yang mengendarai kuda sebagai villainnya. Di komiknya Nightmare sendiri adalah perwujudan mimpi buruk sekaligus musuh bebuyutan Strange. Alasan mengapa villain mengerikan ini batal tampil di Multiverse Saga adalah karena naskah film Doctor Strange 2 akhirnya diubah total.

Satan

Meskipun mendapatkan respons yang beragam dari penggemar, tetapi secara keseluruhan film Thor: Love and Thunder yang merupakan bagian dari Fase 4 MCU telah berhasil memperkenalkan banyak sekali dewa yang eksis di semestanya. Salah satunya adalah Raja Dewa Olympian’ Zeus, yang senjata Thunderbolt-nya menjadi kunci penting untuk mengalahkan Gorr di ending Love and Thunder. Menariknya berdasarkan sejumlah gambar konsep yang terungkap setelah filmnya tayang, ternyata tadinya posisi Zeus akan diisi oleh Satan. Namun akhirnya ide ini batal dipakai dan membuat villain sekelas Satan harus menunggu kesempatan lain untuk menjadi bagian dari Multiverse Saga.

Galactus

Satu lagi villain besar Marvel yang batal tampil di Multiverse Saga adalah Galactus. Rencana kemunculannya di film Thor Love and Thunder ini terungkap melalui sebuah gambar konsep resmi yang memperlihatkan Jane Foster alias Mighty Thor tengah berhadapan dengan entitas sekuat Galactus di luar angkasa. Semua penggemar Marvel pasti tahu siapa Galactus, dia adalah entitas kosmik yang kekuatannya nyaris Mahakuasa, di mana dibutuhkan banyak superhero untuk mengalahkannya. Mungkin itu juga yang menjadi alasan mengapa akhirnya Marvel Studios membatalkan idenya, karena Jane Foster mungkin akan langsung mati jika menghadapi Galactus seorang diri.

Stilt-Man

Di Marvel Comics, Wilbur Day alias Stilt-Man mungkin tidak seterkenal dan sehebat Kingpin, tetapi dia adalah villain unik yang terbilang cukup sering berhadapan dengan Daredevil. Dengan armor curiannya, Stilt-Man dikenal mampu memanjangkan kakinya agar terlihat lebih tinggi dan mengintimidasi. Ternyata sama seperti di komik, tadinya villain ini hampir muncul sebagai salah satu musuh yang diburu oleh Daredevil di serial She-Hulk: Attorney At Law. Namun menurut salah satu penulis She-Hulk‘ Zeb Wells, pada akhirnya tim kreatif terpaksa membatalkan idenya karena tidak menemukan alasan yang kuat untuk memasukan villain sepertinya, itulah mengapa Stilt-Man batal bersinar di Multiverse Saga.

Psycho-Man

Di awal Fase 5 MCU yang baru dimulai tahun ini, kita akhirnya bisa kembali melihat penampilan salah satu varian Kang di film Ant-Man and the Wasp Quantumania. Namun jauh sebelum Kang ditetapkan untuk menjadi villain utama di filmnya, ternyata tadinya penulis film Ant-Man 3′ Jeff Loveness sempat ingin memboyong musuh Fantastic Four di komik yang bernama Psycho-Man. Kisah komiknya sendiri kurang lebih sama seperti Kang di Ant-Man 3, di mana dia berusaha menguasai Quantum Realm. Alasan mengapa Psycho-Man batal tampil di film Ant-Man 3 mungkin karena big bad villain sekelas Kang dirasa lebih tepat dan lebih berdampak pada Multiverse Saga secara keseluruhan.

Annihilus

Belum lama ini sutradara James Gunn mengungkapkan bahwa dia sempat mempertimbangkan villain kosmik sekelas Annihilus sebagai antagonis utama di film baru Guardians of the Galaxy Vol. 3Di mana tadinya Annihilus akan menjadi sosok yang bertanggung jawab terhadap eksperimen kejam sekaligus evolusi yang dialami oleh Rocket Raccoon. Namun pada akhirnya Gunn merasa bahwa High Evolutionary lebih tepat untuk peran tersebut, sehingga Annihilus batal menjadi salah satu villain yang debut di Multiverse Saga. Di sisi lain, Annihilus terkenal sebagai villain kosmik yang ingin menguasai seluruh galaksi, sehingga mungkin akan lebih baik jika dia hadir di cerita yang lebih besar.

Itulah delapan villain yang sempat dipertimbangkan untuk muncul di Multiverse Saga MCU, tetapi pada akhirnya batal tampil karena berbagai alasan. Perlu kita catat, walaupun rencana debut mereka batal, bukan berarti ke depannya tidak ada kesempatan lain yang bisa memperkenalkan para villain ini. Misalnya saja Galactus dan Annihilus, mereka sebenarnya cukup layak untuk menjadi villain di film Fantastic Four mendatang yang saat ini sangat diantipasi penggemar. Kita lihat saja nanti apakah para villain ini akhirnya akan menemukan jalan untuk muncul di MCU atau tidak. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.