Di kalangan penggemar Marvel, Captain America dikenal sebagai salah satu superhero yang jiwa patriotismenya mungkin tidak ada tandingannya. Selalu mengenakan kostum ‘stars and stripes’ yang terinspirasi dari bendera Amerika serta membawa perisai ikonis yang terbuat dari adamantium, Steve Rogers adalah salah satu Captain America yang selalu memperjuangkan nilai-nilai kebebasan dan demokrasi. Namun selain Steve, ada juga sosok heroik lain yang pernah menjadi Captain America, termasuk beberapa karakter yang berkulit hitam. Berikut ini lima Black Captain America yang eksis di Marvel Universe!

Isaiah Bradley

Debut di komik Truth: Red, White & Black (2002), Isaiah Bradley bisa dibilang adalah salah satu korban dari dampak menghilangnya Steve Rogers di tengah Perang Dunia II. Karena Amerika dan sekutu merasa memerlukan super soldier baru, mereka lantas melakukan berbagai eksperimen keji kepada ratusan orang Afrika-America yang akhirnya menjadikan Isaiah sebagai Black Captain America pertama di Marvel Universe. Singkat cerita setelah melakukan misi terakhirnya dengan kostum Captain America dan perisai versinya sendiri, Isaiah disumpah untuk merahasiakan kehidupan lamanya. Mirisnya ketika menua, tubuh dan pikiran Isaiah perlahan-lahan rusak karena efek dari serum super yang digunakannya.

Josiah al hajj Saddiq

Josiah all hajj Saddiq adalah anak kandung Isaiah dan Faith Bradley yang kelahirannya dirahasiakan dari pemerintah. Karakter yang melakukan debutnya di komik Marvel berjudul Crew #1 (2003) ini dikenal sebagai Black Captain America kedua karena mewarisi DNA super soldier dari ayahnya walaupun tidak terlibat ekperimen pemerintah. Sama seperti Steve dan Isaiah, kekuatan utama Josiah terletak pada kekuatan fisiknya yang luar biasa. Di mana saat beranjak dewasa dia lebih sering terlihat beraksi sambil mengenakan kostum dan perisai milik ayahnya, tetapi lebih nyaman dengan identitas Josiah X. Saat ini dia juga dikenal sebagai menteri sekaligus aktivis Muslim di Amerika.

Sam Wilson

Berbeda dengan dua super soldier sebelumnya, Sam Wilson adalah Black Captain America yang statusnya diakui secara resmi dan terbuka oleh pemerintah. Alasannya karena Steve Rogers sendiri yang menunjuk mantan superhero Falcon ini sebagai penerusnya dengan memberikan perisai adamantium kesayangannya di komik Captain America Vol. 7 #25 (2014). Sebagai Black Captain America paling populer di Marvel Universe, Sam sama sekali tidak membutuhkan serum super soldier untuk beraksi. Faktanya sejak awal dia sudah cukup hebat dengan kemampuan terbangnya. Di versi live action MCU sendiri, pada tahun depat Sam dipastikan akan punya film sendiri berjudul Captain America: New World Order.

Samantha Wilson

Samantha Wilson adalah Black Captain America selanjutnya yang eksis di semesta alternatif Marvel, tepatnya Earth-65 yang menjadi rumah bagi Spider-Gwen. Kisahnya bermula ketika dia menjadi subjek ekperimen super soldier ‘Project: Rebirth’ pada era Perang Dunia II. Di semesta alternatif ini Peggy Carter diceritakan tertarik kepada Samantha karena yang pada saat itu dia terkenal sebagai murid cerdas. Sebagai satu-satunya super soldier yang berhasil, Samantha lantas menjadi Captain America yang mengenakan kostum ‘stars and stripes’ dan membawa perisai ikonis, untuk mengalahkan organisasi jahat Hydra serta menghadapi supervillain sekelas Baron Zemo dan Red Skull.

Danielle Cage

Pertama kali diceritakan di komik Avengers: Ultron Forever #1 (2015), Danielle Cage adalah seorang Black Captain America yang eksis di semesta alternatif Marvel Earth-15061. Bedanya dengan Captain America yang biasanya seorang super soldier, Danielle merupakan seorang metahuman murni yang mewarisi kekuatan dari orang tuanya, Luke Cage dan Jessica Jones. Dengan kecerdasan, kekuatan fisik, dan kekebalan tubuhnya, Daniella justru tidak meneruskan identitas superhero orang tuanya, melainkan lebih memilih untuk menjadi Captain America. Walaupun begitu, sama seperi Luke dan Jessica, dia juga akhirnya menjadi aset berharga bagi tim superhero Avengers di semestanya.

Itulah lima Black Captain America yang beraksi mengenakan kostum ‘stars and stripes’ serta mempunyai perisai andalannya sendiri di Marvel Universe. Kelima karakter yang memiliki kisah unik sekaligus kompleks ini bisa dibilang telah sukses mewakili kelompok mereka yang cukup minor di Marvel, seperti komunitas kulit hitam bahkan penganut Muslim. Dan yang lebih hebatnya lagi, para Black Captain America ini juga telah menunjukkan betapa pentingnya representasi yang beragam dalam dunia komik superhero. Dari kelima Captain America berkulit hitam ini mana favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.