Dalam cerita John Wick yang dipenuhi assassin dan mafia, tidak banyak sosok tunggal yang ditakuti di semestanya, kecuali John sendiri, The Elder, dan The Adjudicator. Kita mungkin sudah tahu bahwa alasan John ditakuti di semestanya karena pernah menghabisi nyawa tiga pria dewasa hanya dengan pensil, kemudian ada juga Elder yang diklaim sebagai The One Who Sits Above The Table. Namun, jarang orang yang tahu mengapa Adjudicator yang debut di John Wick: Chapter 3 sama mengerikannya seperti mereka berdua. Jika kalian termasuk yang penasaran juga, mari langsung saja kita bahas alasannya, Geeks!

Sosok Berdarah Dingin di Parabellum

Di film John Wick: Chapter 3 – Parabellum, Adjudicator yang diperankan oleh Asia Kate Dillon muncul setelah John dijatuhi hukuman ‘excommunicado’ karena telah menghabisi nyawa salah satu anggota High Table bernama Santino D’Antonio di Continental New York. Perbuatan John tersebut lantas membuat semua orang yang telah membantunya harus terkena getahnya karena didatangi oleh Adjudicator. Langkah besar pertama yang diambil oleh Adjudicator adalah memaksa Zero dan semua murid shinobinya untuk mengabdi kepada High Table dalam misi perburuan besar-besaran terhadap John Wick.

Adjudicator juga sempat mengubah status Continental yang seharusnya steril dari ‘darah dan peluru’ menjadi tempat yang diperbolehkan untuk membunuh. Dengan wewenangnya dia bahkan menyuruh Winston untuk turun dari posisinya sebagai manajer Continental karena telah menunda excommunicado John selama satu jam. Setelahnya Adjudicator juga mendatangi Soup Kitchen dan menyuruh Zero untuk menyayat wajah Bowery King karena meminjamkan senjata kepada John Wick. Hukuman serupa juga dilakukan kepada pemimpin Ruska Roma yang bernama The Director karena telah membantu John kabur.

Dari semua yang dilakukan Adjudicator ini cukup jelas bahwa dia punya otoritas yang sangat dihormati sekaligus ditakuti oleh para kriminal underworld. Terbukti dari shinobi Zero, Continental, Soup Kitchen, dan Ruska Roma yang tidak punya pilihan lain selain menuruti perintahnya. Berdasarkan hal tersebut cukup aman untuk kita simpulkan bahwa Adjudicator merupakan salah satu orang terkuat dalam sistem politik underworld dalam cerita John Wick. Sekarang pertanyaannya, mengapa dia bisa punya otoritas setinggi itu?

Tidak Ada yang Berdiri di Atasnya, Kecuali…

Sebenarnya film Parabellum sendiri sudah memberikan penjelasan tersirat terkait alasan Adjudicator sangat ditakuti di semesta John Wick. Tidak lama setelah John mendapatkan status excommunicado, para High Table sepakat untuk mengirim Adjudicator. Faktanya Adjudicator sendiri bukanlah nama dari karakter Kate Dillon melainkan julukan khusus yang diberikan kepadanya. Terlepas dari nama asli karakter Kate yang masih menjadi misteri, julukan Adjudicator ditahbiskan kepadanya karena dia diberi wewenang atau otoritas sebagai penegak hukum tertinggi High Table yang menguasai underworld.

Dengan otoritasnya, Adjudicator memiliki kekuatan untuk menentukan takdir bagi siapa pun yang bersinggungan dengan High Table, baik orang luar maupun anggotanya sendiri. Dengan kata lain di High Table sendiri tidak ada lebih superior darinya, kecuali Elder yang sejak awal ‘duduk’ di atas segalanya. Hal itu bisa terjadi karena sejatinya Adjudicator tetap merupakan agen High Table yang ditunjuk sebagai perpanjangan tangan Elder di lapangan. Namun mengingat Elder sangat jarang menampakkan dirinya kecuali dia sendiri yang mau, cukup masuk akal jika kriminal underworld melihatnya sebagai wajah High Table.

Sekian pembahasan tentang alasan Adjudicator sangat dihormati dan ditakuti oleh para kriminal underworld di semesta John Wick. Semuanya tidak lain karena dia merupakan perpanjangan tangan Elder yang diberikan otoritas penuh, sehingga tidak ada lagi yang berani menanyakan keputusannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.