Sosok Menma Uzumaki memiliki berbagai kehebatan yang luar biasa sekaligus mengerikan di mana ini jadi salah satu alasan karakternya sangat berbahaya. Dalam semesta Naruto memang ada banyak shinobi yang memiliki potensi bahaya yang sangat besar. Mereka memiliki Jutsu yang dahsyat yang mana bahkan shinobi Konoha sendiri terkadang kewalahan menghadapinya.

Contohnya adalah Orochimaru yang jadi salah satu antagonis utama di awal cerita. Kemudian, kita juga bisa melihat para Akatsuki atau bahkan Kaguya Otsutsuki. Dalam dunia Boruto ancaman yang jauh lebih dahsyat juga diperlihatkan oleh sosok Code, Kawaki, Eida, dan bahkan Daemon. Namun, ada juga salah satu karakter yang memiliki kehebatan luar biasa yaitu Menma Uzumaki.

Naruto Versi Jahat

Sebagian Geeks mungkin ada yang tidak megenal sosok Menma Uzumaki. Namanya bisa jadi asing di telinga, karena memang karakternya sendiri tidak muncul dalam alur cerita utama manganya atau pun animenya. Bahkan, karakter Menma Uzumaki juga tidak muncul dalam episode filler di animenya. Lalu, siapa sebenarnya Menma Uzumaki? Seberapa dahsyat kekuatannya?

Nama Menma Uzumaki pertama kali diperkenalkan dalam film keenam dari franchise Naruto yaitu Road to Ninja: Naruto the Movie. Dalam filmnya diperlihatkan jika Menma Uzumaki merupakan anak dari pasangan Minato Namikaze dan juga Kushina Uzumaki. Dengan kata lain, Menma Uzumaki adalah Uzumaki Naruto. Namun, dia bukan berasal dari universe utama melainkan dari sebuah realita alternatif.

Diceritakan di realita alternatif tersebut Minato dan Kushina tidak tewas ketika melindungi Naruto dari serangan Kurama. Menma kemudian menjalani kehidupannya seperti anak normal, masuk ke akademi ninja, menjadi Genin, dan bahkan kemudian dia dipromosikan menjadi seorang Jonin. Kemudian, suatu hari, Black Kurama berhasil dikeluarkan dari tubuh Kushina dan dia pun tidak tewas.

Black Kurama kemudian dimasukan ke tubuh Menma yang sudah menguasai kekuatannya. Namun, kemudian, dia tiba-tiba pergi dari desa Konoha tanpa alasan yang jelas. Keluarga dan teman-temannya sendiri tidak tahu apa yang membuatnya pergi dari Konoha. Yang mengejutkan adalah Menma ternyata mulai menculik para shinobi yang memiliki Kekkei Genkai langka.

Dalam petualangannya, Menma kemudian bertemu dengan Obito yang menceritakan banyak hal termasuk tentang rencana besarnya yang bernama Eye of the Moon. Menma sendiri yang kemudian menawarkan bantuan kepada Obito. Menma pun kemudian mulai mengarahkan targetnya kepada para Jinchuriki. Selain menyerang para shinobi dan Jinchuriki, Menma juga menyerang kantor Hokage.

Berbagai Kehebatan Menma Uzumaki

Dengan Menma Uzumaki jadi ancaman besar, seberapa dahsyat kehebatan Naruto versi jahat tersebut? Menurut buku catatan Konoha, Menma Uzumaki masuk daftar kriminal kelas S, yang artinya dia berpotensi untuk menghancurkan Konoha dan jadi kriminal yang patut diwaspadai. Karena menjadi bagian dari klan Uzumaki, Menma memiliki level stamina yang luar biasa.

Menma juga bahkan diperlihatkan memiliki Doujutsu Sharingan setelah tubuhnya dikendalikan oleh Tobi. Namun, seperti halnya Naruto di realita utama, sumber kekuatan utamanya jelas adalah Serigala Ekor Sembilan alias Kurama. Karena Menma tidak menyegel Kurama, dia pun bisa dengan leluasa menggunakan seluruh kekuatan dari sang Bijuu terkuat.

Bahkan, jika Naruto mau dia bisa memanggilnya seperti halnya teknik Kuchiyose. Menma Uzumaki juga diketahui sangat ahli dalam hal Taijutsu yang mana hal ini dibuktikan ketika dia mampu mengalahkan Naruto dan Sakura dengan mudah di kantor Hokage. Yang juga tidak kalah dahsyat adalah jika Naruto memiliki teknik andalan yaitu Rasengan, maka Menma memiliki teknik andalan bernama Spiraling Ring dan Great Spiraling Ring.

Pada dasarnya teknik tersebut mirip seperti Rasengan, di mana Menma akan menciptakan sebuah bola chakra yang disekitarnya terdapat cincin berwarna putih. Berbeda dengan Rasengan yang berwarna biru, Spiraling ring cenderung memiliki warna gelap. Great Spiraling Ring merupakan peningkatkan dari teknik Spiraling Ring, di mana kedua tekniknya menghasilkan daya hancur yang luar biasa.

Tidak Sepenuhnya Jahat

Dengan apa yang dia lakukan di dunia alternatif tersebut apakah Menma benar-benar jahat? Jawabannya adalah tidak. Ada dua alasan besar mengap kemudian Menma berubah menjadi sosok jahat dan juga mengerikan. Pertama, Menma jahat karena pengaruh dari Obito. Dalam filmnya dijelaskan jika realita alternatif yang muncul dalam cerita merupakan ulah dari Obito.

Dan seperti yang disebutkan di atas, Obito sendiri berhasil untuk menguasai atau mengendalikan Menma Uzumaki. Hal ini membuat Menma tidak bisa mengendalikan dirinya sepenuhnya meskipun kemudian dia bisa mengakses kekuatan dahsyat seperti Sharingan. Kedua, alasan yang paling berpengaruh dari sifat jahat Menma adalah karena Black Kurama di dalam tubuhnya.

Selain pengaruh dari Obito juga, Menma mendapatkan pengaruh yang jauh lebih besar dari Black Kurama. Sosok Bijuu tersebut menyerap kebencian dan amarah dari orang-orang. Bahkan, dengan kekuatan Black Kurama sosok Menma mampu mendeteksi keberadaan atau kebencian dari orang-orang untuk kemudian dia serap kebencian tersebut. Hal ini bahkan membuat Black Kurama semakin kuat.

Dengan banyaknya dan besarnya kebencian dalam diri Black Kurama, ditambah dengan Menma Uzumaki yang kemudian berhasil menyatu dengan Bijuu tersebut membuat pada akhirnya dia berubah jadi sosok jahat. Jadi, Menma Uzumaki sebenarnya tidak benar-benar jahat. Dia berubah jadi jahat karena pengaruh Black Kurama dan Obito. Di akhir filmnya, ketika kemudian keduanya berhasil dikalahkan Menma pun kembali seperti semula.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.