Di dunia komik superhero DC, Amazonian dari Amazon dikenal sebagai bangsa Wonder Woman yang semua penduduknya adalah wanita. Pertama kali diperkenalkan di All Star Comics #8 (1941) bersamaan dengan debut Wonder Woman, Amazonian adalah bangsa yang eksis sebagai bagian dari mitologi Yunani. Hidup di lingkungan yang semuanya merupakan pejuang wanita, banyak di antara para Amazonian yang tumbuh dengan membenci pria. Lantas bagaimana cara Amazonian yang semuanya wanita ini bisa berkembang biak di DC Universe? Jawabannya mungkin akan mengejutkan kalian, Geeks!

Origin Amazonian di DC Universe

Di DC Universe sendiri bisa dibilang ada banyak sekali origin yang menceritakan proses terciptanya Amazonian. Yang paling populer, mereka digambarkan sebagai ciptaan Dewi Aphrodite dan sejumlah dewa Olympian lainnya dari tanah liat sekitar tiga ribu tahun yang lalu. Fungsi dan tujuan mereka dihidupkan tidak lain adalah sebagai perwakilan Olympian yang dituntut untuk menjaga perdamaian dan keadilan di muka Bumi. Namun dalam prosesnya mereka lebih memilih tinggal dan hidup abadi di Themyscira atau Pulau Surgawi untuk mejauhkan diri dari dominasi pria di dunia.

Sejak saat itu Amazonian berkembang sebagai bangsa pejuang wanita yang tangguh dan tidak memerlukan bantuan pria untuk melindungi mereka. Anehnya keturunan mereka tetap lestari dan bisa dibilang bertambah banyak seiring dengan berjalannya waktu. Setelah sempat menjadi misteri selama lebih dari tujuh dekade, akhirnya komik Wonder Woman Vol 4 (2012) yang merupakan bagian dari era DC’ New 52 menjelaskan bagaimana cara Amazonian berkembang biak. Yang secara tidak langsung mengungkap keberadaan Sons of Themyscira, bangsa pria yang dibuang dan tidak diakui Amazonian.

Cara Kelam Perbanyak Keturunanan

Komik Wonder Woman Vol 4 #7 menceritakan bahwa untuk memperbanyak keturunan mereka di DC Universe, pejuang wanita Amazonian tetap memerlukan pria untuk berkembang biak. Mirisnya demi mencapai tujuan tersebut, mereka diceritakan sering menyerang pelaut di laut lepas agar bisa berhubungan dengan mereka secara paksa. Setelah prosesnya selesai, Amazonian akan langsung membuang para pria malang tersebut ke lautan agar mati tenggelam. Sembilan bulan kemudian, nantinya setelah melahirkan di Themyscira mereka akan merawat bayi perempuan dan membunuh bayi laki-laki.

Dewa Hephaestus yang tahu rasanya dibuang oleh ibunya Hera, lantas mengadakan perjanjian dengan Amazonian. Di mana dia akan menukar Sons of Themyscira dengan senjata dan menjadikan mereka sebagai penempa perlengkapan para dewa Olympian. Amazonian yang melihat hal tersebut sebagai win-win solution akhirnya bersepakat dengan Hephaestus dan menggunakan senjata yang mereka dapatkan untuk memperkuat bayi perempuan yang kelak akan tumbuh sebagai pejuang wanita. Diana alias Wonder Woman yang mengetahui hal ini bahkan pernah merasa sangat malu dengan bangsanya sendiri.

Pecahan bangsa Amazonian lain yang disebut Bana-Mighdall juga punya cara yang sama kejamnya dengan Amazonian Themyscira. Karena mereka tinggal secara tersembunyi di kota Mesir’ Bana-Mighdall, pecahan Amazonian ini berkembang biak dengan cara menculik para pria dari kota di sekitarnya dan kemudian mengurungnya, sebelum melakukan rudapaksa kepada mereka. Sayangnya karena mereka tidak punya kesepakatan dengan Hephaestus, Amazonian Bana-Mighdall tetap akan membunuh para bayi laki-laki, sementara bayi perempuan dibesarkan sebagai pejuang wanita yang membenci dunia pria.

Nasib Sons of Themyscira Sekarang

Merasa bahwa Sons of Themyscira adalah saudara kandung dari para Amazonian, Diana pernah mencoba menyelamatkan mereka dari Hephaestus. Namun setelah mengetahui bahwa mereka adalah korban dari proses berkembang biak para Amazonian di DC Universe, dia justru akhirnya merasa berterimakasih kepada Hephaestus karena telah menyelamatkan mereka. Walaupun begitu di komik Wonder Woman Vol 4 #39 (2015), Dia tetap membawa para Sons of Themyscira ke pulau surgawi dan memberikan tempat terpisah agar mereka bisa lebih dekat dengan kaum ibu dan para saudari Amazonian.

Siapa sangka perbuatan baik hati Diana ini justru membawa malapetaka bagi Sons of Themyscira. Karena ketika Diana tengah disibukan dengan tugas-tugas Wonder Woman dan Justice League di luar Themyscira, Donna Troy dan sejumlah pejuang wanita Amazonian langsung membantai para saudara mereka dalam serangan fajar. Pada titik inilah Diana yang marah hanya bisa bersediih dengan kesalahannya dan mengasingkan Donna dari Themyscira. Sedangkan para antek Donna dihukum untuk menggantikan tugas Sons of Themyscira sebagai penempa perlengkapan Olympian bersama Hephaestus.

Sekian pembahasan tentang cara Amazonian berkembang biak di DC Universe. Setelah mengetahui sejarah ini mungkin kalian akan berpikir ulang bahwa ternyata Amazonian tidak sepenuhnya diisi oleh para pejuang wanita yang menjaga perdamaian. Pada kenyataannya sebagian besar dari mereka justru telah melakukan hal yang sangat keji dan mencoreng nama baik Amazonian. Kabar baiknya selama di Amazonian masih ada wanita seperti Wonder Woman, mungkin praktek mengerikan ini akan diganti dengan cara yang manusiawi, seperti menikah dan punya anak dengan lawan jenis sebagaimana mestinya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.