Pada era yang penuh keterbukaan dan keberagaman seperti saat ini industri perfilman Hollywood telah menjadi rumah impian bagi banyak aktor dan aktris internasional. Menariknya, bahkan ada beberapa aktor Indonesia yang telah mendapatkan kesempatan langka untuk memainkan peran antagonis dalam sejumlah film sukses Hollywood. Mulai dari tampil sebagai villain utama yang menjadi elemen penting di filmnya, sampai secondary villain yang juga berhasil memukau penggemar di seluruh dunia. Berikut ini tujuh film Hollywood di mana aktor Indonesia terkenal sebagai pemeran villain!

Fast & Furious 6 (2013)

Di tanah air, Joe Taslim dikenal sebagai seorang mantan atlet judo yang kini lebih aktif sebagai seorang aktor. Dua tahun setelah sukses berperan sebagai petugas keamanan negara bernama Jaka di film The Raid (2011), Joe kembali memukau para penggemar Indonesia dan Hollywood lewat penampilannya sebagai aktor villain di film Fast & Furious 6. Karakternya yang bernama Jah diceritakan sebagai anak buah villain utama Owen Shaw yang sangat terampil dalam pertarungan tangan kosong. Saking tangguhnya, dia mampu mengalahkan Roman dan Han seorang diri. Karakter Joe ini baru mati setelah Tej mendorong mobilnya ke mesin pesawat kargo menjelang ending Fast & Furious 6.

Star Trek Beyond (2016)

Mulai dikenal sebagai aktor Indonesia yang berkiprah di kancah internasional, Joe Taslim kembali muncul di film sci-fi Star Trek Beyond sebagai secondary villain bernama Manas. Karakter Joe ini awalnya adalah seorang manusia bernama Anderso Le yang kehidupannya mulai berubah setelah tubuhnya bermutasi menjadi alien reptil. Dia bersama villain utama Krall, yang juga mengalami mutasi akibat teknologi perluasan bangsa alien, ingin menuntut balas pada Federasi Planet karena telah membuang mereka. Pada akhirnya Manas yang terkenal kuat dan kejam ini tewas karena jatuh dari ketinggian setelah sempat bertarung dengan alien baik bernama Jaylah.

Mile 22 (2018)

Dari Joe Taslim sekarang kita beralih ke aktor Indonesia lainnya yaitu Iko Uwais yang juga sempat menjadi villain di film Hollywood berjudul Mile 22. Awalnya tidak ada yang menyangka bahwa karakter Iko yang bernama Li Noor adalah villain utama di filmnya. Hal tersebut bisa terjadi karena di awal film dia digambarkan sebagai agen sekaligus korban pemerintah Indocarr yang membutuhkan pertolongan dari agen CIA Silva dan Alice untuk kabur dari negaranya yang korup. Di ending akhirnya terungkap bahwa Li Noor sejatinya adalah seorang triple agen jahat yang selama ini berhasil menipu CIA.

Stuber (2019)

Stuber adalah film bergenre aksi komedi yang lagi-lagi menghadirkan aktor Indonesia’ Iko Uwais sebagai villain utamanya. Berperan sebagai Oka Tedjo, Iko berhasil membuat banyak penonton merasa ngeri kepadanya karena karakter yang dia perankan adalah seorang pengedar obat-obatan terlarang sekaligus pembunuh penegak keadilan yang sangat kejam. Petualangan protagonis utamanya yang bernama Vic dan sahabat barunya yang merupakan seorang supir Uber bernama Stu, tidak lain adalah memburu Tedjo yang ternyata mahir dalam ilmu bela diri. Setelah melalui banyak pertarungan bahkan hampir membunuh Stu, Tedjo akhirnya berhasil dikalahkan oleh Vic di ending film Stuber.

John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019)

John Wick: Chapter 3, atau yang lebih sering disebut Parabellum, adalah salah satu film aksi klasik yang mendapatkan respons sangat positif dari para penggemar. Di film ini ternyata aktor Indonesia sekelas Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman mendapatkan peran yang penting sebagai duo villain yang dijuluki Shinobi. Mereka adalah murid terbaik villain bernama Zero yang mendapatkan tugas dari organisasi kriminal tertinggi High Table untuk menghabisi John Wick. Dalam pertarungan final dengan sang Baba Yaga, karakter Yayan dan Cecep bahkan sempat hampir berhasil mencapai tujuannya. Namun karena mereka tidak langsung membunuhnya, akhirnya John berhasil bangkit dan mengalahkan mereka.

Mortal Kombat (2021)

Ketika film reboot Mortal Kombat tayang di bioskop dan saluran streaming HBO Max, banyak penggemar video gamenya yang senang dengan penampilan aktor Indonesia’ Joe Taslim sebagai pemeran villain bernama Bi-Han alias Sub-Zero. Ninja pengendali elemen es ini bahkan menjadi villain yang ditakuti oleh semua petarung Mortal Kombat lainnya, dialah yang telah membunuh keluarga Hanzo Hasashi alias Scorpion dengan sangat kejam. Meskipun di ending filmnya Scorpion berhasil membalaskan dendamnya, tetapi Joe dipastikan akan kembali di sekuelnya, kemungkinan besar sebagai reinkarnasi terkuat dan terjahat Sub-Zero yang tidak lain adalah ninja pengendali bayangan Noob Saibot.

The Expendables 4 (Segera)

Film Hollywood terakhir yang dipastikan akan menghadirkan aktor Indonesia sebagai villain utama adalah The Expendables 4. Aktor tanah air yang dimaksud adalah Iko Uwais, di mana dia akan berperan sebagai mantan militer yang menjadi bandar senjata ilegal. Bersama pasukannya, dia akan menjadi ancaman yang sangat serius bagi tim Expendables yang terdiri dari Barney Ross, Lee Christmas, Gunner Jensen, Toll Road, dan masih banyak lagi. Kemampuan bela diri Iko merupakan salah satu yang paling diantisipasi oleh banyak penggemar Hollywood dari film keempat Expendables ini. Filmnya sendiri dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 22 September 2023 nanti.

Itulah tujuh film Hollywood yang libatkan aktor Indonesia sebagai pemeran villain. Dari semua film besar ini bisa kita simpulkan bahwa walaupun mungkin di Indonesia mereka lebih sering tampil sebagai protagonis, tetapi di industri perfilman Hollywood aktor seperti Joe Taslim, Iko Uwais, Cecep Arif Rahman, dan Yayan Ruhian justru dianggap sangat potensial untuk berperan sebagai antagonis. Beberapa alasannya mungkin karena kemampuan akting dan keterampilan bela diri mereka dapat menggambarkan seorang villain yang sangat tangguh dan kejam.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.