Bagaimana jika Goku dan Monkey D. Luffy bergabung untuk hadapi musuh bersama yaitu Enel? Inilah yang kemudian dihadirkan dalam sebuah tayangan khusus yang mengahdirkan crossover dari dua franchise besar, yaitu One Piece dan Dragon Ball. Sejak pertama kali dirilis di Shonen Jump sudah beberapa kali Dragon Ball karya Akira Toriyama melakukan crossover dengan One Piece karya Eiichiro Oda.

Salah satu crossover yang terjadi adalah dalam permainan video seperti Jump Super Stars, Jump Force, dan Dragon Ball Z: Extreme Butoden. Versi manganya juga pernah muncul series crossover yaitu Cross Epoch dan Dream 9: Toriko & One Piece & Dragon ball Z. Namun, yang juga tidak kalah menarik Goku dan Luffy pernah muncul bersama dalam sebuah film animasi spesial yang berjudul Kyutai Panic Adventure Returns!

Goku dan Luffy Hadapi Enel

Film spesial Kyutai Panic Adventure Returns! sengaja dihadirkan sebagai bagian dari perayaan 45 tahun Fuji TV. Ini merupakan saluran televisi yang menayangkan anime Dragon Ball dan juga One Piece. Yang menarik adalah film spesial ini ditayangkan khusus hanya di gedung utama Fuji TV dan para tamu atau mereka yang datang ke Fuji TV bisa menonton film tersebut.

Tayangannya sendiri dibagi ke dalam enam layar berbeda yang berbentuk orb atau lingkaran. Durasinya sendiri diketahui tidak panjang, hanya sekitar 10 menit dengan animasi yang mirip dengan ap ayang dihadirkan di taman bermain. Uniknya tema cerita yang dihadirkan melibatkan sosok Enel, di mana karakter antagonis tersebut diperlihatkan menyerang Odaiba, Tokyo.

Odaiba sendiri merupakan salah satu wilayah di Tokyo yang juga sekaligus menjadi lokasi di mana Fuji TV berada. Goku beserta Z-Fighters dan kru Topi Jerami bekerja sama untuk mengalahkan Enel, yang mana dia diperlihatkan mampu untuk memperbanyak dirinya. Enel bahkan berhasil mengepung para karakter tersebut. Pertarungan yang terjadi pun benar-benar sangat menarik.

Luffy dan Goku diperlihatkan menggunakan serangan gabungan, di mana Luffy memutar tubuh Goku kemudian Goku menggunakan teknik Kamehameha. Hal ini berhasil menghancurkan seluruh kloning dari Enel. Gohan dan Krillin serta yang lain berhasil membangkinkan Shenron dan meminta untuk mengembalikan semua yang terjadi di Odaiba seperti semula.

Tidak Untuk Dijual Bebas

Yang banyak fans sayangkan dari film spesial Kyutai Panic Adventure Returns! adalah tidak adanya home release atau tidak ada penjualan bebas untuk para fans. Hal ini memang wajar jika melihat alasan dibuatnya film tersebut, yaitu untuk merayakan 45 tahun Fuji TV. Hal ini mungkin tidak termasuk dari bagian komersil pihak Shonen Jump, sehingga tidak ada rencana untuk dibuat versi DVD atau Blu-Ray.

Namun, mungkin, akan ada perubahan rencana suatu hari nanti yang membuat pihak Jump akhirnya merubah pikiran untuk memperlihatkan film spesial yang unik ini. Terlepas dari hal tersebut, momen crossover One Piece dan Dragon Ball di film tersebut menambah panjang deretan crossover epik dari kedua franchise populer tersebut yang mungkin akan terjadi lagi pada masa depan.

Karakter Lain Yang Terlibat

Karena ini merupakan film spesial yang tidak menghadirkan sebuah alur cerita khusus, memberikan kesempatan bagi para tamu untuk merasakan berbagai pengalaman dari keenam display yang tersedia. Sayangnya, memang momen interaksi yang dihadirkan dalam ceritanya tidak terlalu ditonjolkan. Karena, masing-masing monitor tersebut dikendalikan oleh orang yang berbeda.

Selain Goku, Z-Fighters, dan kru Topi Jerami ada juga karakter dari Shonen Jump lainnya yang juga muncul dalam film spesial ini. Dia adalah Ryo-San, seorang karakter polisi kocak yang berasal dari manga komedi populer KochiKame. Kepopuleran manga komedi ini sangat luar biasa di Jepang, yang mana bahkan manganya bertahan selama 40 tahun dengan adaptasi animenya ditayangkan juga di Fuji TV.

Meskipun begitu, Ryo-San tidak memiliki kekuatan dahsyat seperti halnya Luffy atau Goku. Sehingga, yang terjadi dia justru sering menghadirkan momen atau hal-hal yang lucu. Bahkan, dia juga jadi korban dari serangan listrik Enel. Apakah akan ada crossover lainnya yang akan menghadirkan para karakter Dragon Ball dan One Piece lagi? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.