Steve Rogers alias Captain America merupakan salah satu pioner superhero Marvel yang telah diperkenalkan sejak tahun 1941 silam. Pertama kali diceritakan di Captain America Comics karya Joe Simon dan Jack Kirby, Steve digambarkan sebagai supersoldier heroik yang terlahir saat era Perang Dunia II, sampai akhirnya bangkit kembali pada abad ke-21 karena sempat membeku di Samudera Arktik Kutub Utara. Namun tahukah kalian jika ditinjau secara kronologis, Steve sebenarnya bukanlah Captain America paling pertama dalam sejarah Marvel Universe. Lantas siapa? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Captain America Era Perang Revolusi

Di Marvel Comics, jauh sebelum Steve Rogers lahir sebenarnya sudah ada sosok heroik lain yang bernama Steven Rogers. Di mana dia merupakan leluhur Steve yang hidup sebagai Captain America pertama dalam sejarah Marvel Universe, tepatnya para era Perang Revolusi Amerika Serikat sekitar akhir abad ke-18. Pada saat itu Steven sudah dijuluki sebagai ‘Captain America’ walaupun negara Amerika sendiri masih belum berdiri. Memang terdengar aneh, tetapi faktanya kisahnya di komik Bicentennial Battles (1976) yang juga diciptakan oleh Jack Kirby ini berlangsung di semesta utama Marvel alias berstatus canon.

Sering dipanggil Captain America atau Captain Rogers, kisah heroik Steven bermula saat dia mengenakan topeng dan kostum ikonis sambil membawa sebuah perisai layaknya superhero. Sebagai seorang serdadu pada era Perang Revolusi yang bekerja sama dengan Wallace Worthington dan pemburu monster Ulysses Bloodstone, musuh utama Steven adalah kelompok bangsawan Inggris, Hellfire Club. Dalam perjuangannya banyak sekali aksi heroik yang dilakukan oleh Steven sebagai Captain America Pertama di Marvel, salah satunya adalah melawan musuh George Washington, Sir William Taurey.

Dikenal sebagai leluhur dari villain modern William Taurey, Sir William Taurey sempat memberikan perlawanan sengit, sebelum akhirnya Steven berhasil membunuhnya. Upaya Steven lantas menjadi salah satu jalan bagi pasukan George Washington untuk memenangkan pertempuran pada era Perang Revolusi. Sayangnya sebelum sempat melihat George Washington mendeklarasikan dirinya sebagai presiden pertama Amerika, Steven lebih dahulu tewas pada perang terakhir tahun 1783 setelah sebuah peluru meriam menghantam tubuhnya.

Manusia Terkuat Pada Masanya

Meskipun kisah Steven Rogers sebagai Captain America pertama di Marvel Universe berakhir tragis, tetapi pada masanya dia merupakan manusia terkuat sekaligus serdadu terbaik dari pasukan George Washington. Dari segi kekuatan fisik bisa dibilang Steven sedikit lebih unggul dari Sam Wilson alias Falcon yang menjadi salah satu penerus Captain America pada zaman modern. Hanya saja dia tidak secepat Sam yang memiliki kemampuan untuk terbang, karena pada masanya belum ada teknologi ataupun serum yang dapat membuat kekuatannya melampaui manusia biasa.

Walaupun begitu kemampuan bertarung Steven sudah tidak perlu kita ragukan lagi, karena dengan jiwa patriotismenya dia seakan-akan menjadi sosok yang tidak mengenal rasa takut siapa pun lawannya. Untuk senjata, sama seperti keturunannya Steve Rogers dan Captain America lainnya, Steven juga dibekali dengan perisai ikonis yang membuatnya tampak lebih heroik. Bedanya perisai miliknya tidak dibuat dari adamantium atau vibranium, melainkan hanya besi biasa yang pada masanya cukup untuk menghalau proyektil yang ditembakan dari senjata mesiu.

Nasib Steven Rogers Sekarang

Pada zaman modern, sekitar 200 tahun setelah kematiannya, Steven Rogers pernah muncul sekali dalam mimpi Steve Rogers. Dia memperingatkan keturunannya tersebut untuk menghentikan villain William Taurey yang ingin menghancurkan Amerika dengan Madbomb. Singkat cerita, karena mimpi pertemuannya dengan Captain America pertama, Steve akhirnya berhasil menghentikan rencana William yang hampir saja menghilangkan keberadaan Amerika di Marvel Universe. Kisah ini secara tidak langsung telah memperkuat hubungan batin antara dua Captain America yang terpisah selama lebih dari dua abad.

Sekian pembahasan tentang Steven Rogers, Captain America pertama dalam sejarah Marvel Universe. Pada masanya bertarung sebagai pahlawan bertopeng yang membawa perisai ikonis mungkin akan ditertawakan oleh banyak orang. Namun hal tersebut tidak menghentikan tekad Steven untuk terus bertarung demi memperjuangkan hak anak-cucunya pada masa mendatang, sampai kepada Steve Rogers yang sekarang kita kenal sebagai Captain America versi modern.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.