Sebagai salah satu semesta komik superhero paling populer di seluruh dunia, Marvel Universe mempunyai banyak sekali kisah epik yang beberapa di antaranya berhasil mengejutkan penggemar. Alasannya karena kisah kejutan tersebut penuh dengan intrik dan pengkhianatan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Nah dari sekian banyak kisah pengkhianatan yang terjadi di Marvel Universe, kali ini kita akan membahas beberapa peristiwa ikonis yang memberikan dampak terbesar. Berikut ini lima pengkhianatan paling besar dan keji dalam sejarah Marvel Universe!

Avengers Disassembled (2004)

Avengers Disassembled adalah salah satu peristiwa paling tragis yang bisa dibilang telah dipersiapkan untuk waktu yang lama. Dimulai dari kisah tahun 1980-an di mana Scarlet Witch menggunakan kekuatannya untuk menciptakan anak kembarnya sendiri bersama Vision yang bernama Billy dan Tommy. Ketika realitas palsu tersebut hilang, mentornya Agatha Harkness lantas menghapus ingatan Scarlet Witch agar dia segera bisa move on.

Mirisnya ketika dia kembali ingat luka lamanya di peristiwa Avengers Disassembled, hal tersebut justru membuat Scarlet Witch mengalami gangguan mental yang berunjung pada penyerangannya terhadap tim superheronya sendiri yaitu Avengers. Dalam prosesnya Scarlet Witch melukai bahkan membunuh sejumlah superhero sampai akhirnya Avengers dibubarkan, karena mereka tidak sanggup menanggung luka dari peristiwa tersebut.

Planet Hulk (2006)

Di kisah Planet Hulk yang digarap oleh Greg Park awalnya kita diperlihatkan pada pengkhianatan besar yang dilakukan oleh tim super rahasia Illuminati kepada Hulk. Semuanya bermula ketika para pemimpin superhero, seperti Iron Man, Mister Fantastic, dan lain sebagainya, sepakat untuk mengirim rekannya Hulk ke luar angkasa karena dianggap sebagai ancaman yang sangat membahayakan Bumi.

Siapa sangka hal tersebut justru malah membuat Hulk yang terdampat di Planet Sakaar makin marah dan ingin segera membalaskan dendamnya kepada Illuminati. Sampai akhirnya di peristiwa epik World War Hulk (2007), semua superhero Marvel diceritakan harus menghadapi amukan Hulk yang kembali ke Bumi bersama pasukan gladiator Sakaar. Kisah ini akhirnya membuat semua orang sadar betapa mengerikannya Hulk.

Civil War I (2006)

Ada banyak sekali pengkhianatan yang terjadi di peristiwa Civil War pertama Marvel Universe. Hal itu tentunya bisa terjadi karena pada dasarnya kisah crossover yang ditulis oleh Mark Millar ini bercerita tentang konflik superhero, antara kubu Iron Man yang mendukung aturan baru agar para superhero mendaftarkan diri kepada pemerintah dan kubu Captain America yang merasa superhero seharusnya dibiarkan berdiri sendiri.

Dari sekian banyak perselisihan yang terjadi di dalamnya, pengkhianatan yang paling keji justru terjadi di ending Civil War. Di mana pada titik ini Captain America yang diborgol, ditembak dari belakang oleh Crossbone dan kemudian ditembak mati dari dekat oleh Sharon Carter. Walaupun pada akhirnya terungkap bahwa Sharon dikendalikan oleh villain Doctor Faustus, tetapi peristiwa ini sempat membuat para penggemar terpukul.

Secret Empire (2017)

Satu lagi pengkhianatan terkeji di Marvel Universe yang melibatkan Captain America adalah peristiwa Secret Empire. Di komik yang ditulis oleh Nick Spencer ini Captain America diceritakan menjadi orang jahat setelah manifestasi Cosmic Cube yang bernama Kobik mengubah realitas di mana sang superhero sudah menjadi agen rahasia Hydra sejak kecil.

Setelah berpura-pura sebagai superhero, dia lantas mengkhianati para Avengers dan sahabatnya sekaligus mencoba mengambil alih Amerika. Banyak sekali yang tewas di tangan Captain America alias Hydra Supreme termasuk Bucky Barnes dan Black Widow. Pada akhirnya terungkap bahwa Captain America yang asli dipenjara dalam sebuah pocket dimension, sebelum akhirnya dia berhasil keluar dan mengalahkan Hydra Supreme.

Sins of Sinister (2023)

Terakhir, Sins of Sinister adalah kisah pengkhianatan paling keji selanjutnya yang baru saja terjadi di Marvel Universe. Pengkhianatan ini bermula dari kesalahan para mutant di Krakoa yang mengajak villain mutant sekelas Nathaniel Essex alias Mister Sinister untuk bergabung Quiet Council. Alasannya cukup sederhana, karena Mister Sinister mempunyai pengetahuan tentang genetik dan kloning yang dapat membangkitkan para mutant yang telah mati.

Tanpa sepengetahuan para penduduk Krakoa, ternyata Mister Sinister sengaja memasukan DNA-nya kepada tubuh para mutant yang telah dibangkitkan. Berbekal keuntungan tersebut dia lantas mengkhianati para mutant dengan mengambil alih Krakoa dan selanjutnya mengincar dunia secara keseluruhan. Yang membuat kisah ini terasa sangat berdampak adalah karena selain para mutant, banyak penggemar yang sebelumnya sempat percaya bahwa Mister Sinister telah bertobat.

Itulah lima peristiwa pengkhianatan paling keji dalam sejarah Marvel Universe. Terlepas dari kisahnya yang epik, di sisi lain kelima peristiwa ini membuat kita sebagai penggemar sadar bahwa ancaman paling berbahaya justru bisa datang dari orang terdekat. Seperti yang Scarlet Witch dan Captain America lakukan kepada Avengers atau Mister Sinister kepada X-Men. Karena kejahatan yang dilakukan oleh orang yang sudah sangat dipercaya biasanya akan memberikan dampak yang sangat besar sekaligus fatal.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.