Selama lebih dari delapan dekade, Marvel dikenal sebagai rumah bagi para superhero yang memiliki kekuatan luar biasa serta kisah petualangan seru tanpa akhir. Namun, di antara kebaikan dan keadilan yang mereka perjuangkan, dunia Marvel juga menyembunyikan kengerian yang berasal dari para villain menakutkan. Nah pada ada artikel kali ini kita akan membahas seorang ratu iblis yang terkenal sebagai salah satu personifikasi horor Marvel, yaitu Lilith. Dikenal juga sebagai Mother of Demons, Lilith terbilang sering menjadi sentral dari kisah superhero dan supervillain horor di Marvel Universe. Siapakah sebenarnya dia?

Malaikat, Iblis, Sekaligus Dewi Marvel

Dalam sejarah Marvel ada banyak sekali kisah yang menceritakan awal mula Lilith, yang paling populer adalah ketika dia digambarkan sebagai malaikat yang akhirnya menjadi wanita pertama di muka Bumi. Semuanya bermula ketika dia masih tinggal di Surga versi Marvel sebagai malaikat sekaligus istri dari malaikat Samael yang akhirnya menjadi Satan. Menurut klaimnya, ketika Tuhan menciptakan manusia pertama, Lilith ditugaskan dan diubah menjadi wanita pertama yang tinggal bersama Adam di Bumi. Namun dalam prosesnya dia malah meninggalkan Adam dan kembali kepada iblis Samael.

Selama berabad-abad, Lilith tinggal bersama Samael di Neraka dan melahirkan banyak anak iblis, itulah mengapa dia akhirnya dikenal sebagai Mother of Demons. Selain itu dia juga sering menampakkan diri kepada umat manusia untuk membuat kekacauan di dunia, entah sebagai penyihir maupun dewi palsu. Debut di komik Ghost Rider Vol. 3 #28 (1992), fisik Lilith diperlihatkan muncul dari jasad naga Tiamat yang berada di Greenland Utara. Konfliknya dengan para superhero horor Marvel dimulai ketika Lilith meminta villain horor Nightmare untuk membunuh Ghost Rider Johnny Blaze dan Danny Ketch.

Lilith juga pernah menyuruh salah satu anaknya Fang untuk memburu Morbius, dan keturunan lainnya yang disebut Lilin untuk melawan Doctor Strange beserta kelompok penyihirnya. Di peristiwa ‘Vampire Nation’, Lilith bahkan pernah bersekutu dengan Dracula untuk menguasai Inggris, sebelum Blade dan Captain Britain berhasil menggagalkan rencananya. Kemudian pada penampilan terakhirnya di ‘War of Hell’, dia juga sempat bersekutu dengan Mephisto untuk berperang melawan sejumlah raja iblis, sampai akhirnya pasukan Lilin ciptaannya berhasil mengalahkan pasukan Satana, Pluto, dan Satannish.

Ibu Iblis Lilin Dengan Kekuatan Dahsyat

Karena kisahnya yang sangat beragam dan sudah terbentang sebelum penciptaan manusia, kekuatan dan pengalaman Lilith di Marvel Universe sangatlah luar biasa. Sama seperti supervillain Marvel pada umumnya, kemampuan dasar Lilith meliputi kekuatan fisik, daya tahan, dan stamina super. Dia juga memiliki keabadian serta kebal dari segala penyakit dan racun. Sebagai iblis Lilith juga menguasai sejumlah sihir yang memungkinkannya untuk menembakkan energi hijau, menciptakan perisai energi, melihat masa depan, melakukan teleportasi, bahkan membunuh manusia biasa tanpa menyentuh.

Dari semua kekuatannya, yang membuat eksistensi Lilith di Marvel Universe sangat unik adalah karena dia memiliki kemampuan untuk menciptakan anak-anak iblis yang disebut Lilin, entah dengan memasukannya ke tubuh orang lain atau memanfaatkan jiwa para korbannya. Yang lebih hebatnya lagi banyak dari para Lilin ini yang mengembangkan kecerdasannya sendiri, seperti Fang, di mana dia menguasai sejumlah ilmu sihir serta kemampuan untuk mengakses dunia gaib. Ketika muncul di Bumi, Lilith memang bisa dikalahkan dan dibunuh, tetapi pada akhirnya dia selalu kembali dengan tubuh baru.

Kandidat Villain Utama di Reboot Blade

Semua kemegahan kisah dan kehebatan Lilith di Marvel Universe ini dirumorkan akan diadaptasi juga oleh MCU melalui film reboot Blade. Di mana dia digadang-gadang akan menjadi musuh utama bagi sang pemburu vampir Eric Brooks dari Mahershala Ali. Belum lama ini insider Daniel Richtman bahkan menyebutkan bahwa karakter Lilith versi MCU akan diperankan oleh aktris Mia Goth yang sudah cukup sering membintangi film horor. Meskipun Marvel Studios belum mengeluarkan pernyataan resminya, tetapi sebagai sumber horor Marvel tidak aneh bagi Lilith untuk menjadi villain utama di film Blade mendatang.

Sekian pembahasan tentang Ratu Iblis Lilith yang dikabarkan akan segera menjadi menebar kengeriannya sampai ke jagat sinema live action MCU. Terlepas dari kebenarannya nanti, status Lilith sebagai Queen of Evil sekaligus Mother of Demons di Marvel Universe tidak akan pernah tergantikan, setidaknya untuk sekarang. Karena sampai hari ini dia masih eksis dan belum ada iblis wanita lain yang punya pengalaman sebanyak Lilith. Untuk film reboot Blade sendiri rencananya akan tayang perdana pada 6 September 2024 mendatang. Jadi kita nantikan saja kejutannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.