Tidak sedikit penggemar yang mungkin belum sadar bahwa Marvel Universe adalah semesta komik superhero yang cukup kompleks, di mana kebaikan dan kejahatan terkadang sulit untuk diprediksi. Salah satu contohnya, kita seringkali salah sangka bahwa para villain Marvel adalah sumber segala masalah yang selalu mengancam keamanan dunia dan semua isinya. Faktanya dalam beberapa kasus, ada juga para villain yang justru selamatkan dunia dari keadaan genting dan mengubah nasib Marvel Universe secara keseluruhan. Seperti lima villain besar dan populer yang akan kita bahas kali ini!

Thanos

Terlepas dari masa lalunya yang pernah memusnahkan setengah kehidupan di alam semesta menggunakan Infinity Stones, ternyata Thanos tidak selamanya muncul sebagai villain mengerikan. Misalnya saja di peristiwa komik Infinity War, di mana villain Avengers ini diceritakan berusaha selamatkan Marvel Universe dari versi jahat Adam Warlock yang bernama Magus. Ketika Magus mencoba menguasai realitas, Thanos tiba-tiba muncul sebagai penyelamat dan mengejutkan para superhero karena ternyata dia tidak punya rencana jahat lain di belakangnya. Dengan kekuatannya yang sebelumnya mampu mengalahkan banyak superhero, sang Mad Titan akhirnya berhasil mengatasi Magus.

Red Hulk

Sejak pertama kali diceritakan muncul sebagai villain bernama Red Hulk, para penggemar langsung tahu bahwa Jenderal Thunderbolt Ross memang sejak awal ditakdirkan untuk menjadi musuh yang dapat mengimbangi kekuatan Hulk. Hebatnya lagi dia bahkan mempunyai fisik mengerikan yang dapat memanas saat emosinya memuncak. Sempat dianggap akan menjadi villain selamanya, ternyata setelah Hulk mengalahkannya, Red Hulk pernah berusaha selamatkan Marvel Universe di komik Avengers Vol 4.

Penampilan heroik Red Hulk ini bermula karena villain Red Hood berusaha mengumpulkan Infinity Stones dan menggunakan Infinity Gauntlet untuk keuntungannya sendiri. Jika bukan karena bantuan Red Hulk, mungkin Avengers akan kesulitan dalam meringkus Red Hood. Sejak saat itulah karakter Red Hulk berkembang menjadi salah satu anti-hero yang tidak pernah menyerah dalam menyelamatkan planetnya.

Magneto

Magneto adalah salah satu villain mutant yang paling terkenal di Marvel. Dia dikenal karena keinginannya yang sangat kompleks untuk memerintah manusia non-mutant agar para mutant lain bisa hidup damai. Menariknya dalam beberapa kasus langka, villain X-Men ini juga pernah menunjukkan sikap baiknya, di mana dia berusaha selamatkan Marvel Universe dari ancaman Red Onslaught di komik Avengers & X-Men: AXIS. Terlepas dari masa lalunya yang mungkin dibenci sekaligus ditakuti oleh para superhero, Magneto menggunakan kekuatan pengendali magnetnya untuk membantu Avengers dan X-Men untuk mengalahkan Red Onslaught yang nyaris memusnahkan semua kehidupan.

Loki

Baik di komik maupun di versi live action MCU, Loki adalah adik sekaligus musuh bebuyutan Thor yang berhasil memaksa para superhero Marvel untuk mendirikan Avengers. Walaupun begitu, sebagai villain penipu yang terkenal licik ternyata pernah menunjukkan sisi heroiknya dengan selamatkan Marvel Universe. Misalnya di peristiwa komik ‘Siege’ di mana Loki awalnya sempat menyarankan Norman Osborn dan tim Dark Avengers-nya untuk menghancurkan Asgard.

Ketika situasi berubah karena sisi jahat Sentry yang bernama Void muncul, Loki yang melihat betapa brutalnya amukan Void lantas memilih untuk bersekutu dengan para superhero. Dia kemudian membagikan Norm Stone Asgardian agar kekuatan para superhero meningkat. Mirisnya sebelum mereka memenangkan pertempuran, Void lebih dahulu membelah Loki. Kematian adiknya ini langsung membuat Thor marah dan akhirnya membunuh Sentry.

Doctor Doom

Siapa yang tidak kenal dengan Doctor Doom? Musuh bebuyutan Fantastic Four yang akhirnya menjadi salah satu villain paling ikonis dalam sejarah Marvel ini ditakuti karena ambisi jahatnya yang tidak pernah tanggung-tanggung. Dia terbilang cukup sering berusaha menguasai dunia dan menjadikan dirinya orang nomor satu di muka Bumi dengan kecerdasan dan keunggulannya dalam kemampuan sihir serta teknologi.

Walaupun begitu villain yang terkenal bijak ini juga pernah berhasil selamatkan multiverse Marvel dengan kekuatannya. Peristiwa pasca Incursion tersebut menceritakan proses di mana Doom berhasil merebut kekuatan Molecule Man dan entitas Mahakuasa Beyonders untuk menyelamatkan sisa-sisa multiverse yang hancur dan menempatkannya di sebuah planet buatannya yang disebut Battleworld. Walaupun peristiwa ini mengarah pada Secret Wars (2015), tetapi jika tidak ada Doom mungkin Marvel akan musnah selamanya.

Itulah para villain besar dan populer yang ternyata pernah selamatkan Marvel Universe dari ancaman yang lebih berbahaya darinya. Sepak terjang para villain ini seakan-akan ingin menegaskan bahwa tidak semua yang ada di Marvel tentang hitam dan putih. Terkadang, ada juga karakter yang awalnya sering digambarkan sebagai villain, tetapi kemudian menunjukkan sisi heroiknya. Mereka bahkan menjadi penyelamat para superhero ketika harapan sempat dianggap sirna. Semoga saja, ke depannya kita dapat melihat lebih banyak lagi villain ikonis yang menunjukkan sisi heroik ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.