Terhitung sejak tanggal 2 Mei lalu, Marvel Studios adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan produksi film Hollywood yang terkena dampak protes dan mogok kerja Writers Guild of America (WGA). Di mana hal tersebut ditandai dengan banyaknya penulis Marvel yang menghentikan sejumlah proyek mereka. Tuntutan WGA untuk upah yang adil dan pengawasan terhadap teknologi AI di kalangan penulis ini, sekarang kembali dilaporkan telah memaksa Marvel hentikan produksi series Fase 5 MCU, yaitu Daredevil: Born Again.

Sebagai pengingat, sebelumnya produksi sebuah tayangan MCU yang dipercaya Wonder Man sempat dikabarkan telah dihentikan secara paksa karena WGA telah menutup salah satu lokasi syuting di Hollywood. Setelah itu kemarin dampak dari protes WGA ini juga telah mendorong Marvel untuk membatalkan rencana produksi film Blade yang tadinya akan dimulai pada bulan Mei ini. Berdasarkan semua itu, bukan tidak mungkin ke depannya akan ada lebih banyak lagi produksi tayangan MCU yang terkena dampak susulan.

Dilansir dari Deadline, Marvel telah hentikan produksi series Daredevil: Born Again yang merupakan bagian dari Fase 5 MCU terhitung efektif mulai tanggal 8 Mei kemarin. Sejak saat itu belum ada laporan terbaru yang mengindikasikan bahwa proses syuting seriese-nya telah kembali dilanjutkan. Tidak sedikit yang percaya bahwa hal ini akan bertahan setidaknya sampai mogok kerja Writers Guild of America dinyatakan telah selesai. Hal yang sama berlaku juga untuk produksi tayangan MCU lain yang sebelumnya sempat tertunda.

Laporan tentang penghentian syuting series Daredevil: Born Again ini bahkan dikonfirmasi langsung oleh showrunnernya, yaitu Warren Leight yang juga aktif sebagai salah satu kapten WGA. “Tampaknya kita sudah selesai untuk hari ini di studio Silvercup East, karena ‘Daredevil’ telah resmi mengakhiri syutingnya sebagai tanggapan atas #WGASTRONG,” ungkap Warren Leight melalui akun Twitter pribadinya.

Dengan terus berlanjutnya protes WGA yang sampai sekarang masih belum mendapatkan respons memuaskan dari sejumlah perusahaan produksi film, kemungkinan series Daredevil: Born Again ini bukan tayangan MCU terakhir yang resmi Marvel hentikan produksi dan semua aktivitasnya. Kemungkinan terburuknya, dampak dari penghentian produksi ini bisa sangat berpengaruh juga pada jadwal tayang masing-masing film atau series MCU ke depannya. Semoga masalahnya cepat selesai ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.