Beberapa anggota angkatan laut dalam cerita One Piece ada yang memutuskan untuk jadi seorang bajak laut. Padahal, seperti yang Geeks ketahui bajak laut merupakan salah satu musuh utama yang selalu dibasmi atau dihentikan oleh para angkatan laut. Mereka selalu berusaha untuk menghentikan berbagai hal yang dilakukan oleh para bajak laut, selain juga para kriminal lain.

Angkatan laut merupakan alat penegak hukum yang dimiliki oleh World Government. Mereka memiliki tugas untuk menjaga keamanan, kedamaian, dan keseimbangan atas apa yang terjadi di lautan. Namun, yang menarik adalah justru ada sebagian dari angkatan laut tersebut yang memutuskan untuk menjadi bajak laut. Entah karena motivasi harta atau karena hal lainnya. Siapa saja mereka?

Captain Morgan

Angkatan laut yang memutuskan jadi bajak laut yang pertama adalah Captain Morgan. Ini adalah angkatan laut pertama yang diperlihatkan menjadi bajak laut dalam cerita One Piece. Captain Morgan sendiri merupakan sosok villain utama dalam arc Romance Dawn di mana dia muncul di chapter 4. Dia juga merupakan ayah dari Helmeppo, yang sekarang jadi rekan dari Koby.

Captain Morgan memutuskan untuk menjadi bajak laut, karena memang sikapnya yang kejam dan mengerikan. Di Shells Town, Captain Morgan banyak berbuat onar di mana dia sering meneror para penduduk. Beruntung, Captain Morgan akhirnya bisa dikalahkan oleh Luffy dan juga Zoro. Bahkan, akibat dari aksinya ini dia juga kemudian dicopot jabatannya dari angkatan laut.

Diez Barrels

Diez Barrels merupakan ayah dari X Drake dan merupakan salah satu karakter yang cukup menarik. Diez Barrels pada awalnya diketahui merupakan bagian dari angkatan laut. Tetapi, karena sebuah situasi yang tidak diketahui dia kemudian memutuskan untuk mundur dari angkatan laut dan kemudian dia memilih menjadi seorang bajak laut. Dia kemudian membentuk kelompok Barrels Pirates.

Diez Barrels merupakan karakter yang menemukan buah iblis langka yaitu Ope Ope no Mi. Dia dan para krunya kemudian berusaha untuk menjual buah iblis tersebut kepada pihak World Government. Namun, nahas pada akhirnya nyawa Diez Barrels dan para krunya harus melayang di tangan Donquxiote Doflamingo. Buah iblisnya sendiri kemudian berhasil dicuri oleh Rosinante.

X Drake

Sebenarnya masih ada perdebatan mengenai status dari X Drake ini. Sama seperti ayahnya, X Drake awalnya merupakan seorang angkatan laut sebelum kemudian dia memutuskan untuk menjadi bajak laut. Drake kemudian membentuk kelompok bajak lautnya sendiri dan sekarang dia masuk salah satu bajak laut Worst Generation dengan nilai buruan ratusan juta Belly.

Namun, kejutan kemudian muncul ketika diketahui bahwa Drake merupakan pemimpin dari organisasi rahasia SWORD. Di chapter 1080 kemarin, Aokiji sempat menjelaskan jika anggota SWORD adalah angkatan laut yang sudah melepaskan ideologi mereka dan bebas melakukan apa pun. Namun, di arc Sabaody diperlihatkan jika Kizaru justru menganggap Drake sebagai mantan angkatan laut. Bisa jadi Drake benar-benar sudah keluar dari angkatan laut dan fokus untuk menjadi pemimpin SWORD.

Aokiji

Ini adalah angkatan laut paling baru yang memutuskan untuk jadi bajak laut. Banyak yang tidak menyangka jika Aokiji akan mememutuskan jadi bajak laut, mengingat dia adalah seorang admiral. Diketahui jika Aokiji memutuskan untuk jadi bajak laut setelah kalah dalam duel untuk memperebutkan posisi Fleet Admiral saat menghadapi Akainu. Karena tidak ingin berada di bawah kepemimpinan Akainu dia pun bergabung dengan kelompok Blackbeard.

Selain jadi bajak laut, keputusan Aokiji untuk bergabung dengan kelompok Blackbeard juga memunculkan tanda tanya besar. Yang menarik adalah muncul banyak spekukasi dan teori terkait hal ini, di mana para fans menganggap jika Aokiji sebenarnya sedang menyamar atau menjalankan misi. Namun, ada juga spekulasi lain yang menyebutkan jika Aokiji memang benar-benar sudah berubah seperti yang diperlihatkan di chapter 1082 kemarin.

Keputusan para karakter di atas untuk jadi bajak laut bisa dibilang sangat menarik, karena secara tidak langsung mereka seolah “menantang” pihak yang sebelumnya membasmi kelompok tersebut. Mereka kini berada di sisi yang bersebrangan dengan ideologi yang berbeda. Apakah akan ada angkatan laut lainnya yang memutuskan untuk jadi bajak laut?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.